KELAS VII
Accent 6"/>
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan
kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan dan
kelestarian lingkungan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri,
makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi,
serta pentingnyaperumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan
makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda
tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai
makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun
sel
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada
zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan
campuran)
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari
makanan, transformasi energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan
penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan
hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya
bagi ekosistem
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri,
makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk)
hidup dan tak hidup
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda,
tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
4.4 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.5 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.6 Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau
4.7 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan perubahan wujud benda
4.8 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor
secara konduksi, konveksi, dan radiasi
4.9 Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
4.10 Melakukanpengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur
mikro tumbuhan dan hewan
4.11 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di
lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan sekitarnya
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan
memberikan usulan penanggulangan masalah
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013"
Posting Komentar