RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. IDENTITAS
Satuan
Pendidikan : SMA KAE Woha - Bima
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Perkembangan
Model Atom
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (3
jam pelajaran)
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
KD pada KI-3:
3.2 Menganalisis
perkembangan model atom.
Indikator:
·
Membedakan model atom Dalton dengan
model atom Thomson
·
Menjelaskan partikel atom
berdasarkan percobaan Rutherford
·
Menjelaskan kelemahan model atom
Rutherford
·
Menjelaskan model atom Niels Bohr
·
Menganalisa hubungan antara atom
dengan jumlah proton, elektron dan neutron
·
Menjelaskan pengertian isotop,
isobar, dan isoton
·
Menentukan jumlah proton , elektron
, dan neutron suatu unsur berdasarkan nomor atom dan nomor massanya.
·
Menjelaskan pengertian ion positif
dan ion negatif dari suatu atom
KD pada KI-4:
4.2 Mengolah dan
menganalisis perkembangan model atom.
Indikator:
·
Mengolah data percobaan atau
informasi, sehingga mampu menjelaskan perkembangan model atom mulai dari model
atom Dalton sampai model atom Niels Bohr.
·
Menganalisis data percobaan atau
informasi, sehingga dapat menentukan kelemahan dan kelebihan dari masing-masing
model atom
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan melihat tayangan video atau animasi penemuan
elektron, secara mandiri siswa dapat menjelaskan perbedaan model atom Thomson
dengan model atom Dalton
2.
Setelah melihat tayangan video atau animasi percobaan
penembakan sinar alfa, secara mandiri siswa dapat menjelaskan model atom
Rutherford
3.
Setelah bereksplorasi dan berdiskusi tentang
model – model atom, secara mandiri siswa dapat membedakan kelemahan dan
kelebihan masing-masing model atom.
4.
Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat
menjelaskan partikel dasar penyusun suatu unsur, nomor atom dan nomor massa
5.
Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat menentukan
jumlah proton, elektron, dan neutron dari suatu unsur
6.
Melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab,
siswa dapat membedakan antara isotop, isobar, dan isoton
7.
Melalui latihan dan diskusi, siswa dapat
menentukan isotop, isobar, dan isoton.
8.
Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu,
teliti, tekun, dan saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi
kelompok, tanya jawab, dan penugasan individu
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Partikel-partikel
penyusun atom
2.
Nomor atom dan
nomor masa
3.
Isotop, Isobar,
dan Isoton
4.
Perkembangan
model atom
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Model : Discovery Learning
3.
Strategi : Kolaboratif
dan kooperatif
4.
Metode : demonstrasi,
diskusi, penugasan, dan latihan
F. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat
dan Bahan:
a.
Media
Pembelajaran : LCD, Power Point interaktif
b.
Lembar
kegiatan Siswa
2.
Sumber
Belajar:
a.
Pegangan
Siswa
·
Buku
Kimia SMA : Permana, Irvan. 2009. Memahami
Kimia 1: SMA/MA Untuk Kelas X, Semester 1dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan nasional.
b.
Pegangan
Guru
·
Sunarya,
Y. dan Setiabudi, A. 2009. Mudah dan
Aktif Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas X
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional
·
Chang,
Raymond. 2011.General Chemistry : The
Essential Concepts. 6th ed. New York: McGraw-Hill.
c.
Website
: www.youtube.com
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan |
New Roman","serif"; font-size: 10.0pt; font-weight: normal; mso-bidi-font-weight: bold;">
· Memberikan
salam pembuka
· Memeriksa
kehadiran siswa
· Guru
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
· Guru
memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam
mempelajari topik yang akan dibahas pada pertemuan hari ini.
· Pree
test
10
Inti
Mengamati
· Mengamati perkembangan model atom dan partikel penyusun atom serta hubungannya dengan
nomor massa dan nomor atom.
· Mengamati tabel periodik modern
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan
struktur atom, misalnya: apa saja
partikel penyusun atom? Bagaimana partikel-partikel tersusun dalam
atom? Dimana posisi elektron dalam atom? Mengapa
model atom mengalami perkembangan?
·
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan tabel periodik, misalnya: apa dasar pengelompokan
unsur dalam tabel periodik? Bagaimana hubungan konfigurasi elektron dengan
letak unsur dalam tabel periodik?
Pengumpulan
data
·
Melakukan analisis dan diskusi tekait dengan perkembangan model atom.
·
Menganalisis perkembangan model atom yang satu terhadap
model atom yang
lain.
·
Mengamati
nomor atom dan nomor massa beberapa unsur untuk menentukan jumlah elektron,
proton dan netron unsur tersebut.
·
Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dengan nomor atom.
·
Mendiskusikan
konfigurasi elektron dan diagram orbital dari unsur tertentu.
·
Mendiskusikan
bilangan kuantum dan bentuk orbital suatu unsur.
·
Menganalisis hubungan antara nomor atom dan
konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
(golongan dan periode).
·
Menganalisis
tabel dan grafik hubungan antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur
(jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
·
Menganalisis
nomor atom dan nomor massa beberapa contoh kasus pada unsure untuk memahami isotop, isobar, dan isoton.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan
bahwa golongan dan periode unsur ditentukan oleh nomor atom dan konfigurasi
elektron.
· Menyimpulkan adanya hubungan antara nomor
atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi,
afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil
rangkuman tentang perkembangan model atom dan tabel periodic unsur dengan menggunakan tata bahasa
yang benar
120
Penutup
· Guru
melakukan reviu terhadap hasil kerja siswa dan melakukan refleksi dengan
meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
· Memberikan
penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan)
kepada kelompok yang berkinerja baik
· Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah dari buku paket siswa untuk dibahas pada
pertemuan minggu berikutnya
10
H.
PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian:
a.
Aspek Pengetahuan : Tes
tertulis
b.
Aspek Sikap : Sikap siswa
selama pembelajaran berlangsung
c.
Aspek Ketrampilan : Produk
hasil diskusi kelompok
2.
Bentuk Instrumen:
a.
Pilihan Ganda
b.
Lembar pengamatan penilaian sikap
c.
Lembar pengamatan penilaian
ketrampilan
Mengetahui,
Kepala SMA
KAE Woha-Bima
Drs. H.
Syamsuddin. HM
NIP :
19631231199111.1.1004
|
Woha,.............................
Guru Mata
Pelajaran Kimia
Tuti Herlina,
S.Pd
NIP :
|
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"
Posting Komentar