KERAJINAN
REKAYASA
BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah
setempat sebagai anugerah Tuhan
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada
produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri
dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3
Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya
bahan alam berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2
Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan
dan pengemasan dari bahan alam sesuai wilayah setempat.
3.3
Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya
bahan buatan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4
Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan
dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mencoba membuat karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai desain dan bahan alam yang
ada di wilayah setempat
4.2
Memodifikasi karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan alam sesuai hasil identifikasi di wilayah
setempat
4.3
Mencoba membuat karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan
yang ada di wilayah setempat
4.4
Memodifikasi karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah
setempat
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman
produk rekayasa di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk rekayasa daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk rekayasa
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami prosedur rekayasa yang
digunakan sebagai alat penjernih air dari bahan alami
3.2
Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu
yang digunakan sebagai alat penjernih air dengan bahan buatan yang ada di daerah setempat dan
daerah lain
3.3
Memahami prosedur rekayasa yang
digunakan sebagai produk sederhana dengan
teknologi mekanik
3.4
Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu
yang digunakan sebagai mainan dengan
teknologi
mekanik yang ada di daerah setempat dan daerah lain
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan
alami yang ada di lingkungan sekitar
4.2
Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan
buatan yang ada di lingkungan sekitar
4.3
Mencoba membuat
produk sederhana menggunakan teknologi mekanik (gerak, putar, ungkit dan sebagainya)
4.4
Mencoba membuat mainan menggunakan teknologi
mekanik
|
KOMPETENSI INTI
|
.5pt; mso-border-left-alt: solid black .5pt; padding: 2.9pt 2.9pt 2.9pt 2.9pt; width: 65.4%;" valign="top" width="65%">
PENGOLAHAN
KOMPETENSI DASAR
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1
Menghargai keberagaman
hasil budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dan
sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk
budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk
Indonesia
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang
dan melaksankan kegiatan budidaya
2.3 Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam
penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai
kegiatan budidaya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
3.1
Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman sayuran sesuai wilayah setempat
3.2
Mengidentifikasi teknik modifikasi media tanam tanaman sayuran sesuai wilayah setempat
3.3
Memahami konsep dan prosedur budidaya
tanaman obat sesuai
wilayah setempat
3.4
Mengidentifikasi teknik modifikasi media tanam tanaman obat sesuai wilayah setempat
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1
Mempraktikan budidaya tanaman sayuran berdasarkan konsep dan prosedur yang ada di wilayah setempat
4.2
Memodifikasi media tanam tanaman sayuran berdasarkan identifikasi
sesuai wilayah setempat
4.3
Mempraktikkan budidaya tanaman obat berdasarkan konsep dan prosedur
yang ada di wilayah setempat
4.4
Memodifikasi media tanam tanaman obat berdasarkan identifikasi sesuai
wilayah setempat
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman produk
pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
produk pengolahan daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan
bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat
melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar berdasarkan
konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2
Memahami manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan
pangan buah dan sayuran menjadi minuman kesehatan yang ada di wilayah
setempat.
3.3
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji
yang sehat berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4
Memahami manfaat dan proses olahan non pangan dari
hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar sesuai
rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman
kesehatan sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.3 Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat
saji yang sehat sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.4
Mencoba membuat olahan non pangan dari hasil
samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013"
Posting Komentar