RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Materi Pokok : Menelusuri
Peradaban awal di Kepulauan Indonesia.Sebelum Mengenal Tulisan
Sub
Materi Pokok : Sebelum
mengenal Tulisan
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 90 menit )
A.Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.Kompetensi
dasar
1.2. Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli
terhadap berbagai hasil budaya pada masa pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.
Berlaku jujur dan bertanggung-jawab
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1.
Memahami dan menerapkan konsep
berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
3.2.
Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman praaksara
4.1.
Menyajikan informasi mengenai
keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2.
Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan pengertian
diakronis dan sinkronis
3.1.2
Menerapkan berfikir diakronis
dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari
3.2.1
Menjelaskan pengertian praaksara
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui aktifitas tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian praaksara dan prasejarah
2.
Melalui diskusi kelompok siswa dapat membandingkan pengertian
praaksara dan prasejarah
3.
Melalui diskusi kelompok siswa
dapat menunjukan contoh konsep berpikir kronologis (diakronis) dan sinkronis dalam
penulisan sejarah
E. Materi Ajar
1.
Pengertian Praaksara dan
Prasejarah
Pra sejarah : sebelum
ada Sejarah: Masa sebelum ada aktivitas kehidupan manusia
Praaksara : sebelum ada Tulisan :
masa sebelum kehidupan
manusia mengenal tulisan
2.
Pengertian Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang kronologis (diakronis) dan sinkronis
Kronologis : Pengetahuan tentang ruang dan
waktu dengan menekankan perlunya seluruh kejadian atau peristiwa berdasarkan
urtan waktu. peristiwa dan kejadian yang terjadi lebih dulu daripada yang
terjadi kemudian
Diakronis: Kemampuan memahami peristiwa
dengan melakukan penelusuran pada masa lalu ( Ciri berpikir Sejarah)
Sinkronis: memahami peristiwa dengan
mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur yang terdapat
didalam setiap peristiwa ( cirri
berpikir ilmu social)
Kronologi berarti sesuai dengan urutan
waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu,
sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak
kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah
F. Metode
1. Pendekatan :
Scientifict learning
2.
Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3.
Metode : Diskusi
kelompok, group investigation, ceramah, penugasan
G.Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Memberi Salam
· Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan)
serta mengecek presensi siswa
· Mempersilakan salah satu peserta didik memimpin doa ( Jika jam
pertama)
· Absensi siswa
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus
dikuasai peserta didik melalui power point
|
10 Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
· Peserta didik membaca buku sejarah hal…
· Peserta didik mengamati tayangan gambar dalam power point untuk
appersepsi materi
· Peserta didik dibimbing untuk mencari informasi dari buku tentang
materi yang dibahas
MENANYA
· Peserta didik diharapkan menyampaikan pertanyaan yang berkaiatan
dengan materi didalam sebuah kertas
dan dikumpulkan (Pertanyaan yang
terkumpul menjadi bahan untuk topic diskusi) ( Jika tidak ada pertanyaan
sudah disiapkan oleh guru)
MENALAR
· Guru membagi peserta didik
menjadi 6 kelompok masing masing kelompok beranggotakan 5 siswa dengan
cara menghitung 1- 6
· Guru membagikan kertas pertanyaan kepada setiap kelompok untuk
didiskusikan
·
Siswa mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang
disampaikan
MENCOBA
· Peserta didik mencatat hasil
diskusi
· Peserta didik membuat laporan hasil diskusi
MEMBUAT JEJARING
· Guru meminta perwakilan
masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas
· Peserta lain menanggapi hasil
diskusi yang di presentasikan
· Peserta didik mencatat/ menyempurnakan hasil diskusinya
· Peserta didik membuat laporan
hasil dikusi untuk dikumpulkan
|
60 Menit
|
5.4pt; width: 70.9pt;" valign="top" width="95">
Penutup
· Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran
dan hasil belajarnya
· Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan yang belum jelas.
· Peserta didik diberikan pertanyaan secara lisan.
· Peserta didik membuat kesimpulan materi yang baru dibahas
· Guru memberikan informasi tentang materi yang akan dibahas minggu
depan dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi dulu dirumah
sebagai tugas
· Guru mengakhiri pelajaran dengan salam.
20 Menit
G. Alat dan Sumber
Belajar
1. Buku sumber Sejarah SMA Klas X
·
Modul Mata Pelajaran Sejarah
Peminatan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud 2013
·
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Sejarah
Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
·
Nico Tamiend R & M.P.B
Manus, 2000, Sejarah, Jakarta:
Yudhistira
·
I Wayan Badrika, 2004, Sejarah
SMA, Jakarta: Penerbit Erlangga
2. Media Pembelajaran
Ø Power Point
Ø Kartu pertanyaan
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
- Teknik : Tes dan Non tes
- Bentuk : Uraian dan tugas
- Instrumen (Tes dan Non tes)
a.
Tes uraian:
SOAL:
Kerjakan
soal berikut ini dengan benar!
1. Bandingkan perbedaan pengertian Prasejarah dan Praaksara
2. Jelaskan pengertian kronologis dalam peristiwa sejarah!
3. Bandingkan pola berpikir Sinkronis dan Diakronis
KUNCI
JAWAB:
1. Prasejarah
Praaksara
2. Kronologis berarti sesuai
dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan
urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah
yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah.
3. Pola Berpikir Sinkronik
dan diakronik
Pedoman Penskoran :
Penskoran
No.
|
Skor (
max)
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
b.
Non Tes
Penilaian:
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan yang dinilai
|
SKOR
TOTAL
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterampilan/
aspek yang dinilai:
1. Partisipasi
2. Kemampuan bekerjasama
3. Kemampuan menyampaikan pendapat
4. Kemampuan berargumentasi
5. Menghargai pendapat peserta diskusi
Penilaian:
Skor maksimum
untuk setiap keterampilan yang dinilai adalah 5, sehingga skor total adalah 25 (5x5). Diubah menjadi
nilai dengan dikalikan 4 untuk mendapat nilai bulat (100).
Contoh skor:
18---------nilai= 72 (18x4).
Mengesahkan: ......,..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(.................................) (..............................)
NIP.
NIP.
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SEJARAH INDONESIA SMK KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar