loading...

CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII PROGRAM IPA SEMESTER 2 MATERI TEORI EVOLUSI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 28 dan 29
Alokasi Waktu           : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                        :       Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menjelaskan mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
·   Menjelaskan berbagai bukti evolusi
·   Membuat skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia
·     Diskusi percobaan Harold Urey
·     Diskusi hukum Hardy-Weinberg
·     Menonton VCD tentang evolusi
·     Siswa dapat  Menujukkan bukti-bukti evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·     Siswa dapat  Menerapkan hukum Hardy-Weinberg

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil. (nilai yang     ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.      Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi. (nilai yang     ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg. (nilai yang   ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya). (nilai yang       ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  

0 Response to "CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII PROGRAM IPA SEMESTER 2 MATERI TEORI EVOLUSI"

Posting Komentar