RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA ...........
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/Dua
Materi pokok : Larutan elektrolit dan Non
elektrolit
Alokasi Waktu : 1 x 3
JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8
Menganalisis sifat larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Indikator:
1. Menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit
2. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui
percobaan
3. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya
4. Menjelaskan penyebab
kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
5. Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
Indikator:
1. Merancang percobaan untuk menyelidiki
sifat larutan berdasarkan daya
hantar listriknya
2. Melakukan
percobaandaya hantar listrik pada
beberapa larutan.
3. Mengamati
dan mencatat data hasil percobaandaya hantar listrik
pada beberapa larutan.
4. Menganalisis
data hasil percobaan daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit.
5. Menyimpulkan
sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit.
6. Menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion
atau senyawa kovalen polar
7. Mengkomunikasikan hasil percobaan larutan elektrolit dan non
elektrolit
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada
larutan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME.
2. Siswa dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam
diskusi kelompok
3. Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan
melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4. Siswa dapat menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non
elektrolit
5. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan iswnon
elektrolit melalui percobaan
6. Siswa dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non
elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
7. Siswa dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit
menghantarkan arus listrik
8. Siswa dapat mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa
senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
9. Siswa dapat merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
10. Siswa dapat melakukan percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
11. Siswa dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan.daya hantar
listrik pada beberapa larutan.
12. Siswa dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa
ion atau senyawa kovalen polar
13. Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan larutan berdasarkan daya
hantar listrik larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
14. Siswa dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
D. Materi Pembelajaran
·
Fakta
o
Konduktor
o
Isolator
o
Pelarut
o
Terlarut
·
Konsep
o
Larutan
o
Larutan elektrolit
o
Larutan non elektrolit
o
Reaksi
o
ionisasi
·
Prinsip
o
Peran ion dalam
hantaran listrik larutan(teori Arrhenius)
o
Kekuatan elektrolit
o
Prosedur
o
Langkah kerja percobaan daya hantar listrik dalam
larutan
Suatu larutan yang
dapat menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit. Kekuatan
menghantarkan listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan
tersebut. Semakin banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya. Hal
ini disebabkan oleh derajat ionisasi zat yang terlarut.
1.
LARUTAN ELEKTROLIT
KUAT
·
Mempunyai
derajat ionisasi 1 (= 1 )
·
Terion
sempurna
Contoh : HCl(aq), H2SO4(aq),
NaCl(aq), NaOH(aq)
HCl(aq) à
H+(aq) + Cl-(aq)
NaCl(aq) à
Na+(aq) + Cl-(aq)
H2SO4(aq) à2H+(aq) + SO42-(aq)
NaOH(aq)àNa+(aq) + OH-(aq)
2.
LARUTAN ELEKTROLIT
LEMAH
·
Mempunyai
derajat ionisasi ( 0<< 1 )
·
Terion
sebagian
Contoh : CH3COOH(aq),
NH4OH(aq)
CH3COOH(aq) CH3COO-(aq) + H+(aq)
NH4OH(aq) NH4+(aq)
+ OH-(aq)
3.
LARUTAN NON
ELEKTROLIT
·
Mempunyai
derajat ionisasi ( = 0 )
·
Tidak
terion
Contoh
: CO(NH2)2(aq), C12H22O11(aq)
CO(NH2)2(aq)
àCO(NH2)2(aq)
( tidak terion )
C12H22O11(aq)
à C12H22O11(aq)
( tidak terion )
4. JENIS
SENYAWA ELEKTROLIT
No
|
Jenis Senyawa
|
Sifat Senyawa
( elektrolit / non elektrolit )
|
||
Padat
|
Lelehan
|
Larutan
|
||
1.
2.
|
Senyawa ion (NaCl, MgCl2)
Senyawa kovalen polar (HCl, HBr)
|
Non elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Non elektrolit
|
Elektrolit
Elektrolit
|
Pada senyawa ion
yang berwujud lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan
pada wujud padat tidak. Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud
larutanlah yang ionnya dapat bergerak bebas. Jadi sifat elektrolit suatu
senyawa ditentukan oleh ionnya.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Eksperimen
2.
Diskusi
Kelompok
3.
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media.
Bahan Tayang
2.
Alat/Bahan
alat uji elektrolit, gelas kimia, Beberapa sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
3.
Sumber Belajar
§ Michael Purba, Kimia Kelas X SMA /MA , Erlangga
,Jakarta
§ Supplement books:
·
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
·
buku pegangan Kimia jilid
1, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa,
dan hands out
·
Lembar kerja
§ Internet
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
|
|
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
A.
Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2) Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir
kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan larutan asam cuka
3) Guru memotivasi siswa tayangan
video “Nelayan”
4)
Siswa menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
5)
Guru menagih secara lisan tugas baca dan mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
15’
|
Guru menagih secara lisan tugas baca dan tugas mencari artikel tentang larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
B.
Kegiatan Inti Guru
1. Siswa diminta mengkaji literatur
tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.
2. Guru mengajukan
pertanyaan apakah semua larutan dapat menghantarkan arus listrik?
Mengapa ikan di sungai bisa mati tersengat arus listrik? Apa manfaat larutan
elektrolit dalam kehidupan?
3. Siswa diminta merancang percobaan
untuk menyelidiki sifat larutan
berdasarkan daya hantar listrik dan
mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
4. Siswa melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
5. Siswa mengamati dan mencatat data hasil percobaandaya
hantar listrik pada beberapa larutan.
6. Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk
menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit).
7. Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan jenis ikatan
dan menjelaskannya.
8. Siswa menyimpulkan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
9. Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang
daya hantar listrik larutan elektrolit
kuat, larutan elektrolit lemah, dan
larutan nonelektrolit.
|
90’
|
|
C.
Penutup
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentanglarutan elektrolit dan
nonelektrolit
·
Guru meminta siswa mencatat
soal penugasan mengenai larutan
elektrolit dan nonelektrolit
·
Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk
materi berikutnya
|
30’
|
|
|
|
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi Kerja
Kelompok
|
- Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes Tertulis
|
-
Soal Penugasan
-
Soal Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja Presentasi
-
Laporan Praktik
|
-
Kinerja Presentasi
-
Rubrik Penilaian
|
|
Jakarta, .....................
Kepala SMA Negeri ........ Guru Mata Pelajaran
KIMIA
............................ ............................
NIP. ........................ NIP.
........................
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER 2"
Posting Komentar