Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X/1
Peminatan : Ilmu ilmu Sosial
Materi Pokok : Interaksi Sosial
Alokasi
Waktu : 3 JP
KI
1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1. Memperdalamnilaiagama
yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1. Mensyukuri keberadaan diridan keberagaman
sosialsebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Kuasa
2.2
Merespon secara positifberbagai gejala sosialdilingkungan sekitar
3.2 Menerapkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta antar
kelompok
4.2
Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi
untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok
serta antar kelompok
IndikatorPencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian interaksi
sosial
2. Menjelaskan ciri-ciri interaksi
sosial
3. Menjelaskan syarat-syarat
interaksi
class="MsoListParagraphCxSpMiddle" style="margin-bottom: .0001pt; margin-bottom: 0cm; margin-left: 16.3pt; margin-right: 0cm; margin-top: 0cm; mso-add-space: auto; mso-list: l10 level1 lfo1; tab-stops: 14.2pt 15.85pt; text-indent: -16.3pt;">
4. Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi interaks sosial
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengasosiasi, mengomunikasikan dan
berdiskusi peserta didik dapat:
·
Menjelaskan pengertian Sosiologi
·
Menjelaskan pengertian interaksi sosial
·
Menjelaskan ciri-ciri interaksi sosial
·
Menjelaskan syarat-syarat interaksi
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaks sosial
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
interaksi sosial
2. Ciri-ciri
interaksi sosial
3. Syarat-syarat
interaksi sosial
4. Faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial
Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Strategi :
Pembelajaran Koperatif
·
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Presentasi
Media, Alat dan Sumber
Pembelajaran
·
Media : LCD, Hand Out
·
Alat/bahan : Papan tulis, Spidol
Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan
referensi lain yang
relevan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Apersepsi
(Guru menyampaikan ceritas atau ilustrasi: Anak-anak,
di suatu permukiman ada seorang anak yang sejak kecil kurang mendapat didikan
dari orang tuanya sehingga dia kurang mengetahui mana yang baik dan mana yang
buruk atau mana yang pantas dan mana yang tidak pantas. Kalau ada anak
seperti ini bagaimana mereka bergaul dengan teman-temannya?
· Motivasi
(guru menyampaikan manfaat mempelajari interaksi sosial)
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
· Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan pembelajaran (pembentukan
kelompok, proses diskusi, dan presentasi)
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta didik mengamati tayangan video tentang interaksi
sosial
Menanya
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan makna
dari tayangan video dalam konteks interaksi sosial.
Mencoba/Mengumpulkan informasi/Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca buku teks, buku referensi lain, akses internet untuk memperoleh
informasi yang berkaitan dengan pengertian interaksi sosial, ciri-ciri
interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan faktor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
Mengasosiasi
· Peserta
didik berdiskusi secara kelompok dengan panduan lembar kerja yang telah
diberikan guru kepada setiap kelompok, yaitu tentang pengertian interaksi
sosial, ciri-ciri interaksi sosial, syarat-syarat interaksi sosial, dan
faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
· Guru
mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok untuk melakukan
penilaian sikap dan memfasilitasi kerja kelompok.
· Setiap
kelompok menyimpulkan hasil diskusinya.
Mengomunikasikan
· Perwakilan
dari kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi.
· Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
· Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang
berkembang di peserta didik.
|
100 menit
|
Penutup
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
·
Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan
di rumah
·
Melaksanakan penilaian kognitif
|
15 menit
|
Penilaian
1. Jenis/Teknik
Penilaian
Jenis
Penilaian : Tes dan Non Tes
Penilaian
Tes dilakukan melalui tes tertulis
Penilaian
Non Tes dilakukan melalui :
a. observasi
b. kerja kelompok
c. kinerja
d. presentasi
e. laporan
tertulis
2. Bentuk
Instrumen dan instrumen
Bentuk
Instrumen penilaian Tes : Soal
Instumen :
Terlampir
Bentuk
Instrumen penilaian Non Tes : Rubrik
Instrumen :
Terlampir
3. Pedoman penskoran : Terlampir
.......,..........
Mengetahui Guru Sosiologi
Kepala SMA ....
......................... ..........................
NIP. NIP.
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SOSIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar