loading...

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS IX KURIKULUM 2013

KERAJINAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati keberagaman produk kerajinan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan karya kerajinan
2.3        Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan  bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan karya kerajinan yang memiliki estetika produk akhir
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
3.2        Menerapkan proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat
3.3        Memahami desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat
3.4        Menerapkan proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasan sesuai wilayah setempat

4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1      Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.2      Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat
4.3      Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan desain sesuai wilayah setempat
4.4      Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat


REKAYASA
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati keberagaman produk rekayasa di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan

2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan  produk rekayasa
2.3        Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin  dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan  bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk rekayasa yang memiliki estetika produk akhir

3.    Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekno-logi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1         Memahami prosedur aneka jenis produk rakitan rekayasa kelistrikan.
3.2         Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan produk rekayasa konstruksi di daerah setempat dan daerah lain
3.3         Memahami prosedur konstruksi instalasi listrik.
3.4         Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan untuk pembuatan rangkaian instalasi listrik di daerah setempat dan daerah lain.

4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

4.1        Merangkai produk rakitan berteknologi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain
4.2        Membuat model bangunan dengan teknologi konstruksi berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain
4.3        Membuat model bangunan instalasi dengan teknologi konstruksi berdasarkan kondisi di daerah setempat dan daerah lain
4.4        Membuat model sederhana rangkaian instalasi listrik berdasarkan kondisi dan bahan di daerah setempat dan daerah lain


BUDIDAYA
KOMPETENSI INTI
yes;"> KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1        Menghayati keberagaman produk budidaya di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan

2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1       Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2       Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan budidaya
2.3       Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin  dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan  bahan, serta teliti dan rapi saat melaksankan kegiatan budidaya
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Memahami  konsep dan prosedur budidaya ternak hias di wilayah setempat
3.2        memahami produk dan  proses  budidaya ternak hias
3.3        Menerapkan  konsep dan prosedur budidaya satwa harapan di wilayah setempat
3.4        Menerapkan produk dan  proses  budidaya satwa harapan


4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1         Memelihara ternak hias berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur  sesuai wilayah setempat
4.2         Menyajikan hasil evaluasi budidaya ternak hias
4.3         Memelihara satwa harapan berdasarkan identifikasi konsep dan prosedur  sesuai wilayah setempat
4.4         Menyajikan hasil evaluasi budidaya satwa harapan


PENGOLAHAN
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerah Tuhan

2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan  daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2        Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan
2.3        Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1    Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2    Menerapkan manfaat dan proses pembuatan,  penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi yang ada di wilayah setempat.
3.3    Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan produk pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.4    Menerapkan manfaat dan proses olahan dari hasil samping pangan hewani menjadi produk non pangan

4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1    Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2    Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi produk pangan setengah jadi sesuai hasil analisis dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.3    Membuat  olahan produk pangan setengah jadi dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.4    Membuat olahan dari hasil samping pangan hewani menjadi produk non pangan sesuai wilayah setempat



Related Posts :

0 Response to "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PRAKARYA SMP/MTs KELAS IX KURIKULUM 2013"

Posting Komentar