RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester :X/2
Mata Pelajaran : Matematika
Topik :
Eksponen dan Logaritma
Waktu :
6
× 45 menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap
disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku
peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan
logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkah langkahnya
4.1 Menyajikan masalah nyata
menggunakan operasi aljabarberupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya
menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen dan logaritma
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
3.
Toleran
terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
4.
Menemukan
konsep eksponen
5.
Menerapkan konsep eksponen
6.
Menemukan konsep bentuk akar
7.
Menerapkan konsep bentuk akar
8.
Menemukan konsep logarima
9.
Menerapkan konsep logaritma
10. Menyajikan masalah nyata
menggunakan operasi aljabarberupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya
menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
D. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam
pembelajaran limit fungsi ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.
Menemukan
konsep eksponen
2.
Menerapkan konsep eksponen
3.
Menemukan konsep bentuk akar
4.
Menerapkan konsep bentuk akar
5.
Menemukan konsep logarima
6.
Menerapkan konsep logaritma
7.
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi
aljabarberupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
1. Materi
Matematika
2. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah
pendekatan scientific dengan model cooperative learning menggunakan kelompok diskusi yang
berbasis penemuan (discovery learning).
3. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami konsep eksponen dan memberikan gambaran tentang aplikasi dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa ditunjukkan mengenai aplikasi konsep eksponen
dan logaritma pada kehidupan nyata
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep eksponen
kemudian mengaplikasikan konsep tersebut pada permasalahan lain
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengarahkan
siswa menemukan konsep eksponen dengan permasalahan dalam
kehidupansehari-hari (bisa diambil dari contoh-contoh dibuku panduan)
2.
Bila
siswa belum mampu menemukan,
guru membantu
memberikan konsep eksponen sedikit demi sedikit
3.
Selanjutnya,
guru membuka cakrawala pengembangan konsep eksponen pada pangkat bulat
negatif, pangkat nol dan pangkat pecahan.
4.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
5.
Tiap
kelompok mendapat tugas untuk menemukan 1 sifat pangkat bulat positif
6.
Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa
untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
7.
Setiap kelompok |
"Arial Narrow","sans-serif"; font-size: 12.0pt; mso-bidi-font-family: "Times New Roman";">diminta
untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain,
menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
Mengetahui, ......,.............................
Kepala SMK Guru Matematika
(.................................) (..................................)
8.
Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
9.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sifat-sifat
pangkat bulat positif, berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi
setiap
kelompok.
10. Guru memberikan dua (2) soal yang terkait dengan konsep
pangkat. Dengan tanya jawab, siswa dan guru
menyelesaikan kedua soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi
yang tepat.
11. Guru memberikan lima (5) soal untuk dikerjakan tiap siswa,
dan dikumpulkan.
70 menit
Penutup
1.
Siswa
diminta menyimpulkan tentang konsep pangkat bulat positif negatif, pangkat 0 dan
pangkat pecahan.
2.
Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan nilai fungsi di berbagai
kuadran.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
10 menit
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami konsep akar dan memberikan gambaran tentang aplikasi dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa ditunjukkan mengenai aplikasi konsep akar pada kehidupan nyata
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep akar kemudian mengaplikasikan konsep tersebut pada
permasalahan lain
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengarahkan
siswa menemukan konsep akar dengan permasalahan dalam kehidupansehari-hari
(bisa diambil dari contoh-contoh dibuku panduan)
2.
Bila
siswa belum mampu menemukan,
guru membantu
memberikan konsep akar sedikit demi sedikit
3.
Selanjutnya,
guru membuka cakrawala pengembangan konsep akar.
4.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
5.
Tiap
kelompok mendapat tugas untuk menemukan 1 sifat akar.
6.
Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa
untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
7.
Setiap kelompok diminta
untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok
lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
8.
Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
9.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sifat-sifat akar, berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi setiap
kelompok.
10. Guru memberikan dua (2) soal yang terkait dengan konsep akar. Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan kedua
soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
11. Guru memberikan lima (5) soal untuk dikerjakan tiap siswa,
dan dikumpulkan.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
diminta menyimpulkan tentang konsep akar.
2.
Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai konsep akar.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami konsep logaritma dan memberikan gambaran tentang aplikasi dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa ditunjukkan mengenai aplikasi konsep logaritma pada kehidupan nyata
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menemukan konsep logaritma kemudian mengaplikasikan konsep tersebut pada
permasalahan lain
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru mengarahkan
siswa menemukan konsep logaritma dengan permasalahan dalam
kehidupansehari-hari (bisa diambil dari contoh-contoh dibuku panduan)
2.
Bila
siswa belum mampu menemukan,
guru membantu memberikan
konsep logaritma sedikit demi sedikit
3.
Selanjutnya,
guru membuka cakrawala pengembangan konsep logaritma.
4.
Guru
membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
5.
Tiap
kelompok mendapat tugas untuk menemukan 1 sifat logaritma.
6.
Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa
untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh
pekerjaannya.
7.
Setiap kelompok diminta
untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok
lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
8.
Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
9.
Dengan
tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sifat-sifat logaritma, berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi setiap
kelompok.
10. Guru memberikan dua (2) soal yang terkait dengan konsep akar. Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan kedua
soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
11. Guru memberikan lima (5) soal untuk dikerjakan tiap siswa,
dan dikumpulkan.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
diminta menyimpulkan tentang konsep logaritma.
2.
Guru
memberikan tugas PR beberapa soal mengenai konsep logaritma.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
10 menit
|
4. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Worksheet atau lembar kerja siswa
2.
Bahan
tayang (power point)
3.
Lembar
penilaian
5. Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik
Penilaian: Pengamatan,
Tes
tertulis
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
c.
Toleran
terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menemukan
konsep eksponen
b.
Menerapkan konsep eksponen
c.
Menemukan konsep bentuk akar
d.
Menerapkan konsep bentuk akar
e.
Menemukan konsep logarima
f.
Menerapkan konsep logaritma
|
Pengamatan dan Tes tertulis
|
Penyelesaian tugas kelompokdan individu
|
3.
|
Keterampilan
a.
Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi
aljabarberupa eksponenserta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan
aturan yang telah terbukti kebenarannya
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik kelompokmaupunindividu) dan saat diskusi
|
6. Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes tertulis
Kepala SMK Guru Matematika
(.................................) (..................................)
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMK KELAS X SEMESTER 2"
Posting Komentar