RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 3. Memahami ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan
membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini
dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik Dapat membedakan antara fakta dan opini
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a.
Daftar pengalaman siswa
b.
Teks tek berita dalam surat kabar
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Inkuiri
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik diajak melihat Koran dan mencermati iklan yang
memuat fakta dan opini
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta
dan opini.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Secara kelompok Peserta didik
mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
F Peserta didik diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang
berupa fakta dan opini
F Peserta didik menyi8mpulkan dan
membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Sumber
Belajar
a. Media cetak / surat kabar
b. Buku pelajaran bahasa Indonesia
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·
Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·
Mampu membedakan
fakta dan opini
|
Penugasan
individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah pernyataan
yang merupakan fakta dan opini!
§ Bedakan antara fakta
dan opini dalam suatu teks!
|
1.
Tulislah minimal empat pernyataan yn g berupa fakta dan pendapat !
Pedoman penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan
opini
|
2
|
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
|
1
|
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
|
0
|
2.
Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik dapat membedakan
|
1
|
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
|
0
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI "MEMBEDAKAN ANTARA FAKTA DAN OPINI""
Posting Komentar