Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan (kerajinan)
Kelas/Semester :
X/Satu
Peminatan :
Wajib b
Materi Pokok :
Produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Alokasi Waktu :
4 x 2 JP
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4.
Mengolah, menalar dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
1.1.
Menghayati
keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di
wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1.
Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali
informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah
setempat dan lainnya
2.2.
Menghayati perilaku jujur, percaya
diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan
lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3.
Menghayati sikap bekerjasama, gotong
royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam
memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan
lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat
usaha
3.1
Mengidentifikasi
desain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep
berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
Indikator :
·
Menjelaskan
konsep desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi
(jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, rajut, tapestry, dll)
·
Menjelaskan
aneka karya kerajinan tekstil
·
Menjelaskan
fungsi karya kerajinan tekstil tekstil
·
Membedakan
unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil.
·
Menjelaskan
motif ragam hias pada kerajinan tekstil
·
Menjelaskan
teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat
celup, batik, makrame, tenun, rajut,
tapestry, dll)
4.1.
Mendesain
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya
dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Indikator :
·
Menjelaskan
cara pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis,
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Membuat
desain dan pengemasan produk tekstil
·
Melaporkan
secara lisan atau tulisan mengenai
karya kerajinan tekstil.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses
mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·
Mencari
informasi produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
·
Melihat
video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
·
Menyimak
contoh beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
·
Berdiskusi
secara kelompok cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan
perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang
tersedia
·
Berdiskusi
kelas cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak
grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan
siswa dapat:
·
Menggunakan perangkat lunak grafis, sisesuaikan dengan
fasilitas / keadaan setempat untuk desain dan pengemasan karya kerajinan
tekstil
·
Praktik
individu penggunaan lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan
tekstil
·
Praktik
kelompok menggunakan perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya
kerajinan tekstil
·
Menyaji
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
·
Membuat
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
·
Membuat
laporan tertulis
·
Mempresentasikan
hasil prakrik
Materi
Pembelajaran
Fakta
·
Produksi
kerajinan tekstil yang berkembang saat ini.
·
Pengemasan
hasil produksi tekstil di daerah saat ini.
Konsep
·
Desain
produksi kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer),
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Desain
pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer),
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
Prinsip
·
Menentukan
desain produksi dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis,
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Penggunaan
perangkat lunak grafis,
untuk desain dan pengemasan kerajinan tekstil, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
Prosedural
·
Langkah
kerja desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis,
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
·
Percobaan
membuat desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis,
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia
Metode
Pembelajaran
·
Demonstrasi
dan Eksperimen
·
Dikusi
kelompok
·
Presentasi
·
Penugasan
Alat/Media/Bahan
·
Alat : Seperangkat komputer,
Jaringan Komputer,contoh contoh gambar hasil produksi gambar
·
Bahan
ajar : Buku Corel Draw dan
Photoshop,buku keterampilan menyulam, buku merajut untuk
pemula, (disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan)
Langkah
Kegiatan/Skenario Pembelajaran
Setelah menjelaskan semua indikator dan
tujuan pembelajaran dan hasil akhir dari pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari informasi
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil,
melihat video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan
tekstil, menyimak contoh beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi secara kelompok cara
desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis
disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi kelas cara desain dan
pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis,
menggunakan perangkat lunak grafis untuk
desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil.
Melalui praktik siswa dapat menggunaan perangkat
lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, praktik
kelompok lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil,
menyajikan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, membuat produk dan
pengemasan karya kerajinan tekstil, membuat laporan tertulis, mempresentasikan
hasil prakrik dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab.
Selama proses pembelajaran dilakuan
penilaian proses pada aktivitas di kelas dan hasil tugas mandiri.
