RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1..3 Mendeskripsikan permasalahan
lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4x pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
• Mengidentifikasi unsur-unsur
lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya)
• Menafsirkan arti penting
lingkungan bagi kehidupan
• Mengidentifikasi
bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
• Memberi contoh usaha
pelestarian lingkungan hidup.
• Mendeskripsikan tujuan dan
sasaran pembangunan nasional
• Menafsirkan hakekat
pembangunan yang berwawasan lingkungan
• Mengidentifikasikan ciri-ciri
pembangunan yang berwawasan lingkungan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B.
Materi Ajar
- Lingkungan hidup dan
pelestariannya
- lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
- Usaha-usaha pelestaria
lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan
lingkungan.
C.
Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya
jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi /
Pengamatan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi : - lingkungan hidup
- Kerusakan lingkungan hidup
Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Apersepsi ( pengetahuan prasarat
) :
- Bagaimana keadaan lingkungan
disekitar kalian?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menafsirkan
arti penting lingkungan bagi kehidupan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
Guru
memandu siswa untuk melaksanakan diskusi, dan semua kelompok dipersilahkan
untuk
F
mengatur
tempat duduk, pembagian tugas menulis hasil diskusi dan berdiskusi.
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan tentang :
Ø lingkungan hidup
Ø Kerusakan lingkungan hidup
F
Mempresentasikan
hasil diskusi dari masing-masing kelompok
F
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 3 dan 4
Materi :
- Usaha-usaha pelestaria
lingkungan hidup
- Pembangunan berwawasan
lingkungan
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kegiatan apa saja yang dapat
kalian lakukan dalam rangka melestarikan lingkungan
hidup?
- Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Menceritakan hasil
pembangunan yang ada dilingkungan siswa masing-masing
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
buku sumber tentang hakekat pembangunan yang berwawasan lingkungan
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
11.0pt;">memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Diskusi
tentang usaha pelestarian lingkungan hidup.
F
Melakukan
penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
F.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur
biotik, sosial budaya)
Ü Menafsirkan arti
penting lingkungan bagi kehidupan.
Ü Mengidentifikasi bentuk-bentuk
kerusakan lingkungan hidup dan
faktor penyebabnya.
Ü Memberi contoh usaha pelestarian
lingkungan hidup.
Ü Menafsirkan hakekat pembangunan
berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan
berkelanjutan.
Ü Mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan.
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Produk
Tes Uraian
Tes Uraian
Uraiakan
Panduan observasi.
|
Ü Sebutkan 3 unsur lingkungan hidup.
Ü Jelaskan manfaat hutan bagi kehidupan!
Ü Buatlah kliping berupa gambar atau
baerita dari media cetak masing-masing 5 buah tentang keruskan lingkungan
alam yang disebabkan oleh: alam dan
manusia.
Ü Berilah contoh usaha untuk melestarikan daerah
aliran sungai!
Ü Jelaskan yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.
Ü Sebutkan 4 ciri pembangunan
berkelanjutan.
Ü Amatilah wilayah sekitar kamu dan
buatlah laporan tentang penerapan pembangunan berkelanjutan tersebut !
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP IPS TERPADU SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI LINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA"
Posting Komentar