RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IX/2
Standar
Kompetensi : 9. Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi
Dasar : 9.1. Menyimpulkan pesan
pidato/ ceramah/ khotbah
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a.
Penyimpulan pidato/ceramah/khotbah.
3. Metode
Pembelajaran
a.
Pemodelan
b.
Inkuiri
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik mendengarkan rekaman sebuah pidato/ceramah/khotbah.
Memotivasi :
1. Peserta
didik menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta
didik menuliskan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
F Peserta didik menuliskan
pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.
F Peserta didik menuliskan
pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.dalam bentuk kalimat
F Peserta didik menyunting
cerpen yang sudah ditulis.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
5. Sumber Belajar
a.
Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
b. Teks pidato/ceramah/khotbah.
c.
Buku p[elajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
6. Penilaian
·
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu menemukan hal-hal
pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
· Mampu menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah hal-hal pokok
dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
· Simpulkanlah pesan
pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan
ke dalam beberapa kalimat!
|
1.
Tuliskan hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah. Yang kamu dengar !
Pedoman penskoran :
Soal
|
Skor
|
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dari
pidato secara lengkap
|
2
|
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dri
pidato kurang lengkap
|
1
|
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
|
0
|
2. Simpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu
dengarkan ke dalam beberapa kalimat !
Soal
|
Skor
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan
kalimat yang sesuai
|
2
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan
kalimat yang kurang sesuai
|
1
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan
kalimat yang tidak sesuai
|
0
|
Perhitungan
nilai akhir
Nilai akhir :
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar