RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA …
Mata
Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : X/Satu
Peminatan : MIA/IIS/IBB
Materi
Pokok : Permainan
Bola Besar ( Sepak Bola)
Alokasi
Waktu : 2 x 3 JP (6 X 45
menit)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan
dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang
baik.
Indikator
·
Menjelaskan tahapan teknik mengoper,
mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam,
luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menemukan variasi dan kombinasi
teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian
dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan
teknik tersebut.
·
Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik mengoper,
mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam,
luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Melakukan latihan teknik dasar
gerakan mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian
dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan
teknik tersebut.
·
Melakukan variasi dan kombinasi
teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian
dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan
teknik tersebut.
·
Melakukan permainan sepak bola
dengan peraturan yang dimodifikasi.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·
Menjelaskan tahapan teknik mengoper,
mengontrol, menggiring dan menembak bola
dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh
pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·
Menemukan variasi dan kombinasi
teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan
menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung
kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan
kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan
menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung
kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar
pada waktu melakukan latihan teknik tersebut
Melalui
proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa dapat:
·
Menemukan dan mendapatkan pengalaman gerak tahapan
teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan
menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan
punggung kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar pada waktu melakukan
latihan teknik tersebut.
·
Menemukan pengalaman gerak dari latihan variasi dan
kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan
menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung
kaki serta sikap tubuh baik dan benar pada waktu melakukan latihan variasi dan
kemobinasi teknik teknik tersebut.
·
Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan
kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian
dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan
teknik tersebut
Materi Pembelajaran
·
Fakta
1. Sejarah perkembangan sepakbola dunia dan di Indonesia
2. Pertandingan sepak bola baik langsung atau melalui media elektronik
3. Melihat
Latihan teknik pada klub sepak bola atau melalui media elektronik
·
Konsep
1.
Teknik mengoper
2. Teknik mengontrol
3. Teknik menggiring
4. Posisi badan
5. Teknik menembak bola ke gawang
·
Prinsip
1. Mengoper bola jarak pendek dengan menggunakan kaki bagian
dalam
2. Menghentikan/mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar dan telapak kaki.
3. Menggiring bola dengan menggunakan ujung kaki
4. Menempatkan posisi badan yang baik dan benar.
5. Menembak bola ke gawang dengan menggunakan kaki bagian
dalam.
·
Prosedur
1. Sikap
awal
2.
Perkenaan kaki dengan bola
3. Sikap akhir atau gerakan lanjutan
4. Sikap
tubuh
5.
Bermain sepak bola dengan peraturan
yang sederhana/dimodifikasi
Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi dan Eksperimen
·
Latihan
teknik
perorangan dan berpasangan/ber
style="font-family: "Trebuchet MS","sans-serif"; font-size: 11.0pt; line-height: 115%; mso-ansi-language: SV; mso-bidi-font-family: Arial;">kelompok
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat :
Bola, peluit, lapangan, stopwatch, bendera, corong
·
Bahan ajar : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,video pembelajaran teknik /permainan sepak bola, youtube dan lainnya.
Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
·
Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa melakukan latihan teknik dasar sepak bola yaitu : mengoper,
mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam,
luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik
tersebut.
·
Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik dasar mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan
teknik tersebut.
·
Memecahkan masalah teknik dasar mengoper, mengontrol, menembak,
menggiring bola dengan menggunakan kaki
bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada
waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·
Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi
latihan teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan
menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung
kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar
pada waktu melakukan latihan teknik tersebut. Bekerjasama, berkomunikasi dan bekerja dengan teliti, jujur dan penuh tanggungjawab.
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Menyampaikan kompetensi (KD)
yang akan diajarkan
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Meminta beberapa orang peserta didik
mengemukakan
pengalaman setelah
melihat/melakukan latihan teknik dasar
sepak bola dari berbagai sumber.
·
Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan
materi yang akan dipelajari
·
Melakukan pemanasan.
·
Guru Membagi peserta didik dalam
kelompok-kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa menyimak peragaan teknik dasar sepak bola yang dilakukan oleh
peserta didik lain/
·
Guru
menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
·
Siwa mengajukan pertanyaan
berdasarkan pengamatan mereka.
·
Siwa mengajukan pertanyaan mengenai
teknik dasar sepak bola yang belum dipahami.
·
Guru
memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau
menjawab pertanyaan siswa..
Mencoba
·
Peserta didik membentuk kelompok dengan jumlah yang sama banyak.
Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·
Peserta didik dalam
kelompok diminta melakukan latihan teknik
dasar sepak bola dengan baik dan benar
·
Guru
menilai keaktifan dan kerjasama
kelompok peserta didik
dalam melakukan latihan teknik dasar
sepak bola.
Mengasosiasi
·
Disajikan peragaan
teknik dari peserta didik yang teknik
dasar sepak bolanya baik dan benar atau
menyajikan
beberapa gambar dan video klip berisi
latihan teknik dasar
sepak bola.
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan
teknik yang benar dari masing masing
teknik dasar sepak
bola dan memberikan alasan/argumen.
·
Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah
informasi dalam mengurutkan tahapan teknik sepak bola.
Mengomunikasikan
·
Secara bergilir
setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan teknik dasar yang benar.
·
Kelompok
lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·
Guru
memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan kemampuan peserta didik berkomunikasi
lisan.
|
105 menit
|
Penutup
·
Meminta peserta
didik menyimpulkan teknik
dasar sepak bola yang baik dan benar.
·
Evaluasi
·
Memberikan
tugas
pengamatan
variasi latihan teknik dasar sepak
bola dan permainan sepak bola melalui media baca ,
video atau internet.
·
Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik dasar sepak
bola dan bermain sepak bola.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi
kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
· Membahas
tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Mengaitkan
materi yang telah dipelajari dengan materi yang
akan
dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar sepak bola.
· Membagi
peserta didik ke dalam kelompok .
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
· Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil
tugas baca tentang latihan variasi teknik
dasar sepak bola melalui media baca ,
video atau intternet.
Mencoba
· Kelompok diminta untuk mencoba mempraktekkan latihan varasi teknik dasar
sepakbola..
·
Guru menilai kreatifitas dan
kerjasama latihan variasi teknik dasar sepakbola masing-masing kelompok.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·
Kelompok dibagi dua sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan
tenik dasar melalui permainan sepakbola dengan aturan yang sederhana.
·
Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar sepak bola
·
Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
105 menit
|
Penutup
· Bersama
siswa menyimpulkan kegiatan bermain sepak bola dan cara variasi teknik
dasar yang baik dan benar.
·
Memberikan evaluasi
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil.
Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan
teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktik,
presentasi dan fortofolio.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan
dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio menggunakan lembar makalah dengan fokus utama
pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi
latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktik dan tes lisan
serta tes tertulis
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku Pegangan
Kurikulum 2013 Penjasorkes Jilid 1
Buku Teknik
bermain sepakbola/
Penunjang Aktivitas siswa
Mengetahui .....,......................
Kepala
SMA .... Guru
Mata Pelajaran PJOK
.................................. ..................................
NIP. NIP.
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 PENJASORKES PEMINATAN SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar