RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. memahami
permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk
Alokasi Waktu :
6 X 40 menit (3x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
- Menunjukan letak geografis
(posisi geografis, letak geografis) Indonesia
- Menganalisis hubungan posisi
geografis dengan perubahan musim di Indonesia
- Menyajikan informasi tentang
arah angin muson di Indonesia
- Mengidentifikasi penyebab
terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan
musim kemarau di wilayah Indonesia
- Menyajikan informasi
persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia, dan kaitannya dengan
pembagian wilayah Wallance dan Weber
- Mendiskripsikan persebaran
jenis tahah dan pemanfaatannya di Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
Kondisi fisik wilayah indonesia
a. latak Indonesia
b. Iklim di Indonesia
c. Wilayah daratan
d. Keanekaragaman hayati
e. Persebaran jenis tanah di
Indonesia
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Materi : Kondisi fisik wilayah
indonesia
. latak Indonesia
. Iklim di Indonesia
. Wilayah daratan
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Letak geografis Indonesia
sangat strategis.
- Indonesia adalah negara
kepulauan karena jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau.
b. Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan peta
F
guru
menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
F Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim
dan waktu
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
siswa menyebutkan
letak geografis dan letak astronomi Indonesia
F
Siswa
menunjukan perubahan musim
F
siswa
mengamati peta untuk mendiskripsikan wilayah daratan di Indonesia
F Siswa menyimpulkan penjelasan guru
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 dan 3
Materi : - Keanekaragaman
hayati
- Persebaran jenis tanah di
Indonesia
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar siap
dalam proses pembelajaran :
- Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Apasaja flora dan fauna yang
ada di Sumatera?
- Sebutkan jenis tanah di
Indonesia
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Informasi
flora di Indonesia bagian barat
F
Guru
menanyakan flora di Indonesia dan dauna Indonesia
F
Guru
menjelaskan jenis tanah di Indonesia
F
Guru
menanyakan jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di
Indonesia
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Siswa
membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru•
F
Siswa
merangkum dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta pembagian wilayah waktu
di Indonesia.
_ Peta angin muson di
Indonesia.
_ Peta pembagian wilayaf flora
dan fauna Indonesia.
_ Peta persebaran jenis tanah
di Indonesia.
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan letak
geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.
Ü Menganalisis hubungan
letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Mengidentifikasi
penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim
hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Ü Menyajikan informasi
persebaran flora dan fauna tipe Asia,
tipe Australia serta kaitannya dengan
pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Ü Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di
Indonesia.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tugas rumah
Pilihan ganda
Tugas rumah
|
Ü Sebutkan letak astronomis wilayah
Indonesia?
Ü Jelaskan kaitan letak
geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Buatlah peta pola angin muson
di Indonesia!
Ü Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a.
kuskus
dan cendrawasih
b.
badak
dan harimau
c.
banteng
dan komodo
d.
anoa
dan babirusa
Ü Buatlah daftar jenis tanah di
Indonesia dan pemanfaatannya.
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA"
Posting Komentar