RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ
manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar :3.4
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Menjelaskan
proses pernapasan yang terjadi pada manusia
·
Membandingkan
volume dan kapasitas paru-paru
·
Menjelaskan
proses pertukaran gas
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam
sistem pernapasan manusia
·
Mengamati
sistem pernapasan pada hewan vertebrata
·
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
II.
Materi Ajar
·
Organ-organ
dan fungsinya pada sistem pernapasan
manusia meliputi:
1. Hidung
2. Saluran
pernapasan
3. Paru-paru
·
Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem
pernapasan manusia
·
Volume-volume
udara yang dipernapaskan
·
Mekanisme
pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·
Sistem
pernapasan pada hewan vertebrata
·
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia.
III.
Metode Pembelajaran
·
Studi
membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi pada sistem
pernapasan manusia
·
Mengukur
volume udara pernapasan
·
Mengamati
sistem respirasi ikan dan serangga
|
·
Membuat
peta konsep sistem pernapasan manusia
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.
·
Membedah
hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pernapasan
yang terjadi pada manusia
·
Siswa
dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pertukaran gas
|
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan
pengertian bernapas.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian
mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan
mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru,
kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
memperagakan mengukur kapasitas
paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme
pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·
Guru
menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari
baku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan
manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon
dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
·
Siswa
melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.
Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·
Ikan
dan kecoa
VI.
Penilaian
· Laporan hasil pengamatan sistem
perapasan hewan
· Uji kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
0 Response to "CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA"
Posting Komentar