RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara
berkembang dan negara maju
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasikan ciri-ciri
negara maju dan negara berkembang
- Membuat peta wilayah negara
maju dan negara berkembang.
- Memberi contoh negara-negara
yang tergolong kedalam negara maju dan
negara berkembang beserta alasannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B.
Materi Ajar
Negara Maju dan Negara
Berkembang
a. Pembagian negara maju dan
negara berkembang
b. Peta wilayah negara maju dan
negara berkembang
c. Negara yang tergolong maju
dan berkembang
C.
Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi : -
Pembagian negara maju dan negara berkembang
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Secara umum, pembagian negara
dikategorikan menjadi negara maju dan berkembang.
- Bagaimana dengan kondisi negara kita?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
F
Tanya
jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara maju
F
Tanyajawab
antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara berkembang
F
Guru
menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan ciri-ciri negara maju dan negara
berkembang
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
F
Melakukan
tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F
Memberikan
tugas induvidual agar siswa mampu menunjukan negara maju dan negara berkembang dalam atlas.
Pertemuan 3-4
Materi : - Peta
wilayah negara maju dan negara berkembang
- Negara yang tergolong maju dan berkembang
Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memotivasi kelas agar siap
dalam proses pembelajaran :
1. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
2. Apakah Indonesia termasuk
negara maju ataukah negara berkembang?
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memandu
siswa untuk mengamati atlas dunia
F
Siswa
mengamati dan menunjukan negara maju dan negara berkembang di atlas dunia.
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
berdiskusi mengenai negara-negara maju dan negara berkembang di Asia, Eropa,
Afrika, Amerika
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa
diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya
pemecahannya
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
a.
Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F
b.
Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F
c.
Memberikan tugas induvidual agar siswa mencari data dari
F
koran/majalah/media
lainnya dan mengelompokkan mana yang termasuk :
a. Negara maju
b. Negara berkembang
E.
Sumber Belajar
_ Peta Dunia.
_ Peta Asia.
_ Peta Eropa.
_ Peta Afrika.
_ Peta Amerika.
_ Buku Platinum Pembelajaran
IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan letak
geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.
Ü Menganalisis hubungan
letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Mengidentifikasi
penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim
hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Ü Menyajikan informasi
persebaran flora dan fauna tipe Asia,
tipe Australia serta kaitannya dengan
pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Ü Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di
Indonesia.
|
Tes lisan
|
Pilihan ganda
Tes Essay
Tugas:
|
1. Perbedaan
kepentingan dan kebutuhan antara negara satu dengan negara lainnya akan
menimbulkan terjadinya......
a. kerjasama antarnegara
b. persaingan antarnegara
c. gangguan antarnegara
d. peperangan antarnegara
2. Kerjasama
internasional dapat terjadi karena antarnegara saling....
a. berperang
b. berpolitik
c. tergantung
d. terganggu
3. Berikut ini
yang tidak termasuk faktor terjadinya kerjasama antar negara adalah....
a. pengakuan
kebeadaan sebagai suatu negara
b. rasa saling
ketergantungan
c. kekayaan
sumber daya alam
d. persamaan
sistem politik dan sistem sosial
4. Pada
umumnya, pembagian dan pengelompokan negara maju dan negara berkembang
berdasarkan pada.....
a. paham
politik yang dianut
b. mayoritas
agama yang dipeluk
c. kemajuan
ekonomi
d. kemajuan
teknologi
5. Kelompok
negara pertama adalah negara-negara yang berpaham.....
a. Sosialis
b. Komunis
c. Kapitalis
d. ekonomis
6. Sebagian
besar negara-negara dikawasan Afrika adalah....
a. negara maju
b. negara
kapitalis
c. negara
miskin
d. negara sedang
berkembang
7. Berikut ini
yang bukan merupakan ukuran untuk menentukan suatu negara dalam kategori maju
atau sedang berkembang adalah.....
a. pendapatan
perkapita
b. jumlah
tenaga kerja disektor primer
c. tingkat
pengangguran
d. penggunaan
sumber tenaga mesin dan listrik
8. Berikut ini
yang bukan merupakan ukuran untuk menentukan kualitas sumber daya manusia
suatu negara adalah.....
a. tingkat
pendidikan
b. usia kawin
yang pertama
c. usia
harapan hidup
d. tingkat
kesehatan
9. Dibawah ini
yang bukan merupakjan negara berkembang adalah
a. Cina
b. Malaysia
c. Turki
d. Pakistan
10. Suatu
negara dikategorikan maju apabila usia harapan hidup penduduknya....
a. 45 – 55
tahun
b. 50 – 55
tahun
c. 55 – 60
tahun
d. 60 tahun ke
atas
1. Mengapa
setiap negara saling memiliki ketergantungan?
2. Sebutkan
beberapa ukuran yang mendasari pengelompokan negara maju dan negara
berkembang?
3. Jelaskan
yang dimaksud usia harapan hidup, kesehatan, dan tingkat pendidikan dapat
menjadi penentu kualitas sumber daya manusia!
4. Sebutkan
beberapa negara didunia yang termasuk dalam kelompok negara maju dan negara
berkembang!
5. Bagaimana
sikap yang harus dikalukan oleh negara maju terhadap negara berkembang.
Berikan pendapatmu!
1. Salinlah
peta wilayah negara-negara di Benua Asia, kemudian berilah warna yang berbeda
pada negara-negara yang ber HDI tinggi, sedang dan rendah!
2.Interprestasikan gambar tersebut menurut
pendapatmu. Tulislah jawabanmu di buku kerja!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI PERKEMBANGAN NEGARA DI DUNIA"
Posting Komentar