RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah :
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran :
IPA Terpadu
Kelas / Semester :
IX/ I
Alokasi waktu :
3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.1.
Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran
( ekskresi ) pada manusia.
2.
Siswa dapat
memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia.
3.
Siswa dapat
mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem
ekskresi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
C. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Metode : Diskusi, informasi dan percobaan
3. Model Pembelajaran : Kooperatif dan
langsung.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Motivasi
1) Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi
pada manusia ? dan apa yang di
Keluarkannya?
2) Bagaimana kerja sama kulit dengan ginjal ?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa
telah memahami proses pernafasan dan transportasi manusia.
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat
mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran (
ekskresi ) pada manusia.
F
Siswa dapat
memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu
percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi
1) Sebutkan 2 kelainan yang terdapat pada organ
ekskresi?
2) Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?
b. Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami
organ – organ penyusun sistem pengeluaran .
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa dapat
mendata penyakit dan kelainan yang terdapat pada organ penyusunan sistem
ekskresi.
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu
percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F Siswa dengan
bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit yang terdapat
pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Media Pembelajaran
1. Alat dan bahan.
2. Modul / charta organ – organ ekskresi
manusia.
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA Terpadu . .
2. Buku IPA yang relevan.
3. Model / Charta alat respirasi dan
fotosintesis tumbuhan
4. Siswa dan guru.
G. Penilaian.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
·
Mendeskripsikan
fungsi sistem ekskresi
·
Mendata contoh
kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
· Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
· Tes tertulis
· Tes tertulis
· Penugasan
· Pemberian angket
|
· PG
· Uraian
· Proyek
· Angket
|
· Organ yang bentuknya mirip kacang dan
berwarna merah maron adalah ....
a.
Jantung
b. paru-paru
c. ginjal
d. hati
· Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang
dimiliki oleh tubuh manusia!
· Buatlah tulisan tentang salah satu contoh
penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
· Lembar penilaian antar teman untuk menilai
tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
· Angket model skala
Likert
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
:.............................
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK
:.............................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPA TERPADU SMP KELAS IX SEMESTER 1 PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar