loading...

CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN PENGUMPULAN DATA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :  XII / 2
Standar Kompetensi   : 2.     Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar      :  2. 2.Melakukan penelitian sosial secara sederhana.                                                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Menjelaskan arti pengumpulan data
·         Menjelaskan cara-cara pengumpulan data
·         Melaksanakan penelitian secara sederhana
·         Mendeskrispsikan jenis hubungan data
Alokasi Waktu       :  4 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  menjelaskan arti pengumpulan data penelitian
  menggunakan angket atau kuesioner
  melakukan observasi
  melakukan wawancara
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
                

B.  Materi Pembelajaran

  Pegumpulan data

C.  Metode Pembelajaran

  informasi
  kerja mandiri
  tanya-jawab
  eksplorasi
  diskusi
  ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Melakukan penelitian sosial.
·   Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumpulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.
·   Memberi tangggapan atas suatu kasus.
·   Membuat laporan kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara.
·   Secara individu melakukan pengolahan data.
·   Secara kelompok merumuskan tahap-tahap pengolahan data.
·   Siswa dapat  Menjelaskan arti pengumpulan data
·   Siswa dapat  Menjelaskan cara-cara pengumpulan data.
·   Siswa dapat  Melaksanakan penelitian secara sederhana.
·   Siswa dapat  Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data, pengorganisasian data.
·   Siswa dapat  Mendeskrispsikan jenis hubungan data.

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang penelitian sosial dan mengumpulkan tugas.
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan metode pengumpulan data.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema pengumpulan data.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian pengumpulan data, studi kepustakaan, angket, observasi, dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru bertanya jawab tentang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa membuat ikhtisar tentang metode kepustakaan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membuat angket untuk mengumpulkan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan singkat tentang ikhtisar dan angket yang dibuat siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang sudah dipelajari yaitu metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengadakan post test tentang metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan angket dari buku halaman 133. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan 2

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.   Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengumpulan data.
b.   Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam observasi dan wawancara.
c.    Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara observasi dan wawancara.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa membuat daftar observasi sesuai dengan topik yang telah dipilih. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dasri buku halaman 138. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 139. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang metode observasi dan wawancara. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk persiapan ulangan blok dalam buku halaman 141-144.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

  Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 128-144
  Pengalaman siswa tentang melakukan studi pustaka, membuat angket, observasi dan wawancara.
  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

  Papan tulis
  Alat-alat tulis
  Lembar soal
  Transparan Konsep
  Power Point
 OHP

G. Penilaian

  Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
  Laporan siswa tentang hasil observasi dan wawancara.
  Diskusi kelompok dalam buku halaman 139.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  Kemampuan menyampaikan pendapat.
  Kemampuan memberikan argumentasi.
  Kemampuan memberikan kritik.
  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                  2—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                   9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                            6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil      


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN PENGUMPULAN DATA"

Posting Komentar