loading...

CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI PERKEMBANGAN NEGARA DI DUNIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.   Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar    : 1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
- Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang.
- Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan
negara berkembang beserta alasannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
Negara Maju dan Negara Berkembang
a. Pembagian negara maju dan negara berkembang
b. Peta wilayah negara maju dan negara berkembang
c. Negara yang tergolong maju dan berkembang

C. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi : - Pembagian negara maju dan negara berkembang

Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Secara umum, pembagian negara dikategorikan menjadi negara maju dan berkembang.
- Bagaimana dengan kondisi negara kita?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati ciri-ciri negara  maju dan negara berkembang
F  Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara maju
F  Tanyajawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara berkembang
F  Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa mampu menunjukan negara maju  dan negara berkembang dalam atlas.

Pertemuan 3-4
Materi : - Peta wilayah negara maju dan negara berkembang
 - Negara yang tergolong maju dan berkembang

Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memotivasi kelas agar siap dalam proses pembelajaran :
1. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
2. Apakah Indonesia termasuk negara maju ataukah negara berkembang?

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengamati atlas dunia
F  Siswa mengamati dan menunjukan negara maju dan negara berkembang di atlas dunia.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa berdiskusi mengenai negara-negara maju dan negara berkembang di Asia, Eropa, Afrika, Amerika
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  a. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  b. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
F  c. Memberikan tugas induvidual agar siswa mencari data dari
F  koran/majalah/media lainnya dan mengelompokkan mana yang termasuk :
a. Negara maju
b. Negara berkembang

E. Sumber Belajar
_ Peta Dunia.
_ Peta Asia.
_ Peta Eropa.
_ Peta Afrika.
_ Peta Amerika.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menunjukkan letak geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.
Ü  Menganalisis hubungan letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü  Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Ü  Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Ü  Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tes lisan





Pilihan ganda








































































Tes Essay
















Tugas:



1. Perbedaan kepentingan dan kebutuhan antara negara satu dengan negara lainnya akan menimbulkan terjadinya......
a. kerjasama antarnegara
b. persaingan antarnegara
c. gangguan antarnegara
d. peperangan antarnegara
2. Kerjasama internasional dapat terjadi karena antarnegara saling....
a. berperang
b. berpolitik
c. tergantung
d. terganggu
3. Berikut ini yang tidak termasuk faktor terjadinya kerjasama antar negara adalah....
a. pengakuan kebeadaan sebagai suatu negara
b. rasa saling ketergantungan
c. kekayaan sumber daya alam
d. persamaan sistem politik dan sistem sosial
4. Pada umumnya, pembagian dan pengelompokan negara maju dan negara berkembang berdasarkan pada.....
a. paham politik yang dianut
b. mayoritas agama yang dipeluk
c. kemajuan ekonomi
d. kemajuan teknologi
5. Kelompok negara pertama adalah negara-negara yang berpaham.....
a. Sosialis
b. Komunis
c. Kapitalis
d. ekonomis
6. Sebagian besar negara-negara dikawasan Afrika adalah....
a. negara maju
b. negara kapitalis
c. negara miskin
d. negara sedang berkembang
7. Berikut ini yang bukan merupakan ukuran untuk menentukan suatu negara dalam kategori maju atau sedang berkembang adalah.....
a. pendapatan perkapita
b. jumlah tenaga kerja disektor primer
c. tingkat pengangguran
d. penggunaan sumber tenaga mesin dan listrik
8. Berikut ini yang bukan merupakan ukuran untuk menentukan kualitas sumber daya manusia suatu negara adalah.....
a. tingkat pendidikan
b. usia kawin yang pertama
c. usia harapan hidup
d. tingkat kesehatan
9. Dibawah ini yang bukan merupakjan negara berkembang adalah
a. Cina
b. Malaysia
c. Turki
d. Pakistan
10. Suatu negara dikategorikan maju apabila usia harapan hidup penduduknya....
a. 45 – 55 tahun
b. 50 – 55 tahun
c. 55 – 60 tahun
d. 60 tahun ke atas

1. Mengapa setiap negara saling memiliki ketergantungan?
2. Sebutkan beberapa ukuran yang mendasari pengelompokan negara maju dan negara berkembang?
3. Jelaskan yang dimaksud usia harapan hidup, kesehatan, dan tingkat pendidikan dapat menjadi penentu kualitas sumber daya manusia!
4. Sebutkan beberapa negara didunia yang termasuk dalam kelompok negara maju dan negara berkembang!
5. Bagaimana sikap yang harus dikalukan oleh negara maju terhadap negara berkembang. Berikan pendapatmu!

1. Salinlah peta wilayah negara-negara di Benua Asia, kemudian berilah warna yang berbeda pada negara-negara yang ber HDI tinggi, sedang dan rendah!
2.Interprestasikan gambar tersebut menurut pendapatmu. Tulislah jawabanmu di buku kerja!

                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI PERKEMBANGAN NEGARA DI DUNIA"

Posting Komentar