RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2.
2. Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam
masyarakat.
·
Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat
dalam masyarakat.
·
Mendeskripsikan
dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·
Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o
mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
o
mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
o
mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
o
mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Kelompok sosial
C. Metode Pembelajaran
o
Informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o
Diskusi
o
ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis
perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
· Secara
kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku
bangsa Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
· Secara
klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di
Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
· Secara
klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya
terhadap perkembangan kelompok sosial.
|
· Siswa
dapat Mendeskripsikan keanekaragaman
suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
· Menjelaskan
konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan
kelompok sosial.
· Membedakan
konflik dengan kekerasan
· Mengidentifikasi
sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para
siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan
mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam
masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe
kelompok sosial. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar
kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu
diskusi klasikal.(nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
melakukan post test berupa pertanyaan essey.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat
laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman
146. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan II |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat
yang ada di daerah siswa.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan
tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan
antarkelompok dalam masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial
yang ada dalam masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam
masyarakat. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku
halaman 151. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari
bersama. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas.
Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan III |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan
dinamikanya.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan
blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku
Sosiologi SMA kelas 2 ESIS
halaman 136-156.
o
Kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
o Media
massa seperti
majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o
Papan tulis
o
Alat-alat tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o
OHP
G. Penilaian
o
Hasil
pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o
Tugas laporan wawancara siswa.
o
Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 153-156.
o
Diskusi kelompok dalam buku halaman 140 dan
152-153.
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan
menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 =
Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
o
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN KELOMPOK SOSIAL"
Posting Komentar