RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2.
2.Melakukan penelitian sosial secara sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Menjelaskan arti pengumpulan data
·
Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
·
Melaksanakan penelitian secara sederhana
·
Mendeskrispsikan jenis hubungan data
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
menggunakan angket atau kuesioner
melakukan observasi
melakukan wawancara
“ Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
Pegumpulan data
C. Metode Pembelajaran
informasi
kerja mandiri
tanya-jawab
eksplorasi
diskusi
ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Melakukan
penelitian sosial.
|
· Secara
kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan
data hasil penelitian sosial.
· Memberi
tangggapan atas suatu kasus.
· Membuat
laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
· Secara
individu melakukan pengolahan data.
· Secara
kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data.
|
· Siswa
dapat Menjelaskan arti pengumpulan
data
· Siswa
dapat Menjelaskan cara-cara
pengumpulan data.
· Siswa
dapat Melaksanakan penelitian secara
sederhana.
· Siswa
dapat Menjelaskan tahap-tahap
pengolahan data, pengorganisasian data.
· Siswa
dapat Mendeskrispsikan jenis hubungan
data.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan
mengumpulkan tugas.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan metode pengumpulan data.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema pengumpulan data.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
“ Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi
kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
dan guru bertanya jawab tentang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
“ Siswa
membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
membuat angket untuk mengumpulkan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat
siswa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
“ Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“ Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
“ Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu
metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan
dan angket dari buku halaman 133. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan 2 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
|
mso-ansi-language: NL;">Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
b.
Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam observasi dan wawancara.
c.
Rambu-rambu
belajar
Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
“ Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
“ Siswa
membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dasri buku halaman 138. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam
buku halaman 139. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu
diskusi klasikal. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
“ Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
“ Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
3.
Kegiatan Akhir
“ Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
“ Siswa
mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku halaman
141-144. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
E. Sumber pembelajaran:
Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman 128-144
Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat
angket, observasi dan wawancara.
Media massa seperti majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
Papan tulis
Alat-alat tulis
Lembar soal
Transparan Konsep
Power Point
OHP
G. Penilaian
Hasil
pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
Diskusi
kelompok
dalam buku halaman 139.
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
Kemampuan menyampaikan pendapat.
Kemampuan memberikan argumentasi.
Kemampuan memberikan kritik.
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
1. Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN PENGUMPULAN DATA"
Posting Komentar