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Apersepsi
(Guru bertanya “apakah siswa sudah pernah mendengar istilah tekstil, apa saja
yang bisa dibikin kerajinan lewat tekstil)
· Orientasi
(Guru menampilkan gambar yang berhubungan dengan materi “kerajinan”)
· |
MS","sans-serif"; mso-fareast-language: EN-US;">Motivasi
(Memberi contoh tentang manfaat mempelajari kerajinan)
· Pemberian
Acuan :
§ (Garis
besar materi tentang “kerajinan tekstil”)
§ Pembentukan
Kelompok diskusi
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa
menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian “tekstil”
· Siswa
menyimak berbagai fungsi kerajinan tekstil
· Guru menilai keterampilan
siswa mengamati
Menanya
· Siswa mendikusikan dengan
teman sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan alat yang diperlukan
dan teknik yang digunakan
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai berbagai fungsi dari kerajinan
tekstil tersebut
· Guru
bertanya tentang gambar yang ditampilkan
· Guru
bertanya tentang pendapat dari berbagai sumber tentang pengertian “tekstil”
· Guru
bertanya tentang fungsi dari kerajinan teresbut
Mencoba
· Siswa
membaca buku teks yang berkaitan dengan tekstil
· Siswa
membaca buku teks tentang berbagai kerajinan tekstil
· Siswa
membaca buku teks tentang berbagai fungsi kerajian tekstil
Mengasosiasi
· Siswa dibagi dalam kelompok kecil,
masing-masing terdiri atas 5 orang
· Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan
pendapat para ahli mengenai pengertian tekstil
· Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai kerajinan tekstil (setiap kelompok berbeda pembahasan)
· Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai fungsi kerajinan tekstil (setiap kelompok berbeda pembahasan)
Mengomunikasikan
· Guru menilai sikap siswa dalam kerja
kelompok dan membimbing/menilai keterampilan menganalisis, menggunakan teori
dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami
pengertian tekstil, kerajinan tekstil serta fungsi dari kerajinan tekstil
60 menit
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan kerajinan tekstil dalam
produk dan pengemasan menggunakan perangkat lunak grafis
·
Memberikan tugas baca tentang kerajinan tekstil yang
ada dewasa ini
·
Melaksanakan postes
15 menit
Pertemuan
Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan
postes pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan
tugas baca
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
· Melaksanakan pretes tentang
beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·
Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca
tentang beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Mencoba
· Kelompok diminta untuk
mempraktikkan penggunaan lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya
kerajinan tekstil
· Setiap kelompok diberikan
masalah sehari-hari desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
· Kelompok mendiskusikan
pemecahan masalah desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
· Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja
Mengasosiasi
· Kelompok membuat produk desain dan
pengemasan karya kerajinan tekstil dan
mendiskusikan hasil kegiatan tersebut.
· Dengan fasilitasi guru, siswa
merumuskan desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
· Guru
menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan kelompok
memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
· Guru
menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
60 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan produk dan pengemasan karya
kerajinan tekstil
·
Memberikan tugas baca lembar kerja praktik yang akan
datang
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil pretes dan
postes pertemuan sebelumnya
· Menagih dan mengingatkan
tugas baca
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
membaca kembali lembar kerja praktik
Menanya
· Memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja praktik yang perlu
dikonfirmasi
· Menyimak contoh beberapa
desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Mencoba
· Siswa dibagi dalam kelompok,
masing-masing terdiri dari 2 orang siswa
· Siswa bekerja dalam kelompok
sesuai langkah kerja dalam lembar kerja.
· Guru
menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
· Kelompok mendiskusikan cara membuat produk dan pengemasan karya
kerajinan tekstil penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan
presentasi kelompok
· Guru
menilai kerjasama dan tanggungjawab siswa dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
· Dua perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok
· Guru menanggapi hasil
presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi tentang
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
· Setiap siswa menyiapkan
laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil
diskusi
· Siswa menyerahkan laporan
praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya dikumpulkan tiga hari
kemudian.
· Guru
menilai keeterampilan menyaji dan menalar, serta kesantuan dan kemampuan
berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan kembali hasil praktik dan
mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam
memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya
kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas presentasi produk dan pengemasan karya
kerajinan tekstildan mengikuti tes tertulis (Ulangan harian) pada
pertemuan yang akan datang
|
15 menit
|
Pertemuan
Keempat
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi hasil laporan
praktik yang sudah terkumpul
· Menagih dan mengingatkan
tugas baca
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui presentasi
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengomunikasikan
· Dua orang siswa dari kelompok
berbeda yang dipilih secara acak diminta untuk mempresentasikan tugasnya
· Siswa lain dari kelompok
berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
· Satu siswa diminta
menyampaikan refleksi pengalamanmembuatproduk dan pengemasan karya kerajinan
tekstil
· Guru
menilai kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi
|
60 menit
|
Penutup
·
Siswa melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·
Memberikan tugas membuat
sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati produk dan pengemasan karya
kerajinan tekstil.
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil
dilakukan melalui tes tertulis.
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja
presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas
peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan
praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku Pegangan
Kurikulum 2013
Buku teknik merajut
Buku keterampilan
menyulam
........,..............
Mengetahui Kepala
SMA Guru Prakarya dan Kewirausahaan
.................................. ..................................
NIP. NIP.
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (WAJIB B) SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar