loading...

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ANTROPOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMA Paragon
Mata Pelajaran         : Antropologi
Kelas/Semester        : X/1 (Satu)  
Materi Pokok           : Unsur-unsur Budaya (Sistem Sosial Budaya)
Alokasi Waktu          : 3 x 3 JP

A.       Kompetensi Inti
KI 1       :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       :  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3       :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4      :  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
3.2.   Menerapkan  konsep-konsep dasar  dan keterampilan  antropologi dalam memahami  keberagaman budaya agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa  beserta unsur-unsurnya yang ada di masyarakat.

4.2.   Melakukan pengamatan, kajian literatur,  diskusi, dan berperan aktif  dalam menyikapi secara positif tentang berbagai fenomena   keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa  beserta unsur-unsurnya.

C.       Indikator
·            Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,
·            Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,
·            Mendeskripsikan sistem kekerabatan dan organisasi sosial,
·            Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,
·            Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,
·            Mendeskripsikan bahasa,
·            Mengidentifikasikan  kesenian,
·            Mendeskripsikan sistem pengetahuan,
·            Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.


D.       Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik dapat:
·         Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,
·         Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,
·         Mendeskripsikan sistem kekerabatan dan organisasi sosial,
·         Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,
·         Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,
·         Mendeskripsikan bahasa,
·         Mengidentifikasikan  kesenian dan,
·         Mendeskripsikan sistem pengetahuan.

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  peserta didik dapat:
·         Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.

E.       Materi Pembelajaran
Fakta
·   Berbagai macam hasil kebudayaan dari suatu suku bangsa, seperti kesenian, upacara keagamaan, sistem teknologi, sistem mata pencaharian dan lain-lain.
 
Konsep
·   Unsur-unsur kebudayaan, pengertian dari sistem religi/kepercayaan, sistem kekerabatan dan organisasi sosial, sistem pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, bahasa, kesenian, dan sistem pengetahuan.

Prinsip
·   Masyarakat sebagai sekumpulan manusia yang saling bergaul dan berinteraksi antara sesamanya dengan norma-norma atau nilai-nilai yang berlaku.
·   Masyarakat adalah sebuah sistem yaitu sistem sosial budaya yang didalamnya terdapat komponen-komponen atau unsur-unsur sosial budaya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
·   Masyarakat sebagai sistem sosial budaya (cultural universal) merupakan suatu kesatuan dimana terjadi proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keselarasan.

F.       Metode Pembelajaran
·   Pendekatan: Saintifik
·   Model Pembelajaran: inquiry, discovery learning
·   Metode: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi

G.       Alat/Media/Bahan
·   Media                     : artikel, presentasi power point
·   Alat/Bahan              : spidol, papan tulis, kertas karton, penggaris, LCD Proyektor,
   gambar, film
·   Sumber belajar        :  buku pegangan antropologi jilid 1, Buku Antropologi
    Penunjang Aktifitas Peserta didik, media massa baik media cetak (koran, majalah, dll) maupun media elektronik (TV, internet, dll) dan hands out

H.       Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran

Pertemuan Ke-4 :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Memberi salam dan berdoa.
·      Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
·      Menanyakan kehadiran peserta didik.
·      Tanya jawab materi sebelumnya, yaitu tentang pengertian  budaya.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Bertanya dan menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang unsur-unsur budaya melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul).
·      Melaksanakan pre test tentang unsur-unsur budaya.
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang.
·      Peserta didik  melihat tayangan video tentang kebudayaan di masyarakat.

Guru menilai keterampilan peserta didik dalam mengamati tayangan video.

Menanya
·      Peserta didik mendiskusikan untuk mengidentifikasikan unsur-unsur budaya yang termasuk sistem religi/ kepercayaan,  kesenian, dan sistem pengetahuan.

Mengumpulkan informasi/eksperimen
·      Peserta didik menganalisis hasil diskusi kelompok mengenai unsur-unsur budaya yang termasuk dalam sistem religi/kepercayaan,  kesenian, dan sistem pengetahuan.
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok membimbing/menilai keterampilan mencoba, mengolah data, dan menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi/mengolah informasi
·      Masing-masing kelompok menemukan keterkaitan antara hasil diskusi dengan literatur  mengenai unsur-unsur budaya  sistem religi/kepercayaan,  kesenian dan sistem pengetahuan.
·      Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil analisis dari diskusi yang sudah dilakukan.

Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Perwakilan dari masing-masing kelompok menyampaikan hasil analisis tentang unsur budaya sistem religi/kepercayaan,  kesenian dan sistem pengetahuan.

Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan

100 Menit
Penutup
·      Bersama peserta didik menyimpulkan karakteristik dari unsur-unsur budaya, sistem religi/kepercayaan  kesenian dan sistem pengetahuan.
·         Memberikan tugas kelompok mencari artikel suku bangsa yang berkaitan dengan sistem kekerabatan dan organisasi sosial, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·         Melaksanakan post test.

15 menit

Pertemuan Ke-5 :

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Memberi salam dan berdoa.
·      Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
·      Menanyakan kehadiran peserta didik.
·      Merefleksi hasil pretes dan post test pertemuan sebelumnya.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Bertanya dan menagih secara lisan tugas artikel suku bangsa   tentang sistem kekerabatan dan organisasi sosial, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·      Masing-masing kelompok menyerahkan tugas artikel suku bangsa ke guru.
·      Secara acak guru membagikan tugas artikel suku bangsa kepada masing-masing kelompok.

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang sudah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.
·      peserta didikSetiap kelompok membaca artikel suku bangsa yang ditugaskan oleh guru.

Guru menilai keterampilan peserta didik membaca artikel

Menanya
·      Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan artikel suku bangsa dan mengidentifikasikan unsur-unsur budaya peserta didikyang berupa sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.

Mengumpulkan informasi/eksperimen
·      Secara berkelompok peserta didik menganalisis hasil diskusi kelompok mengenai unsur-unsur budaya yang termasuk peserta didik sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.


Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok membimbing/menilai keterampilan mencoba, mengolah data, dan menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasikan/mengolah informasi
·      Masing-masing kelompok menyimpulkan unsur budaya berupa sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa dalam ide konsep berpikirnya.

Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Perwakilan dari masing-masing kelompok menyampaikan hasil analisis artikel suku bangsa tentang unsur budaya berupa sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.

Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan

100 Menit
Penutup
·         Bersama peserta didik menyimpulkan unsur budaya berupa sistem kekerabatan dan organisasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·         Memberikan tugas kelompok yang terdiri dari 3 orang peserta didik untuk mengambil obyek foto tentang  penerapan unsur-unsur budaya dalam kehidupan  masyarakat.
·         Setiap kelompok mendapatkan tema yang berbeda berdasarkan unsur-unsur kebudayaan yang meliputi: sistem religi/kepercayaan, kesenian, sistem pengetahuan, sistem kekerabatan dan organisasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·         Hasil foto ditampilkan melalui media power point pada saat pertemuan berikutnya.

20 menit

Pertemuan Ke-6 :

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·      Memberi salam dan berdoa.
·      Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar.
·      Menanyakan kehadiran peserta didik.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·       Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengalaman ketika mengambil obyek foto di lapangan sebagai penerapan unsur-unsur budaya di masyarakat.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja lapangan dengan menggunakan media power point.
·      Masing-masing kelompok menyimak presentasi hasil kerja lapangan dari kelompok lain.

Guru menilai keterampilan peserta didik menyimak dan mengkomunikasikan secara lisan

Menanya
·      Peserta didik diberi kesempatan mengajukan pertanyaan tentang hasil kerja lapangan yang dipresentasikan oleh kelompok lain.

Mengumpulkan informasi/eksperimen
·      Masing-masing kelompokmengolah informasi dari hasil tanya jawab. 

Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok, keterampilan  mengolah informasi, dan peserta didikberkomunikasi lisan.

Mengasosiasi
·      Masing-masing kelompok menganalisis hasil tanya jawab dan menghubungkannya dengan konsep unsur-unsur budaya.
·      Masing-masing kelompok merumuskan kesimpulan dari hasil analisis.

Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik menganalisis  dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Masing-masing kelompok menyusun laporan tertulis yang terdiri dari foto, deskripsi foto tentang penerapan unsur-unsur budaya di masyarakat, hasil analisis tanya jawab, dan kesimpulan.

Guru menilai kemampuan peserta didik berpikir sistematis, dan  penggunaan tata bahasa yang baik dan benar.
100 Menit
Penutup
·           Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil kerja lapangan dan mengingatkan pentingnya kecermatan, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok.
·         Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya tentang isi atau substansi budaya.

20 menit

I.         Penilaian
·   Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.

·   Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan sikap yang meliputi  kejujuran, disiplin, dan tanggung jawabkritis, objektif dan toleransi.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta dalam diskusi dan isi presentasi.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian.

·   Contoh Instrumen (Terlampir)


J.        Sumber/Referensi
·   Buku Pegangan Kurikulum 2013, Antropologi Jilid 1,Buku Antropologi Penunjang Aktivitas Siswa
· 

...................., ..... Juli 2013
Mengetahui Kepala SMA ....                                       Guru Mata Pelajaran Antropologi




..................................                                              ..................................
NIP.                                                                       NIP.

0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ANTROPOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER 1"

Posting Komentar