Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII/ 1
Alokasi waktu : 2 X 45 menit
Materi : Perhitungan sifat koligatif
larutan
Kemolalan, Fraksi mol
A Standar Kompetensi
Menjelaskan
sifat-sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
B Kompetensi dasar
Menjelaskan penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih,penurunana titik beku dan tekanan osmosis
larutan termasuk sifat koligatif larutan
C Indikator
1.
Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan
fraksi mol)
2.
Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non
elektrolit (hukum Roulth) dan larutan elektrolit
D Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung kemolalan larutan
2. Siswa dapat menghitung fraksi mol larutan
3.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
E KKM : 75
F Materi Pembelajaran
Molaritas
Molalitas
Fraksi mol
pengertian sifat
koligatif larutan
G Sumber Belajar dan Alat
Bantu
Sumber
belajar : buku teks kimia kelas XII
Buku lain yang
relevan
Alat Bantu :
LCD dan charta
H G. Metode dan Pendekatan
Metode : diskusi informasi
Pendekatan : keterampilan proses
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
FASE
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Fase I
Fase II
Fase III
|
Pendahuluan :
Tahap situasional :
pelaksanaan setting
pembelajaran tanya jawab tentang
konsentrasi (molaritas dan
molalitas) menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
Tahap Eksplorasi :
- mengkaji LKS yang harus dikerjakan setiap kelompok
- di dalam kelompok siswa berdiskusi tentang
molalitas dan fraksi mol
Tahap Elaborasi :
-siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
-siswa menyimpulkan tentang arti kemolalan dan
fraksi mol serta penggunaannya
Tahap Mengemukakan :
-diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang
arti kemolalan dan fraksi mol serta penggunaanya
Tahap Evaluasi :
-tes uji kompetensi dalam bentuk tes tertulis dan
latihan soal
|
|
I. Penilaian :
Kognitif dan Afektif
Tes uji kompetensi :
- Jelaskan pengertian :
a.kemolalan
b.fraksi mol
2. Tulis rumus :
a.molalitas
b.fraksi
mol
3. Hitung molalitas 18 gram C6H12O6
dilarutkan dalam 250 gram air (Ar H=1 C=12 O=16)
4. Berapa urea CO(NH2)2
yang harus dilarutkan dalam 500 gram air untuk membuat larutan urea 0,5 m ( Ar N=14
H=1 O=16 C=12)
5. Tentukan fraksi mol NaOH dan fraksi mol air jika 20 gram NaOH
dilarutkan kedalam 90 gram air
Penilaian
Authentic Assessment
·
Penilaian kognitif
No
|
Nama
|
No Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
0cm 5.4pt; width: 32.5pt;" width="43">
Mengetahui, ............,....................
Kepala SMA Guru Kimia
(..............................) (..............................)
NIP NIP
5
Soal essay, setiap soal memiliki skor 5,
Penilaian afektif
No
|
Pernyataan / indikator
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Skor
|
1
|
Kehadiran
|
||||||
2
|
Membaca buku referensi
|
||||||
3
|
Kerjasama dalam kelompok
|
||||||
4
|
Bertanya
|
||||||
5
|
Menghargai pendapat orang lain
|
Keterangan
5
=
sangat baik / sangat sering
4
= baik
/ sering
3
=
cukup
2
=
kurang / jarang
1 = sangat kurang / sangat jarang
·
Psychomotoric life skill
No
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
nilai
|
|||
Ketepatan menjawab
|
Kecepatan
mengerjakan
|
Kemandirian
|
ketelitian
|
||||
Keterangan
a.= tidak tepat / tidak teliti
b.= kurang tepat / kurang teliti
c.= tepat / teliti
d.= tepat / teliti / cermat
Mengetahui, ............,....................
Kepala SMA Guru Kimia
(..............................) (..............................)
NIP NIP
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP KIMIA SMA KELAS XII SEMESTER 1 PROGRAM IPA"
Posting Komentar