RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
.............................
Kelas / Semester : IX
(Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu
: 3 X 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1. Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet.
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian magnet.
2.
Menyebutkan macam-macam magnet.
3.
Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
4.
Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
5.
Mengamati arah gerak magnet batang.
6.
Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
7.
Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
8.
Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan.
9.
Menjelaskan pengertian medan magnet.
10. Menjelaskan pengertian
garis gaya magnet.
11. Mengamati gaya antar-kutub
magnet dan medan magnet.
12. Menjelaskan medan magnet
bumi.
13. Membedakan sudut deklinasi
dan sudut inklinasi.
14. Menjelaskan pengertian
kuat medan magnet.
15. Menyebutkan faktor yang
mempengaruhi besarnya medan magnet.
16. Mencari hubungan antara
arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik.
17. Menjelaskan cara
menentukan arah medan magnet.
18. Mengamati arah medan
magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik.
19. Mengamati medan magnet
kumparan berarus.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Pembelajaran
Kemagnetan
C.
Metode Pembelajaran
1. Model
: - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Ceramah
-
Eksperimen
-
Observasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
1.
Motivasi dan Apersepsi:
· Apakah aluminium tergolong
bahan feromagnetik atau paramagnetik?
· Apakah kita dapat membuat
magnet?
1.
Prasyarat pengetahuan:
· Apakah yang dimaksud
dengan bahan paramagnetik?
· Bagaimana cara membuat
magnet?
·
Pra eksperimen:
· Berhati-hatilah dalam
melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian magnet.
F Menyebutkan macam-macam magnet.
F Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan
diamagnetik.
F Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik,
dan diamagnetik.
F Mengamati arah gerak magnet batang.
F Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
F Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
F Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan
suatu bahan.
F Menjelaskan pengertian medan magnet.
F Menjelaskan pengertian garis gaya magnet.
F Mengamati gaya antar-kutub magnet dan medan magnet.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian magnet.
F Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
macam-macam magnet.
F Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil
sebuah magnet batang, sebuah statif, dan seutas benang.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan
eksperimen mengamati arah gerak magnet batang
F Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
perbedaan magnet alam dan magnet buatan.
F Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara
membuat magnet dan hal-hal yang dapat menghilangkan sifat kemagnetan suatu
bahan.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian medan magnet dan garis gaya magnet.
F Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk
melakukan eksperimen mengamati gaya antar-kutub magnet batang dan medan magnet
F Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen
dengan menggunakan dua buah magnet batang, sebuah statif, seutas benang,
selembar kertas HVS, dan sejumput serbuk besi.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan
bimbingan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
· Bagaiamana cara menentukan
sudut inklinasi?
· Bagaimana hubungan antara
kuat medan magnet dan kuat arus listrik?
· Prasyarat pengetahuan:
· Apakah yang dimaksud
dengan inklinasi?
· Faktor apakah yang
mempengaruhi besarnya medan magnet?
·
Pra eksperimen:
· Berhati-hatilah dalam
melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk
melakukan eksperimen mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus
listrik dan mengamati medan magnet kumparan berarus
F Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen
dengan menggunakan kawat lurus panjang 20 cm, sebuah kompas kecil, selembar
karton seukuran kuarto, sebuah baterai 9 V, sebuah saklar, kabel penghantar
secukupnya, sebuah magnet batang, kawat tembaga sepanjang 20 cm, dan serbuk
besi secukupnya.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau
kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
medan magnet bumi.
F Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perbedaan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
menjelaskan cara menentukan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian kuat medan magnet.
F Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil
sebuah kompas, kawat lurus sepanjang 20 cm, hambatan geser, sebuah ammeter,
sebuah baterai 9 V, kabel penghantar secukupnya, sebuah saklar, dan dua buah
penumpu.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan
eksperimen mencari hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus
listrik
F Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara
menentukan arah medan magnet.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F
Peserta didik (dibimbing
oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F
Guru memberikan
tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Terpadu
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
· Menunjukkan
sifat kutub magnet
· Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara
menghilangkan sifat kemagnetan
· Memaparkan
teori kemagnetan bumi
· Menjelaskan
sifat medan magnet secara kualitatif
di sekitar kawat bermuatan arus listrik
|
· Tes unjuk kerja
· Tes unjuk kerja
· Tes tertulis
· Tes tertulis
|
· Tes identifikasi
· Uji petik kerja produk
· Uraian
· Uraian
|
· Tunjukkan bagian-bagian
magnet pada magnet batang!
· Lakukanlah cara untuk
membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang
· Jelaskan tentang teori
kemagnetan bumi!
· Jelaskan arah arus
listrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK
:.............................
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK
:.............................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPA TERPADU SMP KELAS IX SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA MATERI KEMAGNETAN"
Posting Komentar