RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok Mapel : Wajib
Kelompok A
MateriPokok : Pelanggaran HAM
AlokasiWaktu : 3 x 2 JP
KompetensiInti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KompetensiDasar
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran
agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2 Menghayati isi
dan makna pasal 28E
dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.1
Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara.
2.3
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya.
3.1 Menganalisis
kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuanHAM sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka
perlindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Indikator
·
Menyebutkan
beberapa kasus pelanggaran HAM
·
Menjelaskan pengertian HAM
·
Menguraikan penggolongan HAM
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau
Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun
1999
·
Menghubungkan
pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya
dalam kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Mengungkapkan sebab
terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
·
Mengamati
data kasus-kasus pelanggaran HAM
·
Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran
HAM
·
Menyajikan hasil laporan
TujuanPembelajaran
Melalui proses mencari informasi,
menanya, dan berdiskusi Peserta
didik dapat:
·
Menjelaskan
pengertian HAM
·
Menguraikan penggolongan HAM
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM
sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, UU No. 39 Tahun 1999
· Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek
sosial budaya
dalam kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Mengungkapkan sebab
terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
·
Menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya
·
Menghargai
keyakinan Pemeluk agama lain
·
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan
Peserta didik dapat:
·
Mengamati
data kasus-kasus pelanggaran HAM
·
Mengolah
data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
·
Menyajikan
hasil laporan
MateriPembelajaran
Fakta
·
Kasus pelanggaran HAM di Indonesia (contoh kasus 12 Mei
1998
·
Kasus
pelanggaran HAM di lingkungan setempat (contoh: kasus Kedung Ombo, Tanah Merah,
TanjungPriok)
Konsep
·
Pengertian
HAM
·
Penggolongan
HAM
·
Pelanggaran
HAM
Prinsip
·
Piagam
HAM sedunia(The Universal Declaration of
Human Rights)
·
Nilai-nilai Pancasila
·
UUD
NRI Tahun 1945
·
UU
No.
39/1999 tentang
HAM ()
MetodePembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik
3. Metode :
·
Pengamatan
·
Dikusi kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat : LCD proyektor, Jaringan
Internet, dan computer.
·
Media :
Vidio Pembelajaran tentang
kasus pelanggaran HAM
· Bahan ajar :
Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, UU no
39/1999, dan The Universal Declaration of
Human Rights
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Bertanya pada
Peserta didik contoh kasus
pelanggaran HAM yang diketahui
·
Menjelaskan
pelanggaran HAM juga bertentangan dengan ketentuan berbagai agama
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Melaksanakan pretes lisan
tentang Pelanggaran
HAM
|
15 menit
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Membaca berbagai kasus
pelanggaran HAM di Indonesia dari
berbagai literatur dan media cetak
·
Menyaksikan penayangan Video
awal reformasi tahun 1998
Menanya
·
Menanyakan sebab-sebab
kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
·
Menanyakan
intisari dari tayangan video
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·
Menentukan sumber data akurat
yang ada di lingkungannya terkait dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran
HAM di Indonesia
·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk
media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
pelanggaran HAM dengan aspek social budaya |
EN-US;">da lam kehidupan masyarakat Indonesia
Mengetahui ........,....................
KepalaSMA .... Guru Mata PPKn
·
Mencari hubungan
pelanggaran HAM dengan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI 1945, dan
UU No. 39/1999
·
Mencari hubungan
pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil analisis tentang berbagai kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
·
Menyampaikan hasil temuan
tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media
lainnya
60 menit
Penutup
·
Bersama Peserta didik menyimpulkan Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·
Memberikan tugas mengamati
kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
·
Melaksanakan pos tes lisan
15 menit
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi
pembahasan pengertian HAM dan Pelanggaran HAM di Indonesia
·
Menagih dan mengingatkan
tugas minggu sebelumnya untuk mengamati berbagai kasus pelanggran HAM di
lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Melaksanakan
pretes lisan tentang
pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
|
15 menit
|
KegiatanInti
Mengamati
·
Mengamati berbagai kasus
pelanggaran HAM yang terjadi
dilingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
Menanya
·
Menanyakan sebab-sebab
terjadinya kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·
Menentukan sumber data
akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
pelanggaran HAM yang terjadi di sekolah dan masyarakat sekitarnya
dengan pelaksananaan
nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 serta UU No.39/1999
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan berbagai kasus
pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
·
Menyampaikan hasil temuan tentang
kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama Peserta didik menyimpulkan macam pelangagaran
HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
·
Memberikan tugas mencari
vidio tentang pelanggran HAM di dunia Internasional dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
·
Melaksanakan pos tes lisan
|
15 menit
|
PertemuanKetiga
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil tugas
yang sudah terkumpul
·
Menagih dan mengingatkan
tugas mencari vidio tentang kasus pelanggaran HAM di dunia Internasional
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui presentasi
|
15 menit
|
KegiatanInti:
Mengamati
·
Mengamati berbagai kasus
pelanggaran HAM Internasional dari contoh vidio yang didownload lewat
YouTube
Menanya
·
Menanyakan sebab-sebab
terjadinya kasus pelanggaran HAM
yang terjadidi dunia Internasional dalam rangka kehidupan
berbangsa dan bernegara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·
Menentukan sumber data
akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan
berbangsa dan bernegara
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan
pelanggaran HAM yang yang terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan
berbangsa dan bernegara
Dengan pelaksananaan
Piagam Hak asasi manusia sedunia ( The Universal Declaration of Human Rights)
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan berbagai
kasus pelanggaran HAM di terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan
berbangsa dan bernegara
·
Menyampaikan hasil temuan
tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media
lainnya
|
45 menit
|
Penutup
·
Peserta didik melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·
Memberikan tugas membaca
untuk pertemuan berikutnya tentang upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
|
30 menit
|
Penilaian
1. Tugas
- Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang berbagai kasus
pelanggaran HAM di Indonesia, di
lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan di dunia Internasional dalam rangka
kehidupan berbangsa dan bernegara
- Diskusi kelompok
membahas hasil pengamatan dan penugasan
- Membuat laporan
hasil pengamatan dan penugasan
- Mempresentasikan
hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas
(format
presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya-jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus
pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan
masyarakat sekitarnya
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu
maupun kelompok tentang kasus
pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, dalam kehidupan lingkungan sekolah
dan masyarakat sekitarnya serta di dunia internasional dalam rangka kehidupan
berbangsa dan bernegara(format portofolio
terlampir)
4.
Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang Kasus pelanggaran HAM
Sumber/Referensi;
Buku
Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas
X
UUD NRI Tahun 1945
The Universal Declaration of Human Rights
KepalaSMA .... Guru Mata PPKn
............................. .............................
NIP. NIP.
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PPKN WAJIB SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar