RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA …………………………….
Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester : X/satu
Materi
Pokok : Bahan, media, jenis,
simbol, nilai estetika dan teknik dalam
proses berkarya seni rupa dua dimensi
Alokasi
Waktu : 4 x 4 JP
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran,
damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. KI 3 :Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
keingintahuannya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1. KD. 1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni
rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2. KD. 2.1
Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian
KD. 2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro- aktif,
peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan
pembuatnya
3.
KD. 3.1.
Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
KD. 3.2. Menerapkan jenis, simbol
dan nilai estetis dalam konsep seni rupa
Indikator:
·
Menjelaskan
macam karya seni rupa dua dimensi.
·
Menjelaskan
proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
·
Menjelaskan
konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang
·
Menjelaskan
langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi.
·
Menjelaskan
jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
·
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain ,
mengenai : bahan, media, jenis, simbol,
teknik dan estetika
·
Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Mempertanggung
jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa dua dimensi
4.
KD. 4.1.
Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model
Indikator:
·
Bereksperimen
dengan beragam media dan teknik dalam membuat
karya seni rupa dua dimensi.
·
Membuat
karya seni rupa dua dimensi.
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses melihat, mengamati, menanyakan dan
berdiskusi siswa dapat:
·
Menjelaskan
macam karya seni rupa dua dimensi.
·
Menjelaskan
proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
·
Menjelaskan
konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang
·
Menjelaskan
langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
·
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas
berkesenian
Melalui proses mengumpulkan informasi, bereksperimen,
membandingkan karya dan menghubungkan data
siswa dapat:
·
Menjelaskan
jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
·
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain ,
mengenai : bahan, media, jenis, simbol,
teknik dan estetika
·
Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
Melalui proses pembuatan karya seni rupa dan laporan
pertanggungjawaban karya siswa dapat:
·
Mempertanggung
jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa dua dimensi
·
Bereksperimen
dengan beragam media dan teknik dalam membuat
karya seni rupa dua dimensi.
·
Membuat
karya seni rupa dua dimensi.
·
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
·
Karya
lukisan
·
Karya
reklame
·
Karya
Ilustrasi
·
Karya
grafis
·
Karya
batik
·
dll.
Konsep
Definisi karya seni rupa dua dimensi, adalah karya
seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar, tidak memiliki volume dan
ruang. Contoh : seni lukis, seni reklame, seni grafis, batik, tenun dan
lain-lain.
Prinsip
·
Jenis
dan simbol karya seni rupa dua dimensi.
Jenis karya seni rupa dua
dimensi:
Karya
seni rupa murni dua dimensi adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat
untuk kepentingan ekspresi (ungkapan batin) seniman tanpa memiliki nilai
kegunaan.
Karya
seni rupa terapan dua dimensi adalah karya seni rupa dua dimensi yang bertitik
tolak dari unsur-unsur objektif. Unsur objektif karya seni rupa terapan dua
dimensi adalah unsur guna, ekonomi, produksi, promosi, dan kebutuhan
masyarakat.
Simbol karya seni rupa dua
dimensi:
Merupakan
perlambang/makna dari bentuk/corak karya seni rupa dua dimens
No.
|
Jenis Karya
(nama)
|
Bentuk/Corak
Hiasan
|
Makna/Simbul
|
1.
|
Lukisan
|
Abstrak
(nonfiguratif)
|
Kedamaian
|
2.
|
Ilustrasi
|
Visual
realistis, sesuai dengan kenyataan di alam nyata (figuratif)
|
Menjelaskan
sebuah deskripsi tulisan
|
3.
|
Kerajinan
batik
|
Geometris
(non figuratif)
|
Melambangkan
keteraturan hidup
|
·
Nilai
estetika pada karya seni rupa dua dimensi
Kemampuan dalam mempersepsi, memahami,
menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi karya seni rupa dua
dimensi
·
Media
dan teknik karya seni rupa dua dimensi
Alat
dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Alat dan media dapat berupa
pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, krayon, dan lain-lain.
Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda
·
Teknik dalam karya seni rupa dapat dimulai dengan
cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Buatlah sketsa terlebih dahulu
agar karya seni rupa memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik.
Prosedur:
·
Langkah-langkah
membuat karya seni rupa dua dimensi.
Contoh: lukisan cat minyak diatas kanvas (lukisan yang
menggunakan media cat yang berupa tepung atau pasta yang dilarutkan/dicampur
dengan minyak (lijn oil)). Prosedur penggunaan media yang untuk melukis
(kanvas, triplek, kertas dan sebagainya). Prosedur penggunaan alat yang
digunakan (kuas atau pisau palet).
E.
Metode Pembelajaran
·
Eksperimen
·
Diskusi
·
Presentasi
·
Penugasan
F.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
LCD
projector, Video karya seni rupa
gambar
karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak dan internet,
Buku
gambar A3, pencil, penghapus,
Pewarna,
bahan
untuk pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
2.
Alat/Bahan
Alat dan bahan untuk pembuatan karya seni rupa dua
dimensi sesuai dengan pilihan siswa
3.
Sumber
Belajar
Buku
Paket Seni Budaya Kelas X,
Buku-buku
lain yang relevan, Informasi melalui media cetak dan internet,
Hasil
karya seni rupa, serta sumber lain yang relevan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Setelah
merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni rupa yang pernah mereka
lihat, siswa saling bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni rupa
yang pernah mereka lihat. Selanjutnya siswa melihat karya seni rupa dua dimensi melalui
media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.), dan internet, kemudian siwa saling bertanya
tentang hasil pengamatan karya seni rupa dua dimensi. Siswa dibagi dalam 6
(enam) kelompok dan diminta untuk mengumpulkan informasi tentang jenis, simbol dan nilai
estetis
dalam konsep
"Trebuchet MS","sans-serif"; mso-ansi-language: IN;">seni rupa,
kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses
pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.
Setelah
merefleksi pengalaman siswa tentang proses pembuatan karya seni rupa yang
pernah mereka buat atau lihat, siswa saling bertanya tentang bahan dan alat,
serta media dan teknik dalam membuat
karya seni rupa. Kemudian
siswa mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media
audio visual, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang langkah-langkah membuat
karya seni rupa dua dimensi. Siswa secara individu diminta untuk bereksperimen
dengan beragam media
dan teknik dalam membuat karya seni rupa
dua dimensi, selanjutnya siswa saling berdiskusi tentang bahan, media, jenis,
simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi yang sudah mereka buat.
Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas
siswa.
Setelah
mereviu tentang proses dan langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua
dimensi, siswa saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah
mereka bawa dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
Masing-masing siswa menuangkan hasil karya sketsa dan rancangan yang telah
mereka buat pada bahan karya seni rupa yang telah mereka bawa. Selama proses
pembelajaran dilakukan penilaian keterampilan menggunakan alat dan bahan serta
ide/gagasan dalam berkarya.
Setelah
mereviu tentang pembuatan tulisan/laporan karya seni rupa dua dimensi, siswa
saling mengamati kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya seni
rupa yang telah mereka buat. Kemudian siswa di bagi dalam kelompok sesuai
dengan jenis karya seni rupa yang telah mereka buat, masing-masing siswa dalam
kelompoknya mempresentasikan tulisan/laporan karya seni rupa yang telah mereka
buat. Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi
mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian
pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta
membimbing diskusi mereka.
1.
Pertemuan Kesatu:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
· Merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni rupa yang
pernah mereka lihat.
· Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi
dasar yang akan dipelajari.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni rupa yang
pernah mereka lihat.
· Siswa mencari tahu dan saling menanyakan
tentang karya seni rupa.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
memperhatikan presentasi guru tentang definisi, konsep dan macam-macam karya seni rupa dua
dimensi.
·
Siswa
mencari karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak
(buku, majalah, brosur, dsb.), dan
internet.
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·
Siwa
saling bertanya tentang hasil pengamatan karya seni rupa dua dimensi
·
Siswa
saling bertanya tentang konsep seni rupa dua dimensi yang ada dan berkembang.
Mengeksplorasi
·
Siswa
dibagi dalam 4 (empat) kelompok.
·
Siswa
dalam kelompok diminta untuk mengumpulkan informasi tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik
dan estetika dalam konsep seni rupa.
·
Masing-masing
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara
bergantian.
·
Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka.
Mengasosiasi
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika
karya seni rupa dua dimensi.
·
Guru
membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·
Siswa
dalam kelompok menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang
diperoleh
·
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian
·
Guru
mengamati, menilai serta membimbing aktivitas siswa dalam berdiskusi.
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan karakteristik karya
seni rupa dua dimensi
·
Guru bersama siswa menyimpulkan konsep seni rupa dua
dimensi yang ada dan berkembang
·
Guru bersama siswa menyimpulkan jenis, simbol dan nilai
estetis dalam konsep seni rupa
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
proses pembuatan karya seni rupa serta mengidentifikasi bahan dan alat yang
dibutuhkan
·
Guru menugaskan kepada siswa untuk membawa buku gambar
A3, pencil, penghapus, dan penggaris untuk pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
· Merefleksi pengalaman siswa tentang proses pembuatan karya seni rupa
yang pernah mereka buat atau lihat.
· Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi
dasar yang akan dipelajari.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Bertanya secara lesan tentang bahan dan alat dalam membuat karya seni rupa.
· Bertanya secara lesan tentang media dan teknik dalam membuat karya seni rupa.
· Siswa mencari tahu dan saling menanyakan
tentang proses pembuatan
karya seni rupa dua dimensi.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media audio
visual
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·
Siwa
saling bertanya tentang langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara individu diminta untuk bereksperimen dengan beragam media dan teknik
dalam membuat karya seni rupa dua
dimensi.
·
Masing-masing
siswa diminta untuk membuat sketsa dan rancangan karya seni rupa dua dimensi
pada kertas gambar A3.
