RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah              :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester :  XII / 2
Standar Kompetensi   :
2.     Mempraktekkan metode penelitian
sosial
Kompetensi Dasar       :  2.
1.Merancang metode penelitian secara sederhana                                                                                                      
Indikator Pencapaian Kompetensi      : 
·        
Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·        
Menentukan topik atau judul penelitian.
·        
Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana.
Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.
Alokasi Waktu       : 
6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
menentukan topik atau judul penelitian
merumuskan masalah penelitian
merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
memilih metode penelitian
 Karakter siswa yang diharapkan 
:  
§ 
Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
 Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif  
:  
§ 
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet. 
B. Materi Pembelajaran
       Penelitian Sosial
C. Metode Pembelajaran
       informasi
       kerja mandiri
      tanya-jawab
      eksplorasi
     diskusi
    ceramah
Strategi Pembelajaran 
| 
Tatap Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·   Merancang
  metode penelitian sosial secara sederhana. | 
·   Secara
  kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian. 
·   Membuat
  latar belakang masalah 
·   Mengidentifikasi
  maslaah  
·   Membuat
  pembatasan masalah | 
·   Siswa
  dapat  Mendeskripsikan proses berpikir
  dan penelitian 
·   Siswa
  dapat  Menentukan topik atau judul
  penelitian. 
·   Siswa
  dapat  Merumuskan rancangan penelitian
  secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih
  metode penelitian | 
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
| 
No. | Kegiatan Pembelajaran | 
Alokasi
  Waktu | 
Keterangan | 
| 
1.  | Pendahuluan
a.     
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
  guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial.  
b.     
  Memotivasi 
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial. 
c.      
  Rambu-rambu
  belajar  
Siswa memperhatikan skema penelitian sosial. |  |  | 
| 
2. | Kegiatan Inti
Eksplorasi 
Dalam kegiatan
  eksplorasi, guru: 
  Siswa
  mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan
  penelitian. (nilai yang ditanamkan:
  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam kegiatan
  elaborasi, guru: 
  Siswa
  mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 106, dan 111. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan
  keadaan sosial masyarakat. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa
  mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak
  menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  membacakan hasil diskusinya di depan kelas.  (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Konfirmasi 
Dalam kegiatan
  konfirmasi, Siswa: 
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); 
  Menjelaskan
  tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
  yang ditanamkan: Cinta
  Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
| 
3.  | Kegiatan Akhir
  Siswa
  dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama
  tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal
  yang penting. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
| Pertemuan 2 | 
| 
No. | Kegiatan Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
Keterangan | 
| 
1. | Pendahuluan
a.   
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
  guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan
  penelitian. 
b.   
  Memotivasi 
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan
  dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan
  syarat-syarat data yang baik..  
c.    
  Rambu-rambu
  belajar  
Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik,
  merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data. |  |  | 
| 
2. | Kegiatan Inti
Eksplorasi 
Dalam kegiatan
  eksplorasi, guru: 
  Siswa
  mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan
  pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam kegiatan
  elaborasi, guru: 
  Siswa
  dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul
  penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan
  memperkirakan data yang akan diperoleh. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu
  diskusi kelas. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 121. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  dan guru membuat rangkuman bersama. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Konfirmasi 
Dalam kegiatan konfirmasi,
  Siswa: 
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); 
  Menjelaskan
  tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
  yang ditanamkan: Cinta
  Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
| 
3. | Kegiatan Akhir
  Siswa
  diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan
  merancang penelitian. (nilai yang
  ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 122-126.  (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
| Pertemuan 3 | 
| 
No. | Kegiatan Pembelajaran | 
Alokasi
  Waktu | 
Keterangan | 
| 
1.  | Pendahuluan
a. 
  Apresepsi 
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
  guru mengumpulkan tugas para siswa. 
b. 
  Memotivasi 
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok. 
c.  
  Rambu-rambu
  belajar  
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan
  blok.  |  |  | 
| 
2. | 
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
Dalam kegiatan
  eksplorasi, guru: 
  Siswa
  mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
Elaborasi 
Dalam kegiatan
  elaborasi, guru: 
  Siswa
  mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
 Konfirmasi 
Dalam kegiatan
  konfirmasi, Siswa: 
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
  yang ditanamkan: Toleransi,
  Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,); 
  Menjelaskan
  tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
  yang ditanamkan: Cinta
  Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
| 
3.  | 
Kegiatan Akhir 
  Siswa
  dan guru membahas 
  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan
  blok. (nilai yang ditanamkan:
  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); 
  Siswa
  diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
  Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.); |  |  | 
  E.     Sumber pembelajaran:
  Buku
Sosiologi SMA kelas 3 ESIS 
halaman 88-126.
  Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
  Media
massa seperti
majalah,
koran, dan buku-buku tambahan. 
  
F.     Media 
  Papan tulis
  Alat-alat tulis
  Lembar soal
  Transparan Konsep
  Power Point
  OHP
 G.    
Penilaian
  Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman
122-126
  Laporan siswa tentang
hasil penelitian sederhana
| 
Mengetahui, 
Kepala
  SMA …………………… 
(_________________________) 
NIP/NIK : .................................... |  | 
………………,…………………20… 
Guru
  mapel Sosiologi 
(_________________________) 
NIP/NIK : .................................... | 
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI PENELITIAN SOSIAL"
Posting Komentar