RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Paragon
Mata Pelajaran :
Antropologi
Kelas/Semester :
X/1 (Satu)
Materi Pokok :
Unsur-unsur Budaya (Sistem Sosial Budaya)
Alokasi Waktu :
3 x 3 JP
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.2. Menerapkan konsep-konsep dasar dan keterampilan antropologi dalam memahami keberagaman budaya agama, religi/kepercayaan,
tradisi, dan bahasa beserta
unsur-unsurnya yang ada di masyarakat.
4.2. Melakukan pengamatan, kajian literatur, diskusi, dan berperan aktif dalam menyikapi secara positif tentang
berbagai fenomena keragaman budaya,
agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa
beserta unsur-unsurnya.
C.
Indikator
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur budaya,
·
Mendeskripsikan
sistem religi/kepercayaan,
·
Mendeskripsikan
sistem kekerabatan dan organisasi sosial,
·
Mendeskripsikan
sistem mata pencaharian,
·
Mendeskripsikan
sistem peralatan dan teknologi,
·
Mendeskripsikan
bahasa,
·
Mengidentifikasikan kesenian,
·
Mendeskripsikan
sistem pengetahuan,
·
Menemukan
penerapan unsur-unsur budaya yang ada di masyarakat.
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi
peserta didik dapat:
·
Mengidentifikasi unsur-unsur budaya,
·
Mendeskripsikan sistem religi/kepercayaan,
·
Mendeskripsikan sistem kekerabatan dan organisasi
sosial,
·
Mendeskripsikan sistem mata pencaharian,
·
Mendeskripsikan sistem peralatan dan teknologi,
·
Mendeskripsikan bahasa,
·
Mengidentifikasikan kesenian dan,
·
Mendeskripsikan sistem pengetahuan.
Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan
peserta didik dapat:
·
Menemukan penerapan unsur-unsur budaya yang ada di
masyarakat.
E.
Materi Pembelajaran
Fakta
· Berbagai macam hasil
kebudayaan dari suatu suku bangsa, seperti kesenian, upacara keagamaan, sistem
teknologi, sistem mata pencaharian dan lain-lain.
Konsep
· Unsur-unsur kebudayaan,
pengertian dari sistem religi/kepercayaan, sistem kekerabatan dan organisasi
sosial, sistem pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, bahasa, kesenian,
dan sistem pengetahuan.
Prinsip
· Masyarakat sebagai sekumpulan
manusia yang saling bergaul dan berinteraksi antara sesamanya dengan
norma-norma atau nilai-nilai yang berlaku.
· Masyarakat adalah sebuah
sistem yaitu sistem sosial budaya yang didalamnya terdapat komponen-komponen
atau unsur-unsur sosial budaya yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
· Masyarakat sebagai sistem
sosial budaya (cultural universal)
merupakan suatu kesatuan dimana terjadi proses penyesuaian di antara
unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai keselarasan.
F.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan: Saintifik
·
Model Pembelajaran: inquiry, discovery learning
·
Metode: Ceramah, diskusi, penugasan, presentasi
G. Alat/Media/Bahan
· Media : artikel, presentasi power point
· Alat/Bahan : spidol, papan
tulis, kertas karton, penggaris, LCD Proyektor,
gambar, film
· Sumber belajar :
buku pegangan antropologi jilid 1, Buku Antropologi
Penunjang Aktifitas Peserta didik, media massa baik media cetak (koran, majalah,
dll) maupun media elektronik (TV, internet, dll) dan hands out
H.
Langkah
Kegiatan/Skenario Pembelajaran
Pertemuan Ke-4 :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam dan berdoa.
· Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan
kenyamanan untuk belajar.
· Menanyakan kehadiran peserta didik.
· Tanya jawab materi sebelumnya, yaitu tentang
pengertian budaya.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Bertanya dan menagih secara lisan tugas
baca mencari informasi tentang unsur-unsur budaya melalui berbagai sumber
(buku, internet, atau modul).
· Melaksanakan pre test tentang
unsur-unsur budaya.
|
20
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
· Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil,
masing-masing terdiri atas 4 orang.
· Peserta didik
melihat tayangan video tentang kebudayaan di masyarakat.
Guru menilai keterampilan peserta didik dalam
mengamati tayangan video.
Menanya
· Peserta didik mendiskusikan untuk
mengidentifikasikan unsur-unsur budaya yang termasuk sistem religi/
kepercayaan, kesenian, dan sistem
pengetahuan.
Mengumpulkan informasi/eksperimen
· Peserta didik menganalisis hasil diskusi kelompok mengenai
unsur-unsur budaya yang termasuk dalam sistem religi/kepercayaan, kesenian, dan sistem pengetahuan.
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok
membimbing/menilai keterampilan mencoba, mengolah data, dan menilai kemampuan
peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengasosiasi/mengolah
informasi
· Masing-masing kelompok menemukan keterkaitan
antara hasil diskusi dengan literatur
mengenai unsur-unsur budaya
sistem religi/kepercayaan,
kesenian dan sistem pengetahuan.
· Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil
analisis dari diskusi yang sudah dilakukan.
Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik
mengolah data dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
· Perwakilan dari masing-masing kelompok
menyampaikan hasil analisis tentang unsur budaya sistem
religi/kepercayaan, kesenian dan
sistem pengetahuan.
Guru menilai kemampuan peserta didik
berkomunikasi lisan
|
100
Menit
|
Penutup
|
· Bersama peserta didik menyimpulkan
karakteristik dari unsur-unsur budaya, sistem religi/kepercayaan kesenian dan sistem
pengetahuan.
·
Memberikan tugas kelompok mencari artikel suku bangsa
yang berkaitan dengan sistem kekerabatan dan organisasi sosial, sistem mata
pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·
Melaksanakan post test.
|
15
menit
|
Pertemuan Ke-5 :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam dan berdoa.
· Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk
belajar.
· Menanyakan kehadiran peserta didik.
· Merefleksi hasil pretes dan post test pertemuan sebelumnya.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Bertanya dan menagih
secara lisan tugas artikel suku bangsa
tentang sistem kekerabatan dan
organisasi sosial, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi,
dan bahasa.
·
Masing-masing kelompok menyerahkan tugas artikel suku
bangsa ke guru.
· Secara acak guru membagikan
tugas artikel suku bangsa kepada masing-masing kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
· Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang
sudah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.
· peserta didikSetiap kelompok membaca artikel suku bangsa yang
ditugaskan oleh guru.
Guru menilai keterampilan peserta didik membaca
artikel
Menanya
· Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan
artikel suku bangsa dan mengidentifikasikan unsur-unsur budaya peserta didikyang
berupa sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem
peralatan dan teknologi, dan bahasa.
Mengumpulkan informasi/eksperimen
· Secara berkelompok peserta didik menganalisis
hasil diskusi kelompok mengenai unsur-unsur budaya yang termasuk peserta
didik sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem
peralatan dan teknologi, dan
bahasa.
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok
membimbing/menilai keterampilan mencoba, mengolah data, dan menilai kemampuan
peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengasosiasikan/mengolah
informasi
· Masing-masing kelompok menyimpulkan unsur budaya
berupa sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem
peralatan dan teknologi, dan bahasa dalam
ide konsep berpikirnya.
Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik
mengolah data dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
· Perwakilan dari masing-masing kelompok
menyampaikan hasil analisis artikel suku bangsa tentang unsur budaya berupa
sistem kekerabatan dan organsasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan
dan teknologi, dan bahasa.
Guru menilai kemampuan peserta didik
berkomunikasi lisan
|
100
Menit
|
Penutup
|
·
Bersama peserta didik menyimpulkan unsur budaya berupa sistem kekerabatan dan organisasi, sistem mata
pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan bahasa.
·
Memberikan tugas kelompok yang terdiri dari 3 orang peserta
didik untuk mengambil obyek foto tentang
penerapan unsur-unsur budaya dalam kehidupan masyarakat.
·
Setiap kelompok mendapatkan tema yang berbeda
berdasarkan unsur-unsur kebudayaan yang meliputi: sistem religi/kepercayaan, kesenian, sistem pengetahuan, sistem kekerabatan
dan organisasi, sistem mata pencaharian, sistem peralatan dan teknologi, dan
bahasa.
·
Hasil foto ditampilkan melalui media power point pada
saat pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Pertemuan Ke-6 :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Memberi salam dan berdoa.
· Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk
belajar.
· Menanyakan kehadiran peserta didik.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengalaman ketika
mengambil obyek foto di lapangan sebagai penerapan unsur-unsur budaya di
masyarakat.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
· Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
kerja lapangan dengan menggunakan media power point.
· Masing-masing kelompok menyimak presentasi hasil
kerja lapangan dari kelompok lain.
Guru menilai keterampilan peserta didik menyimak dan
mengkomunikasikan secara lisan
Menanya
· Peserta didik diberi kesempatan mengajukan
pertanyaan tentang hasil kerja lapangan yang dipresentasikan oleh kelompok
lain.
Mengumpulkan informasi/eksperimen
· Masing-masing kelompokmengolah informasi dari hasil tanya jawab.
Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok,
keterampilan mengolah informasi, dan peserta
didikberkomunikasi lisan.
Mengasosiasi
· Masing-masing kelompok menganalisis hasil tanya
jawab dan menghubungkannya dengan konsep unsur-unsur budaya.
· Masing-masing kelompok merumuskan kesimpulan dari
hasil analisis.
Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik
menganalisis dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
· Masing-masing kelompok menyusun laporan tertulis
yang terdiri dari foto, deskripsi foto tentang penerapan unsur-unsur budaya
di masyarakat, hasil analisis tanya jawab, dan kesimpulan.
Guru menilai kemampuan peserta didik berpikir
sistematis, dan penggunaan tata bahasa
yang baik dan benar.
|
100
Menit
|
Penutup
|
·
Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil kerja
lapangan dan mengingatkan pentingnya kecermatan, keuletan, dan kejujuran
dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta
pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok.
·
Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya
tentang isi atau substansi budaya.
|
20
menit
|
I.
Penilaian
·
Mekanisme dan
prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes tertulis.
·
Aspek dan
Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan sikap yang meliputi kejujuran, disiplin, dan tanggung
jawabkritis, objektif dan toleransi.
Instrumen kinerja
presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas
peran serta dalam diskusi dan isi presentasi.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian.
·
Contoh Instrumen
(Terlampir)
J.
Sumber/Referensi
·
Buku Pegangan
Kurikulum 2013, Antropologi Jilid 1,Buku Antropologi Penunjang Aktivitas Siswa
...................., ..... Juli 2013
Mengetahui Kepala SMA .... Guru Mata
Pelajaran Antropologi
.................................. ..................................
NIP. NIP.
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ANTROPOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar