loading...

CONTOH RPP PAI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI HIKMAH IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 4 x 45 menit
Aspek                        : Aqidah


A.  Standar Kompetensi
8.         Meningkatkan keimanan kepada Qodha dan Qadar.

B.  Kompetensi Dasar
8.1       Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
8.2       Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
  Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  Iman kepada qadha dan qadar :
-       Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Hikmah beriman kepada qadha dan qadar.

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
  Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
  Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran keimanan kepada Qodha dan Qadar,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar ?.                                 
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan pandangannya tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar.

Eksplorasi
-      Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
-      Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
-      Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
-      Mendiskusikan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
-      Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.

Konfirmasi
-      Dalam materi keimanan kepada Qodha dan Qadar   banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu segala ketentuan hidup dan kehidupan adalah hak  Allah.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi keimanan kepada Qodha dan Qadar sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah keimanan kepada Qodha dan Qadar.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3
                                                                                               
           


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

0 Response to "CONTOH RPP PAI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI HIKMAH IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR"

Posting Komentar