RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
2. Mempraktekkan metode penelitian
sosial
Kompetensi Dasar : 2.
1.Merancang metode penelitian secara sederhana
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·
Menentukan topik atau judul penelitian.
·
Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana.
Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
menentukan topik atau judul penelitian
merumuskan masalah penelitian
merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
memilih metode penelitian
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
Penelitian Sosial
C. Metode Pembelajaran
informasi
kerja mandiri
tanya-jawab
eksplorasi
diskusi
ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Merancang
metode penelitian sosial secara sederhana.
|
· Secara
kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian.
· Membuat
latar belakang masalah
· Mengidentifikasi
maslaah
· Membuat
pembatasan masalah
|
· Siswa
dapat Mendeskripsikan proses berpikir
dan penelitian
· Siswa
dapat Menentukan topik atau judul
penelitian.
· Siswa
dapat Merumuskan rancangan penelitian
secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih
metode penelitian
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema penelitian sosial.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan
penelitian. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 106, dan 111. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan
keadaan sosial masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa
mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak
menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama
tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal
yang penting. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan 2 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan
penelitian.
b.
Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan
syarat-syarat data yang baik..
c.
Rambu-rambu
belajar
Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik,
merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan
pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul
penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan
memperkirakan data yang akan diperoleh. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu
diskusi kelas. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 121. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan
merancang penelitian. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 122-126. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan 3 |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan
blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membahas
pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan
blok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
Buku
Sosiologi SMA kelas 3 ESIS
halaman 88-126.
Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
Media
massa seperti
majalah,
koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
Papan tulis
Alat-alat tulis
Lembar soal
Transparan Konsep
Power Point
OHP
G.
Penilaian
Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman
122-126
Laporan siswa tentang
hasil penelitian sederhana
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI PENELITIAN SOSIAL"
Posting Komentar