RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2.
2.Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Menjelaskan arti pengumpulan data
·
Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
·
Melaksanakan penelitian secara sederhana
·
Mendeskrispsikan jenis hubungan data
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
menggunakan angket atau kuesioner
melakukan observasi
melakukan wawancara
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
Pegumpulan data
C. Metode Pembelajaran
informasi
kerja mandiri
tanya-jawab
eksplorasi
diskusi
ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melakukan
penelitian sosial.
|
· Secara
kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan
data hasil penelitian sosial.
· Memberi
tangggapan atas suatu kasus.
· Membuat
laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
· Secara
individu melakukan pengolahan data.
· Secara
kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data.
|
· Siswa
dapat Menjelaskan arti pengumpulan
data
· Siswa
dapat Menjelaskan cara-cara
pengumpulan data.
· Siswa
dapat Melaksanakan penelitian secara
sederhana.
· Siswa
dapat Menjelaskan tahap-tahap
pengolahan data, pengorganisasian data.
· Siswa
dapat Mendeskrispsikan jenis hubungan
data.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan
mengumpulkan tugas.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan metode pengumpulan data.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema pengumpulan data.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi
kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membuat angket untuk mengumpulkan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat
siswa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu
metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan
dan angket dari buku halaman 133. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan 2 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
b.
Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam observasi dan wawancara.
c.
Rambu-rambu
belajar
Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dasri buku halaman 138. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam
buku halaman 139. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu
diskusi klasikal. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku halaman
141-144. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 128-144
Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat
angket, observasi dan wawancara.
Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
Papan tulis
Alat-alat tulis
Lembar soal
Transparan Konsep
Power Point
OHP
G. Penilaian
Hasil
pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
Diskusi
kelompok
dalam buku halaman 139.
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
Kemampuan menyampaikan pendapat.
Kemampuan memberikan argumentasi.
Kemampuan memberikan kritik.
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
1. Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN PENGUMPULAN DATA"
Posting Komentar