RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/
Pertemuan ke : 11-15
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Elementary
Kompetensi Dasar : 2.2 Mencatat pesan-pesan sederhana baik
dalam interaksi langsung maupun melalui alat.
Indikator : 1. Pesan (message) yang diterima lewat telepon dicatat dengan benar.
2. Pesan (message) yang diterima secara langsung dicatat dengan benar.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mencatat pesan (message) yang
diterima lewat telepon dicatat dengan benar.
2. Siswa dapat mencatat pesan (message) yang
diterima secara langsung dicatat dengan benar.
B. Materi Pembelajaran
Language Focus
1. Expressions dealing with telephone
conversations
a.
Can
I speak to Arifin, please?
b.
Hello.
This is Andini.
Grammar Review:
1. Personal pronouns
Subject
|
Object
|
Possessive Adjective
|
Possessive Pronoun
|
Reflexive Pronoun
|
I
You
We
They
He
She
It
|
me
you
us
them
him
her
it
|
my
your
our
their
his
her
its
|
mine
yours
ours
theirs
his
hers
its
|
mso-border-left-alt: solid windowtext .5pt; mso-border-top-alt: solid windowtext .5pt; padding: 0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; width: 88.65pt;" valign="top" width="118">
myself
yourself
ourself
themself
himself
herself
itslef
2. Reported speech
a.
He
said that you had to pay for the tickets
b.
He
asked you to pay for the tickets.
c.
He
wanted to know if you would be available in the afternoon.
d.
He
wanted to know where you put his umbrella.
3. Adjective Clause
a.
Do
you know the staff who will be promoted our new division manager?
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Role-Play (Bermain peran)
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-11:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
d. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog dalam
telepon, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh tentang personal pronouns.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal tentang personal
pronouns.
e.
Siswa membuat dialog sederhana
dengan menggunakan on the phone.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja
siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-12:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa tugas rumah siswa
yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
2.
Kegiatan Inti
a. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan
sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan ekspresi on the phone (yang telah dibuat pada
pertemuan sebelumnya) bersama temannya di depan kelas.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
d.
Siswa membuat karangan dengan
menggunakan personal pronouns.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas
hasil/kerja siswa.
b.
Guru menyampaikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk
mempersiapkan/mempelajari materi.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-13:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru membahas tugas rumah yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog tentang
penyampaian pesan, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan
oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh tentang reported speech.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal tentang reported
speech.
e.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja
siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-14:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
- Kegiatan Inti
a. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan
sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b. Siswa membuat kalimat yang menggunakan pola reported speech.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
d.
Siswa membuat/menulis pesan dari
telepon dan seseorang secara langsung.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas
hasil/kerja siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menyampaikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk
mempersiapkan/mempelajari materi.
d.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-15:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajarannya.
e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membacakan kalimat yang
mengandung pola adjective clause kemudian
siswa menulisnya.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh pola kalimat ajective clause
kemudian siswa mencatatnya.
c.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal.
d.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja
siswa.
b.
Guru menyampaikan bentuk
ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.
c.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
E. Alat, Media, dan Sumber
Belajar
1.
Alat
LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita
2.
Media
a.
Audio: Cerita
b.
Visual: Gambar
c.
Audio Visual: Video
3.
Sumber
a.
Global Access to the World of
Work Book 2
b.
Pelajaran Bahasa Inggris untuk
SMK Kelas 2
c.
LKS Prasasti Bahasa Inggris
Kelas XI Semester Genap
d.
English Grammar in Use
e.
How to Say It
F. Penilaian
1. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)
2. Jenis Penilaian:
a. Tes Lisan
Dialog berpasangan.
b. Tes Tertulis
1)
Melengkapi
kalimat.
2)
Pilihan
ganda.
3) Membuat paragraf pendek.
......,.......................
Mengetahui
Kepala
SMK Guru
Mata Pelajaran
(.............................) (...............................)
0 Response to "DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI"
Posting Komentar