loading...

CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI LINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar    : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
• Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan sasaran pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
- Lingkungan hidup dan pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan.

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup

Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Bagaimana keadaan lingkungan disekitar kalian?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan untuk
F  mengatur tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F  Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang :
Ø  lingkungan hidup
Ø  Kerusakan lingkungan hidup
F  Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan lingkungan

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat kalian lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
   hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Menceritakan hasil pembangunan yang ada dilingkungan siswa masing-masing

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F 
11.0pt;">memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.
F  Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
Ü  Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
Ü  Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Ü  Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
Ü  Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü  Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.
Tes  lisan

Tes tulis

Tes unjuk kerja



Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis

Observasi
Daftar pertanyaan
Tes Uraian

Produk




Tes Uraian


Tes Uraian

Uraiakan

Panduan observasi.
Ü  Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup.
Ü  Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan!
Ü  Buatlah kliping berupa gambar atau baerita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan alam yang disebabkan oleh: alam dan manusia.
Ü  Berilah contoh usaha untuk melestarikan daerah aliran sungai!
Ü  Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.
Ü  Sebutkan 4 ciri pembangunan berkelanjutan.
Ü  Amatilah wilayah sekitar kamu dan buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !


            1.  Lembar Pengamatan Diskusi          
No
Nama Siswa
Aspek Yang diamati
Jumlah
Inisiatif
Keaktifan
Kerjasama
Presentasi
Nilai



































*) Nilai maksimal tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )

2.  Lembar Penilaian Tugas :         
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Jumlah
ketepatan
waktu
Kerapihan
Pekerjaan
Kerapihan
Pekerjaan
Esensi
jawaban
Nilai





























                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
                                                                                                       

Related Posts :

0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI LINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA"

Posting Komentar