Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII
/ 2
Waktu : 4 x 45 menit
Aspek
: Aqidah
A. Standar Kompetensi
8. Meningkatkan keimanan kepada Qodha dan
Qadar.
B. Kompetensi Dasar
8.1 Menjelaskan
tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar
8.2 Menerapkan
hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
–
Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
–
Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
–
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan
qadar.
|
mso-fareast-font-family: "Wingdings 2";">–
Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
–
Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam
kehidupan sehari-hari.
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab,
cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
– Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
– Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
– Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
– Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
– Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
– Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
– Iman
kepada qadha dan qadar :
-
Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
– Hikmah beriman kepada qadha
dan qadar.
E. Metode Pembelajaran:
– Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
– Menjelaskan
pengertian qadha
dan qadar.
– Menjelaskan pengertian
keimanan kepada qadha dan qadar.
– Menjelaskan tanda-tanda
keimanan kepada qadha dan qadar.
– Menjelaskan hikmah beriman
kepada qadha dan qadar.
– Menunjukkan perilaku
ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
–
Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan
qadar.
–
Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan
qadar
|
–
Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha’ dan
qadar.
–
Siswa menyebutkan hikmah beriman kepada qadha dan
qadar.
|
–
Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan
qadar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran keimanan kepada Qodha dan Qadar,
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar?
- Pernahkah
kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah mengerti dan faham tentang keimanan kepada Qodha dan
Qadar ?.
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan
pandangannya tentang keimanan kepada Qodha dan Qadar.
Eksplorasi
- Mengidentifikasi
tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
- Mendiskusikan
tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar
- Mengidentifikasi
hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
- Mendiskusikan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
-
Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
Konfirmasi
-
Dalam
materi keimanan
kepada Qodha dan Qadar banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, yaitu segala ketentuan hidup dan kehidupan adalah hak Allah.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca kesimpulan tentang materi keimanan kepada Qodha dan
Qadar sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah keimanan kepada Qodha
dan Qadar.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
– Tes perbuatan (Performance
Individu)
– Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
– Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
– Buku pelajaran PAI SMA
kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
0 Response to "CONTOH RPP PAI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI HIKMAH IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR"
Posting Komentar