RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/I
Program :
IPA/IPS
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Materi Pokok : Q.S. Al-Anfal ayat: 72 tentang kontrol diri (mujahadatun
–
nafs)
Alokasi Waktu : 45 x 3 Jam Pelajaran (Pertemuan Pertama)
A.
Kompetensi Inti:
(KI-1) Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia;
(KI-3) Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian:
2.3
|
Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
|
3.1
|
Menganalisis
Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49):
10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Indikator:
- Mampu mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal: 72dengan benar
- Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S.
Al-Anfal: 72
- Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
|
3.2
|
Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
Indikator:
- Mampu
menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
- Mampu mengidentifikasi hikmah dan
manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs).
- Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal:
72
|
4.1.1
|
Membaca
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) :
10sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator:
- Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar,
- Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan
baik dan benar
|
4.1.2
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
Indikator:
- Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
Melalui kegiatan
mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, peserta
didik diharapkan:
1.
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal: 72 dengan benar
2.
Mampu
menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72
3.
Mampu
menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
4.
Mampu
menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
5.
Mampu
mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
6. Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal: 72
7. Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
8. Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
9.
Mampu
mendemonstrasikan hafalanQ.S. Al-Anfal: 72 dengan baik dan benar
D.
Materi
Pembelajaran:
1. Fakta:
-
Adanya perilaku menyimpang seperti; radikalisme,
ekstrimisme, dan selalu menganggap paling benar (ekslusivisme),
2. Konsep:
-
Kontrol diri (mujahadah an-nafs/
pengertian jihad yang benar),
3. Prinsip
- Manfaat
mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam yang benar,
-
Hikmah mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam
yang benar.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah,
2. Diskusi,
3. Tanya jawab, dan
4. Praktik
F.
Metode
Pembelajaran
5. Ceramah,
6. Discovery
Learning,
7. Base
Learning,
8. Diskusi,
9. Tanya jawab, dan
10. Praktik.
G. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. LCD
Proyektor
2. Film
Tawuran Pelajar
3. Tafsir
al-Qur’an dan kitab hadits
4. Kitab
asbabunnuzul dan asbabul wurud
5. BukuPAI pegangan
siswa SMA kelas X
6. Buku lain yang memadai
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan (20 menit):
1. Memberisalam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa
bersama. Memeriksa
kerapian dan kebersihan ruang kelas
2. Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an
3. Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 10 menit)
4. Menyampaikan tujuan
dan kompetensi yang harus dicapai
5. Menanyakan materi
yang pernah diajarkan sebelumnya yang terkait dengan materi ajar hari ini (Appersepsi).
6. Pembagian kelompok
b. Kegiatan inti: (100 menit)
1.
Mengamati
-
Guru memberikan tugas kepada kelompok siswa untuk menyimak
bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati
kandungan Q.S. Al-Anfal ayat 72.
-
Siswa mencermati manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs) melalui tayangan video.
2.
Menanya
-
Siswa menanyakan tentangcara membaca Q.S. Al-Anfal ayat 72.
-
Kemudian mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid,
asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal ayat 72.
3. Menalar
-
Mendiskusikan cara membaca
Q.S. Al-Anfal ayat 72sesuai dengan hukum bacaan tajwid; Dalam kegiatan diskusi guru
dan siswa memperlihatkan sikap demokratis, kerja sama, serta sopan santun dalam
menyampaikan pendapat dan tidak memaksakan kehendak pada orang lain (Sikap).
-
Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal ayat 72 serta hadits terkait
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal
ayat 72serta hadits terkait.
-
Setiap kelompok mencatat informasi yang mereka dapatkan dari
hasil diskusi.
4. Mengasosiasi
Setelah
mengumpulkan informasi yang didapat siswa selanjutnya menganalisis semua
informasi yang ada pada Q.S. Al-Anfal ayat 72dan dibuat kesimpulan dalam bentuk
makalah/laporan tertulis.
5. Mengomunikasikan:
- Setelah
selesai mengerjakan tugasnya, guru meminta masing-masing perwakilan kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang
Q.S. Al-Anfal ayat 72.
- Siswa
mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal ayat 72. Jika tidak selesai dilanjutkan
di luar jam pelajaran.
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Guru
memberikan penguatan terhadap materi yang didiskusikan (kegiatan konfirmasi).
2. Menyiapkan
masalah untuk pertemuan selanjutnya.
I.
Penilaian
hasil Pembelajaran
A.
Tes Tulis (Evaluasi Kognitif)
B.
Evaluasi Psikomotor
1.
Individu:
a.
Tes bacaan QS. Al-Anfal ayat 72
Bacalah QS.Al-Anfal ayat 72 di
bawah ini dengan baik dan benar!
b.
Tes hafalan QS. Al-Anfal ayat 72
Format penilaian bacaan al-Quran dan demonstrasi hafalan
Nama Siswa :
………………
Tanggal :
………………
Kelas : ………………
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
|
|
|
|
||
1.
2.
|
Makharijul Huruf
Tajwid
|
|
|
|
|
|
|
style="mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-fareast-font-family: "Times New Roman";">Jumlah
Nilai = X
100
Nilai =X
100
Nilai =
X 100
Kriteria Penskoran Kriteria Penilaian
Baik Sekali 4 10 – 12 A
Baik 3 7 – 9 B
Cukup 2 4 – 6 C
Kurang 1 ≤ 3 D
2.
Kelompok:
Presentasikan
hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas!
Rubrik
Penilaian Presentasi
No
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Kebera nian
|
Antusias
|
Gesture
dan penampilan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan

Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A=80
– 100 : Baik Sekali
B=70 – 79 : Baik
C=60 – 69 : Cukup
D=‹ 60 : Kurang
C.
Evaluasi Afektif
1.
Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)
terhadap teman sejawat atau orang lain
Lembar Pengamatan
Rubrik kegiatan Diskusi (Penilaian Sikap Selama Diskusi):
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom
diisi dengan kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan

Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
A =80 – 100 : Baik Sekali
B =70 – 79 : Baik
C =60 – 69 : Cukup
D =‹60 : Kurang
Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
|
Indikator
|
Nilai
|
Pendahuluan
|
Menunjukkan dengan tepat isi :
·
Latar belakang
·
Rumusan masalah
·
Tujuan penulisan.
|
|
Isi
|
·
Ketepatan pemilihan gambar
·
Orisinalitas makalah
·
Mendeskripsikan isi
materi
·
Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas
sesuai metode yang dipakai
·
Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
·
Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan
(Ilmiah)
|
|
Penutup
|
·
Kesimpulan sesuai dengan rumusan
masalah
· Saran
relevan dengan kajian
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria Penilaian
untuk masing-masing indikator:
Sangat sesuai
|
4
|
Sesuai
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
∑ Skor
perolehan

Skor Maksimal (48)
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
PAI
............................... ..................................
NIP. NIP.
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PAI DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar