RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .................
Kelas / Semester :
XI (Sebelas) / Semester 2
Mata Pelajaran :
FISIKA
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik
sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar
2.1 Menformulasikan hubungan antara
konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton
serta penerapannya dalam masalah benda tegar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut.
2.
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan gerak rotasi
3.
Menggunakan
konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
4. Memformulasikan
hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
5. Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan
sehari-hari
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
1.
Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda
dalam kaitannya dengan
gerak rotasi benda tersebut.
2.
Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak
translasi dan gerak rotasi
3.
Menggunakan
konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
4. Memformulasikan
hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
5. Menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan
sehari-hari
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja
keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Keseimbangan
benda tegar dan titik berat
Dinamika rotasi
C. Metode Pembelajaran
-
Model : - Direct
Instruction (DI)
- Cooperative Learning
-
Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menerapkan
konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan
keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium
|
·
Siswa dapat
Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan
menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
-
Apakah manfaat metode vektor dalam menganalisis gerak?
-
Prasyarat
pengetahuan:
- Bagaimana penerarapan metode
vektor dalam analisis gerak?
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda
untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan
benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan
keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan
dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum
sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl.2b
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
l Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Tugas rumah
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XI SEMESTER 2"
Posting Komentar