loading...

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 2 MATERI "PIDATO/CERAMAH/KHOTBAH"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : .............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/2
Standar Kompetensi   : 9.  Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar      : 9.2. Memberi komentar tentang isi pidato / ceramah / khotbah
Alokasi waktu             : 2x40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dpt memberi komentar tentang isi pidato / ceramah / khotbah

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      Cara memberi komentar terhadap pidato / ceramah / khotbah dan implementasinya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik mendengarkan rekaman sebuah pidato/ceramah/khotbah yang disjikan guru
Memotivasi :
 1. Peserta didik menemukan isi pidato / ceramah / khotbah yang didengar

       b. Kegiatan Inti      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik mencermati simpulan pidato / ceramah / khotbah yang telah dibuat
F  Peserta didik berdiskusi untuk menentukan isi pidato / ceramah / khotbah
F  Peserta didik memberi komentar tentng isi pidato / ceramah / khotbah dengan alas an yang logis dan  bahasa yang santun
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
      b. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menentukan isi pidato/ceramah/khotbah
·  Mempu memberi komentar  dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi pidato/ceramah/khotbah

Observasi
Lembar observasi
·  Penentuan isi pidiato/ceramah/khotbah: tepat/kurang tepat/tidak tepat
·  Komentar terhadap isi pidato        alasan: logis/kurang logis/tidak logis  bahasa: santun/kurang santun/tidak santun

      1. Identifikasikan pokok-pokok isi pidato yang telah diperdengrkan !
          Pedoman penskoran :
        
Soal
Skor
Peserta didik mengidentifikasi secara lengkap
3
Peserta didik mengidentifikasi kurang lengkap
2
Peserta didik tidak mengidentifikasi tidak tepat
0

      2. Berilah komentar terhadap isi pidato yang telah anda dengar !
        
Soal
Skor
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan logis
3
Peserta didik memberi komentar isi pidto dengan kurang logis
2
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan tidak logis
0

      3. Berilah komentar terhadap isi pidato yang telah anda dengar dengan bahasa yang santun !
        
Soal
Skor
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan bahasa yang santun
3
Peserta didik memberi  komentar isi pidato dengan bhas yang kurang sntun
2
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan bahasa yang tidak santun
0

      Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 2 MATERI "PIDATO/CERAMAH/KHOTBAH""

Posting Komentar