RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah `````````:
............................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : IX / II
Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan manusia dengan
bumi.
Kompetensi Dasar : 5.1.
Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk
muka bumi.
Alokasi
waktu : 6 jam pelajaran ( 3 x
pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
- Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.beserta nama-namanya.
- Mengidentifikasi simbol-simbol bentang alam pada peta
- Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Membuat dan mengubah peta kontur menjadi penampang bentuk muka bumi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran :
1.
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
2.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
3.
Teknik/Cara pengambaran bentuk muka bumi pada peta.
C. Metode Pengajaran :
1.
Ceramah
bervariasi
2.
Diskusi
3.
Inquiry
4.
Tanya
Jawab
5.
Simulasi
6.
Pengamatan
( observasi )
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : -
Bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
a.
Pendahuluan :
1.
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
2. Motivasi dengan beberapa pertanyaan
misalnya :
-
Mengapa
permukaan bumi tidak rata?
-
Pernahkah
kalian pergi kepantai atau ke gunung? Sebutkan apa saja yang kamu lihat?
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan peta.
F
Siswa
menyebutkan relief yang ada pada peta.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyimpulkan kegiatan guru.
F
Guru
memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Membuat
kesimpulan.
F
Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi.
F
Memberi
tugas individu agar siswa menyebutkan contoh relief daratan dan dsar laut lewat
gambar majalah atau Koran.
2. Pertemuan II
Materi :
- Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Pola dan bentuk obyek geografis.
a.
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan
kerapian kelas.
2. Motivasi dengan beberapa pertanyaan
misalnya :
-
Berilah
contoh relief permukaan bumi dan dasar laut?.
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
meminta siswa untuk memperhatikan gambar-gambar bentuk permukaan bumi daratan
dan dasar laut.
F
Siswa
menjelaskan perbedaan daratan dan dasar laut.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara
bergantian siswa maju ke depan untuk menunjukkan contoh relief daratan dan
dasar laut.
F
Secara
kelompok siswa membuat kesimpulan tentang bentuk muka bumi daratan dan dasar
laut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
tes yang berhubungan dengan materi di atas.
F
Memberi
tugas individu di LKS.
E. Sumber Belajar:
1. Buku
-
Buku
IPS kelas IX
-
Buku
paket Geografi kelas IX
-
Buku
IPS kelas IX penerbit umum
2. Guru
3. OHP
4. Gambar-gambar
5. CD
6. Peta
Kontur
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menganalisis
bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
Ü Membuat
diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
Ü Mendeskripsikan
pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alam.
|
Tes harian
Tes unjuk kerja
Tugas
|
Tes Uraian
Produk
Tugas rumah
|
Ü Jelaskan empat dari bentuk muka
bumi daratan.
·
Ü Buatlah penampang bentuk muka
bumi daratan dan dasar laut!
Ü Amatilah peta bentuk muka bumi
Pulau Kalimantan. Jelaskan pola dataran rendah dan pegunungan di pulau
tersebut!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPS SMP KELAS IX SEMESTER 2 MATERI PETA TENTANG POLA DAN BENTUK-BENTUK MUKA BUMI"
Posting Komentar