loading...

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS VIII KURIKULUM 2013

KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1        Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghargai perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan
2.3        Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat karya kerajinan dengan memperhatikan estetika produk akhir.

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan dari bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
3.2        Mendeskripsikan proses modifikasi jenis bahan limbah organik lunak atau keras dan pengemasan berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat
3.3        Memahami desain kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
3.4        Mendeskripsikan proses modifikasi jenis bahan limbah anorganik lunak atau keras dan pengemasan berdasarkan proses berkarya sesuai wilayah setempat

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari  bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2        Memodifikasi kerajinan dan pengemasan dari  berbagai bahan limbah organik lunak atau keras berdasarkan hasil deskripsi karya sesuai wilayah setempat
4.3        Membuat karya kerajinan dan pengemasan dari  bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.4        Memodifikasi kerajinan dan pengemasan dari  berbagai bahan limbah anorganik lunak atau keras berdasarkan hasil deskripsi karya sesuai wilayah setempat

 REKAYASA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1        Menghargai keberagaman produk rekayasa di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan

2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk rekayasa
2.3        Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat produk rekayasa dengan memperhatikan estetika produk akhir

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Memahami prosedur jenis produk rekayasa yang dibuat berdasarkan komponen elektronika aktif dan pasif
3.2        Memahami bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa berdasarkan komponen elektronika aktif dan pasif
3.3        Memahami prosedur jenis produk rekayasa yang dibuat berdasarkan rangkaian pengubah besaran listrik.
3.4        Memahami bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa berdasarkan rangkaian pengubah besaran listrik.

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Membuat produk penghasil bunyi bersumber arus listrik DC di lingkungan sekitar
4.2        Membuat produk penghasil gerak menggunakan sumber arus listrik DC
4.3        Membuat model alat pengubah listrik di lingkungan sekitar
4.4        Membuat produk sensor menggunakan teknologi kelistrikan di lingkungan sekitar


BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1        Menghargai keberagaman hasil budidaya di daerah setempat  sebagai anugerah Tuhan
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1        Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2        Mengaplikasikan perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan budidaya.
2.3        Menghargai kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Mengidentifikasi   desain wadah budidaya ikan konsumsi di wilayah setempat
3.2        Memahami konsep dan prosedur  pemeliharaan ikan konsumsi sesuai wilayah setempat
3.3        Mengidentifikasi  desain wadah budidaya ikan hias di wilayah setempat
3.4        Memahami konsep dan prosedur  pemeliharaan ikan hias sesuai wilayah setempat

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1        Mendesain wadah budidaya ikan konsumsi berdasarkan identifikasi  yang ada di wilayah setempat
4.2        Memelihara ikan konsumsi sesuai berdasarkan  konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
4.3        Mendesain wadah budidaya ikan hias berdasarkan identifikasi  yang ada di wilayah setempat
4.4        Memelihara ikan hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat



                                                                                                    

PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghargai keberagaman produk pengolahan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan

2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dan memiliki motivasi internal dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan
2.3        Menunjukkan kemauan bertoleransi, gotong royong, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan membuat produk pengolahan dengan memperhatikan estetika produk akhir

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1      Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2      Memahami manfaat dan proses pembuatan,  penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.
3.3      Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan  berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4      Memahami manfaat dan proses olahan dari hasil samping seralia dan umbi menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2      Membuat olahan bahan pangan seralia dan umbi menjadi bahan pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.3      Membuat olahan bahan pangan setengah jadi dari bahan seralia dan umbi menjadi makanan  sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.4      Membuat olahan dari hasil samping seralia dan umbi menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat


0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS VIII KURIKULUM 2013"

Posting Komentar