RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII
(Duabelas)/ 2
Pertemuan : 28 dan 29
Alokasi Waktu : 4
× 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi
biologi
Tujuan : Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi
evolusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menujukkkan
bukti-bukti evolusi
·
Mendeskripsikan
ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·
Menerapkan
hukum Handy-Weinberg
II.
Materi Ajar
·
Bukti-bukti
yang mendukung evolusi Darwin
·
Teori
evolusi biologi dan kimia
·
Hukum
Hardi-Weinberg
III.
Metode pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan
mekanisme seleksi alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
·
Menjelaskan
berbagai bukti evolusi
·
Membuat
skema percobaan untuk membuktikan evolusi biologi dan kimia
|
· Diskusi percobaan Harold Urey
· Diskusi hukum Hardy-Weinberg
· Menonton VCD tentang evolusi
|
· Siswa dapat Menujukkan bukti-bukti evolusi
· Siswa dapat Mendeskripsikan eksperimen yang mendasari
munculnya teori evolusi biologi dan kimia
· Siswa dapat Menerapkan hukum Hardy-Weinberg
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 28 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa teori evolusi.
Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan
eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung
teori tersebut.
·
Guru
menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung teori evolusi, misalnya adanya variasi,
adanya fosil. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi
misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi
embrio. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses
spesiasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam
misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam
populasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme
evolusi dalam populasi. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan
asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak
menonton VCD prokontra evolusi Harun
Yahya). (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa IIIB, Ign.
Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP : NIP.
0 Response to "CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII PROGRAM IPA SEMESTER 2 MATERI TEORI EVOLUSI"
Posting Komentar