loading...

ARTIKEL PENDIDIKAN TENTANG ALAT-ALAT/ TEKNIK EVALUASI NON TES

Teknik penilaian non tes berarti melaksanakan penilaian dengan tidak menggunakan tes.
Tehnik penilaian ini umumnya untuk menilai keperibadian anak secara menyeluruh meliputi:
-          Skala bertingkat (rating scale)
-          Kuesioner (questionair)
-          Daftar cocok (check-lish)
-          Wawancara (interview)
-          Pengamatan (observation)
-          Riwayat hidup

a.      Scala bertingkat (rating cale)
Yang dimaksud dengan skala bertingkat atau rating scala adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan anak didik berdasarkan tingkat tinggi rendahnya penguasaan dan penghayatan pembelajaran yang telah diberikan

b.      Kuesioner
Kuesioner juga sering dikenal sebagai angket. Pada dasarnya, kuesioner adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisioleh orang yang akan diukur (responden). Dengan kuesioner ini orang dapat diketahui tentang data/
Data diri, pengalaman, pengetahuan tentang sikaf atau pendapatnya dan lain-lain.
Tentang macam kuesioner, dapat ditinjau dari segi:
1.      Ditinjau dari siapa yang menjawab, maka ada:
a.       Kuesioner langsung
b.      Kuesioner tidak langsung.
2.      Ditinjau dari cara menjawab
a.       Kuesioner tertutup
b.      Kuesioner terbuka

c.       Daftar cocok (check list)
Yang dimaksud dengan daftar cocok adalah deretan pernyataan (yang biasanya singkat-singkat), dimana responden yang dievaluasi tinggal membutuhkan tanda cocok (v)ditempat yang telah disediakan.
Contoh:
Berikan tanda v yang sesuai dengan pendapat saudara.
                         pendapat
pernyataan
penting
biasa
Tidak penting
1.      Melihat pemandangan indah.



2.      Olah raga tiap hari




valign="top" width="215">
3.      Melihat film




4.      Belajar menari




5.      Tulisan bagus




6.      Berkunjung ke kawan





d.   Wawancara (interview)
Wawancara atau interview adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari respoden dengan  jalan tanya jawab sepihak.
Wawancara dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1.      Interview bebas
2.      Interview terpimpin

e.    Pengamatan (observation)
Pengamatan atau observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara teliti serta pencatan sistematis.
Ada 3 macam observasi
1.      Obserpasi partisipan.
2.      Pengamatan sistematis – non sistematis
3.      Pengamatan eksperimental

Agar obserfasi itu efektif, guru perlu memperhatikan petunjuk-petunjuk berikut ini:
1.      guru harus mengetahui dengan jelas apa yang ingin diobservasikannya.
2.      Guru hendaknya memperhatikan satu dua anak tertentu, sehingga pengamatannya lebih intensif.
3.      Guru harus mencatat hasil pengamatanya dengan obyektif, yakin sesuai dengan apa yang benar-benar dilihatnya jadi jangan mencampurkan dengan tafsirannya.

f. Riwayat Hidup
Ini adalah salah satu tehnik non tes dengan menggunakan data pribadi seseorang sebagai bahan informasi penelitian. Dengan mempelajari riwayat hidup maka subjek evaluasi akan dpat menarik suatu kesimpulan tentang kepribadian, kebiasaan dan sikap dari objek yang dinilai

Related Posts :

0 Response to "ARTIKEL PENDIDIKAN TENTANG ALAT-ALAT/ TEKNIK EVALUASI NON TES"

Posting Komentar