RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester :
X/1
Mata Pelajaran :
Metematika
Peminatan :
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok :
Grafik Fungsi Eksponensial dan Logaritma
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit (6 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
Pertemuan
|
Kompetensi
Dasar
|
|
1
|
3.1 Mendeskripsikan
dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan
logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
|
|
2-5
|
3.2 Menganalisis data
sifat-sifat grafik
fungsi eksponensial
dan logaritma dari suatu
permasalahan dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
4.1 Menyajikan grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam
memecahkan masalah
nyata terkait pertumbuhan dan
peluruhan.
4.2 Mengolah data
dan menganalisis menggunakan
variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
|
6
|
Ulangan Harian
|
|
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Menjelaskan
pengertian fungsi eksponensial
2.
Menjelaskan
pengertian fungsi logaritma
3.
Menggambar
grafik fungsi eksponensial
4. Menggambar grafik fungsi
logaritma
5. Mengidentifikasi sifat-sifat
fungsi eksponensial dari sutau grafik
6. Mengidentifikasi sifat-sifat
fungsi logaritma dari suatu grafik
7. Menyelesaikan masalah nyata
dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
I:
Melalui
proses pengamatan, bertanya, bernalar, dan diskusi peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian fungsi eksponensial
2.
Menjelaskan
pengertian fungsi logaritma
3.
Menunjukkan
ketelitian, mandiri, dan tanggung jawab
4.
Menunjukkan
kerjasama dan komunikasi dalam kerja kelompok
Pertemuan II:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
5.
Menggambar
grafik fungsi eksponensial
Pertemuan III:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
6. Menggambar grafik fungsi
logaritma
Pertemuan IV:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
7. Mengidentifikasi sifat-sifat
dari grafik fungsi eksponensial
8. Mengidentifikasi sifat-sifat
dari grafik fungsi logaritma
Pertemuan V:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
9. Menyelesaikan masalah nyata
dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
Pertemuan VI:
Ulangan
E.
Materi Pembelajaran
Fakta
1.
Masalah kontekstual yg berkaitan dengan
eksponen dan logaritma (pertumbuhan dan peluruhan) seperti soal-soal Ujian
Nasional yang setiap tahun selalu keluar atau soal-soal masuk Perguruan tinggi,
dll
2.
Grafik
Fungsi eksponensial
3.
Grafik
Fungsi Logaritma
Konsep
1.
Sifat-sifat fungsi eksponensial
2.
Sifat-sifat fungsi logaritma
Prinsip
1.
Fungsi y =a(bcx), Jika c> 0 maka kecenderungannya
disebut pertumbuhan eksponensial
2. Fungsi y =a(bcx), Jika c< 0 maka kecenderungannya disebut peluruhan eksponensial
Prosedur
1.
Langkah-langkah menggambar grafik fungsi
eksponensial dan logaritma
2.
Langkah-langkah menyelesaikan masalah nyata
dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
F.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : inquiry
3.
Metode : Ceramah, diskusi
kelompok,tanya jawab, dan penugasan
G.
Alat/Media/Bahan
1.
Alat/media : Model grafik fungsi
2.
Bahan ajar : Buku Matematika pegangan guru, Buku Matematika pegangan
siswa
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
|
text-indent: -18pt;">
2.
Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan
dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3.
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan
4.
Melaksanakan pre tes
tentang eksponensial dan logaritma
15 menit
Inti
Mengamati
1.
Mengamati
dan mencermati gambar dalam kehidupan nyata seperti mainan pperosotan, atap
rumah gadang, dll secara berkelompok (yang disiapkan)
2. Siswa memperhatikan karakteristik gambar yang disajikan.
Menanya
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik gambar
yang diamati.
Menalar
§ Siswa mencari contoh lain
permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi
logaritma
§
Siswa
membandingan karakteristik gambar dan permasalahan kehidupan nyata
Mencoba
1. Setiap kelompok mendeskripsikan
pengertian tentang fungsi eksponensial
2. Setiap kelompok mendeskripsikan
pengertian tentang fungsi logaritma
Mengasosiasi
1. Siswa menghubungkan antara pengertian
fungsi eksponensial dan fungsi logaritma dari masing-masing kelompok.
2. Siswa menyimpulkan pengertian fungsi
eksponensial dan fungsi logaritma
3. Guru membimbing/menilai kemampuan siswa dalam
melakukan aktifitas dan merumuskan
kesimpulan
Mengomunikasikan
1. Siswa menyampaikan kesimpulan tentang
pengertian fungsi ekponensial
2. Siswa menyampaikan kesimpulan tentang pengertian
fungsi logaritma
3. Guru memberi penguatan terhadap
kesimpulan yang disampaikan siswa
4. Guru menilai kemampuan siswa
berkomunikasi lisan
30 menit
15 menit
10 menit
10 menit
20 menit
15 menit
Penutup
1.
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
membuat catatan penguasaan materi.
3.
Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
4.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang
telah dicapai.
5. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan
dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan fungsi eksponen
dan logaritma
6.
Melaksanakan postes
7.
Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
20 menit
I.
Penilaian
1. Penilaian
proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Ketelitian
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan (terlampir)
|
Hasil penilaian nomor 1
dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PPKn
|
2.
|
Kejujuran
|
||||
3.
|
Kedisiplinan
|
||||
4.
|
Kemandirian
|
||||
5.
|
Rasa ingin tahu
|
||||
6.
|
Tanggung jawab
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
|
Tes lisan
|
Penugasan
|
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial,
carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi
eksponensial
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian fungsi logararitma
|
Tes lisan
|
Penugasan
|
Berdasarkan
pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan nyata yang dapat
digambarkan sebagai fungsi logaritma
|
Pedoman
Penskoran
1.
Soal nomor 1
Tahapan
|
Skor
max
|
Permasalahan yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari
Permasalahan tersebut sesuai dengan pengertian fungsi eksponensial
|
1
3
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
2.
Soal nomor 2
Tahapan
|
Skor
max
|
Permasalahan yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari
Permasalahan tersebut sesuai dengan pengertian fingsi logaritma
|
1
3
|
|
4
|
Jumlah Perolehan Skor
Nilai Akhir = --------------------------------
Jumlah Skor Maksimum
J.
Sumber Belajar
1. Buku Matematika pegangan siswa
Kemendikbud Tahun 2013
2. Buku Matematika pegangan guru Kemendikbud
Tahun 2013
......,.................
Guru Matematika
(.....................)
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA PEMINATAN SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar