KERAJINAN
BUDIDAYA
PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman produk
kerajinan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam
menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghargai perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat karya kerajinan dengan
memperhatikan estetika produk akhir.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami desain dan
pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan
konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
3.2
Mendeskripsikan proses
modifikasi jenis bahan limbah organik lunak atau keras dan pengemasan
berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat
3.3
Memahami desain
kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan konsep dan
prosedur sesuai wilayah setempat
3.4
Mendeskripsikan proses
modifikasi jenis bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasan
berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Membuat karya kerajinan
dan pengemasan dari bahan limbah organik
lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2
Memodifikasi kerajinan
dan pengemasan dari berbagai bahan
limbah organik lunak atau keras berdasarkan hasil deskripsi karya sesuai
wilayah setempat
4.3
Membuat karya kerajinan
dan pengemasan dari bahan limbah anorganik
lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.4
Memodifikasi kerajinan
dan pengemasan dari berbagai bahan
limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan hasil deskripsi karya sesuai
wilayah setempat
|
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman produk
rekayasa di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai
rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam
menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat produk rekayasa dengan
memperhatikan estetika produk akhir
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami prosedur jenis produk rekayasa
yang dibuat berdasarkan komponen elektronika aktif dan
pasif
3.2
Memahami bahan, material dan alat bantu yang
digunakan untuk pembuatan produk rekayasa berdasarkan komponen elektronika aktif dan pasif
3.3
Memahami prosedur jenis produk rekayasa
yang dibuat berdasarkan rangkaian
pengubah besaran listrik.
3.4
Memahami bahan, material dan alat bantu yang
digunakan untuk pembuatan produk rekayasa berdasarkan rangkaian pengubah besaran listrik.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membuat produk penghasil bunyi bersumber arus
listrik DC di lingkungan sekitar
4.2
Membuat produk penghasil gerak menggunakan sumber
arus listrik DC
4.3
Membuat model alat pengubah listrik di lingkungan
sekitar
4.4
Membuat produk sensor menggunakan teknologi
kelistrikan di lingkungan sekitar
|
BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman
hasil budidaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1
Menghargai
rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam
menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air
dan bangga pada produk Indonesia.
2.2
Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan melaksanakan
kegiatan
budidaya.
2.3
Menghargai kemauan bertoleransi, gotong royong,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mengidentifikasi
desain wadah
budidaya ikan konsumsi di
wilayah setempat
3.2
Memahami konsep dan prosedur pemeliharaan ikan konsumsi
sesuai wilayah setempat
3.3
Mengidentifikasi
desain wadah budidaya ikan hias di wilayah setempat
3.4
Memahami konsep dan prosedur pemeliharaan
ikan hias sesuai wilayah setempat
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Mendesain wadah budidaya ikan
konsumsi berdasarkan identifikasi yang ada di wilayah setempat
4.2
Memelihara ikan konsumsi sesuai berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
4.3
Mendesain wadah budidaya ikan hias berdasarkan
identifikasi yang ada
di wilayah setempat
4.4
Memelihara ikan hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
|
PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai keberagaman produk
pengolahan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali
informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah
air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3
Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat produk pengolahan dengan
memperhatikan estetika produk akhir
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan berdasarkan
konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2
Memahami manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan
seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang ada di wilayah
setempat.
3.3
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi
menjadi makanan berdasarkan konsep dan
prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4
Memahami manfaat dan proses olahan dari hasil
samping seralia dan umbi menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Membuat olahan
bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan sesuai
rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2 Membuat olahan
bahan pangan seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.3 Membuat olahan
bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan sesuai
rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.4
Membuat olahan dari hasil samping seralia dan umbi
menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS VIII KURIKULUM 2013"
Posting Komentar