KERAJINAN
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati keberagaman produk
kerajinan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun,
memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi
tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah
air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku
jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan karya kerajinan
2.3
Menunjukkan kemauan bekerjasama,
gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan
alat dan bahan, serta teliti dan rapi
saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami desain dan pengemasan
karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur
sesuai wilayah setempat
3.2
Menerapkan proses
modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai
wilayah setempat
3.3
Memahami desain dan
pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berdasarkan konsep dan
prosedur sesuai wilayah setempat
3.4
Menerapkan proses
modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasan sesuai
wilayah setempat
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain
sesuai wilayah setempat
4.2 Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil
evaluasi sesuai wilayah setempat
4.3 Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan desain
sesuai wilayah setempat
4.4 Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan hasil
evaluasi sesuai wilayah setempat
|
REKAYASA
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati keberagaman
produk rekayasa di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli
lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa daerah setempat sebagai wujud cinta tanah
air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang pembuatan produk
rekayasa
2.3
Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong,
bertoleransi, disiplin dan bertanggung
jawab dalam penggunaan alat dan bahan,
serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika
produk akhir
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekno-logi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2
Mengidentifikasi
bahan, material dan alat bantu yang digunakan
untuk pembuatan produk rekayasa konstruksi di daerah setempat dan daerah lain
3.3
Memahami prosedur
konstruksi instalasi listrik.
3.4
Mengidentifikasi
bahan, material dan alat bantu yang digunakan
untuk pembuatan rangkaian instalasi listrik di daerah setempat dan daerah
lain.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1
Merangkai produk rakitan berteknologi listrik
berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain
4.2
Membuat model bangunan dengan teknologi konstruksi
berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain
4.3
Membuat model bangunan instalasi dengan teknologi
konstruksi berdasarkan kondisi di daerah setempat dan daerah lain
4.4
Membuat model sederhana rangkaian instalasi
listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain
|
BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
|
yes;"> KOMPETENSI DASAR
PENGOLAHAN
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1
Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu,
sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali
informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat
sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan budidaya
2.3 Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi,
disiplin dan bertanggung jawab dalam
penggunaan alat dan bahan, serta
teliti dan rapi saat melaksankan kegiatan budidaya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
3.1
Memahami konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat
3.2
memahami produk
dan proses budidaya ternak hias
3.3
Menerapkan konsep dan prosedur budidaya satwa harapan di wilayah setempat
3.4
Menerapkan produk dan
proses budidaya satwa harapan
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
4.1
Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
4.2
Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias
4.3
Memelihara satwa harapan berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
4.4
Menyajikan hasil evaluasi budidaya satwa harapan
PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah
setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli
lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah
air dan bangga pada produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan
2.3
Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong,
bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan,
serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika
produk akhir
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi
makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2
Menerapkan manfaat dan proses pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari
bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi
yang ada di wilayah setempat.
3.3
Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan
pengemasan olahan produk pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging
putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya
sesuai wilayah setempat.
3.4
Menerapkan manfaat dan proses olahan dari hasil
samping pangan hewani menjadi produk non pangan
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Membuat olahan
pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2 Membuat olahan
pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan
setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di
wilayah setempat
4.3 Membuat olahan produk
pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi
makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah
setempat
4.4
Membuat olahan dari hasil samping pangan hewani
menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat
|
0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS IX KURIKULUM 2013"
Posting Komentar