RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 5.
Memahami usaha persiapan kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 5.1.Menjelaskan Proses persiapan
kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu : 10 X 40 menit (5 x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
- Menjelaskan alasan jepang
membentuk BPUPKI
- Mendiskripssikan secara
kronologis mengenai sidang BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi
untuk negara Indonesia yang akan didirikan
- Mengidentifikasi dibentuknya
PPKI dan peranannyadalam proses persiapan kemerdekaan
Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
Proses persiapan kemerdekaan
Indonesia
Ü Terbentuknya BPUPKI
Ü Sidang BPUPKI dan Perumusan Dasar Negara
Ü Pembentukan PPKI
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
- Terbentuknya BPUPKI
- Sidang BPUPKI dan Perumusan
Dasar Negara
Pendahuluan :
Ü Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapihan kelas
Ü Memberikan motivasi kepada siswa agar siap
dalam mengikuti pembelajaran
Ü Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Setelah terdesak dalam Perang
Asia Pasifik, Jepang mulai bersikap baik dan mencoba
memenuhi janjinya, yaitu
memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Melalui
lembaga bentukan Jepang (BPUPKI
dan PPKI), bangsa Indonesia mempersiapkan
segala sesuatu yang diperlukan
untuk berdirinya sebuah negara.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menelaah
dengan buku sumber tentang Sidang BPUPKI
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Guru
memandu siswa untuk mengkaji buku sumber atau referensi untuk membahas alasan
Jepang membentuk BPUPKI
F
Tanya
jawab mengenai proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia
yang akan didirikan
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
Pertemuan 4-5
Materi : -
Pembentukan PPKI
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Memberi motivasi kepada siswa
agar siap untuk mengikuti pembelajaran
- Apersepsi dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Apa kepanjangan dari PPKI ?
- Apa kaitan antara BPUPKI
dengan PPKI
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengkaji
dengan referensi tentang pembentukan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan
Indonesia
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
Tanyajawab
mengenai kapan BPUPKI dibubarkan
F
Tanyajawab
mengenai latarbelakang di bentuknya PPKI
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
E.
Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
_ Foto –foto dan gambar
_ Atlas Sejarah
_ Musium
_ Monumen
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar
proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi
kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah
Ü Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya
dengan sidang PPKI
Ü Menganalis dukungan spontan dan
tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan
pemerintah Republik Indonesia
|
Tes tulis
Uji petik kerja dan
tes unjuk kerja
Penugasan
T es tulis
Penugasan
|
Tes pilihan ganda
Tes simulasi
Tugas proyek
Tes Uraian
Tugas proyek
|
Ü Perbedaan pendapat antara
golongan tua dan muda tentang kemerdekaan
ialah....
a.teks proklamasi
b. waktu pelaksanaan
c. tempat pelaksanaan
d. pembaca teks proklamasi
Ü Buatlah naskah sosiodrama
kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan simulasikan
Ü Kumpulkan gambar-gambar proses
penyebaran berita proklamasi dengan referensi dan sumber lain yang relefan
serta berikan tanggapan
Ü Jelaskan bahwa sidang PPKI tanggal
18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah
Republik Indonesia
Ü Kumpulkan gambar dukungan
spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara
dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi, foto, gambar, atau sumber
lain yang relefan dan berikan tanggapanmu
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 2 MATERI PROSES PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA"
Posting Komentar