·
Guru
menilai proses dan sikap siswa dalam berkarya seni rupa serta memberikan
bimbingan.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan karya sendiri dengan
data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya, mengenai: bahan, media,
jenis, simbol, teknik dan estetika yang terkandung di dalamnya
·
Pada
kelompoknya masing-masing, siswa saling berdiskusi tentang bahan, media,
jenis, simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi yang sudah
mereka buat.
·
Guru
membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·
Masing-masing
siswa dalam kelompoknya menyampaikan hasil sketsa dan rancangan karya seni
rupa dua dimensi dan data-data informasi yang diperoleh
·
Guru
mengamati, menilai serta membimbing aktifitas siswa dalam berdiskusi.
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan proses pembuatan karya
seni rupa dua dimensi
·
Guru bersama siswa menyimpulkan langkah-langkah membuat
karya seni rupa dua dimensi
·
Guru bersama siswa menyimpulkan jenis, simbol dan nilai
estetis dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
berbagai macam karya seni rupa dua dimensi serta mengidentifikasi bahan dan
alat yang dibutuhkan
·
Guru menugaskan kepada siswa untuk menentukan salah
satu karya seni rupa dua dimensi yang sesuai dengan bakat, minat dan
kemampuannya
·
Guru menugaskan kepada siswa membawa bahan dan alat
dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi yang mereka pilih untuk pertemuan
berikutnya.
|
15 menit
|
Pertemuan Ketiga:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·
Merefleksi
hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang proses dan
langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua dimensi
·
Menagih
bahan dan alat yang diperlukan dalam berkarya seni rupa dua dimensi sesuai
pilihannya
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menanyakan
tentang macam-macam karya seni rupa dua dimensi serta bahan dan alat yang
dibutuhkan.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
saling mengamati tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa
dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·
Siswa
saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa
dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
·
Siswa
saling menanya tentang ide/gagasan dan konsep yang akan mereka buat.
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·
Masing-masing
siswa menuangkan hasil karya sketsa dan rancangan yang telah mereka buat pada
bahan karya seni rupa yang telah mereka bawa.
·
Masing-masing
siswa menggunakan alat sesuai prosedur yang benar.
·
Guru
menilai keterampilan menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur yang benar
·
Guru
menilai ide/gagasan dalam berkarya serta memberi bimbingan.
|
70 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan media dan teknik serta
ide/gagasan dalam berkarya seni rupa.
·
Memberikan tugas untuk membuat tulisan/laporan
mengenahi karya seni rupa dua dimensi yang telah mereka buat.
|
10 menit
|
Pertemuan Keempat:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·
Merefleksi
hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang pembuatan karya seni
rupa dua dimensi sesuai dengan pilihannya
·
Menagih
tulisan/laporan tentang karya seni rupa dua dimensi yang telah mereka buat
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menanyakan
tentang ide/gagasan dalam berkarya seni rupa dua dimensi serta nilai
estetikanya.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
saling mengamati kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya
seni rupa yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·
Siswa
saling menanya tentang kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil
karya seni rupa yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
di bagi dalam kelompok sesuai dengan jenis karya seni rupa yang telah mereka
buat
·
Masing-masing
siswa dalam kelompoknya mempresentasikan tulisan/laporan karya seni rupa yang
telah mereka buat.
·
Masing-masing
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara
bergantian.
·
Guru
menilai pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta
membimbing diskusi mereka.
|
70 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan tentang tulisan/laporan
dalam berkarya seni rupa.
·
Memberikan tugas untuk mempelajari karya seni rupa tiga
dimensi untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknis penilaian
Penilaian
dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses
dilakukan melalui observasi kerja kelompok dan kerja individu, presentasi, dan
laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui sketsa/ rancangan
karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa dua dimensi (sesuai
pilihannya).
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan kinerja presentasi dengan
fokus penilaian pada: komunikasi, sistematikan penyajian, wawasan, keberanian,
antusias dan penampilan.
Instrumen
penilaian praktek dengan menggunakan rubrik penilaian praktek dengan fokus
utama pada kesesuaian bentuk, penggunaan teknik sesuai prosedur, kecermatan dan
ketepatan, penggunaan peralatan, komposisi dan nilai estetika.
Instrumen
observasi penilaian sikap kerja kelompok menggunakan lembar pengamatan dalam
hal sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin.
Instrumen
observasi penilaian sikap kerja individu menggunakan lembar pengamatan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
Instrumen
observasi penilaian sikap kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya.
Contoh instrument terlampir.
3.
Pedoman penskoran
Pedoman penskoran terlampir.
I.
Sumber/Referensi
·
Buku
Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMA
·
Informasi
melalui internet
·
Informasi
melalui media cetak
·
Pameran
karya seni rupa
·
Website
: www.psb-psma.org
........,.....................
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata Pelajaran Seni Budaya
.................................. ................................
NIP.
NIP.
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA (SENI RUPA) SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar