loading...

CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 2 MATERI PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 2
Standar Kompetensi : 5.   Memahami usaha persiapan kemerdekaan
Kompetensi Dasar    : 5.1.Menjelaskan Proses persiapan kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu          : 10 X 40 menit (5 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI
- Mendiskripssikan secara kronologis mengenai sidang BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
- Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannyadalam proses persiapan kemerdekaan
Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Proses persiapan kemerdekaan Indonesia
Ü  Terbentuknya BPUPKI
Ü  Sidang BPUPKI dan Perumusan Dasar Negara
Ü  Pembentukan PPKI

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
- Terbentuknya BPUPKI
- Sidang BPUPKI dan Perumusan Dasar Negara

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Setelah terdesak dalam Perang Asia Pasifik, Jepang mulai bersikap baik dan mencoba
memenuhi janjinya, yaitu memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Melalui
lembaga bentukan Jepang (BPUPKI dan PPKI), bangsa Indonesia mempersiapkan
segala sesuatu yang diperlukan untuk berdirinya sebuah negara.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menelaah dengan buku sumber tentang Sidang BPUPKI
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji buku sumber atau referensi untuk membahas alasan Jepang membentuk BPUPKI
F  Tanya jawab mengenai proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

Pertemuan 4-5
Materi : - Pembentukan PPKI
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Memberi motivasi kepada siswa agar siap untuk mengikuti pembelajaran
- Apersepsi dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Apa kepanjangan dari PPKI ?
- Apa kaitan antara BPUPKI dengan PPKI

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengkaji dengan referensi tentang pembentukan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanyajawab mengenai kapan BPUPKI dibubarkan
F  Tanyajawab mengenai latarbelakang di bentuknya PPKI
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Foto –foto dan gambar
_ Atlas Sejarah
_ Musium
_ Monumen

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü  Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

Ü  Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah

Ü  Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI

Ü  Menganalis  dukungan  spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia





Tes tulis







Uji petik kerja dan
tes unjuk kerja


Penugasan





T es tulis




Penugasan
Tes pilihan ganda






Tes simulasi





Tugas proyek




Tes Uraian




Tugas proyek
Ü  Perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda tentang kemerdekaan ialah....
a.teks proklamasi
b. waktu pelaksanaan
c. tempat pelaksanaan
d. pembaca teks proklamasi 

Ü  Buatlah naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan simulasikan

Ü  Kumpulkan gambar-gambar proses penyebaran berita proklamasi dengan referensi dan sumber lain yang relefan serta berikan tanggapan

Ü  Jelaskan bahwa sidang PPKI tanggal 18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah Republik Indonesia

Ü  Kumpulkan gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi, foto, gambar, atau sumber lain yang relefan dan berikan tanggapanmu

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 2 MATERI PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA"

Posting Komentar