loading...

CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI PENELITIAN SOSIAL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :  XII / 2
Standar Kompetensi   : 2.     Mempraktekkan metode penelitian sosial
Kompetensi Dasar      :  2. 1.Merancang metode penelitian secara sederhana                                                                                                      
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·         Menentukan topik atau judul penelitian.
·         Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian.

Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian.
menentukan topik atau judul penelitian
merumuskan masalah penelitian
merumuskan rancangan penelitian sosial budaya
memilih metode penelitian
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
              

B.     Materi Pembelajaran

       Penelitian Sosial

C.    Metode Pembelajaran

       informasi
       kerja mandiri
      tanya-jawab
      eksplorasi
     diskusi
    ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Merancang metode penelitian sosial secara sederhana.
·   Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian.
·   Membuat latar belakang masalah
·   Mengidentifikasi maslaah
·   Membuat pembatasan masalah
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
·   Siswa dapat  Menentukan topik atau judul penelitian.
·   Siswa dapat  Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode penelitian

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang lembaga sosial.
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran penelitian sosial.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema penelitian sosial.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses berpikir, dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 106, dan 111. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa memberi tanggapan tertulis tentang hubungan karya seorang pengarang dengan keadaan sosial masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok atau dengan kelompok yang lama. Siswa mendiskusikan penelitian seseorang tentang kecenderungan anak-anak menggunakan waktu luangnya untuk bermain playstation. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan atas hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama materi yang sudah dipelajari bersama tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengadakan post test tentang proses berpikir dan rancangan penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);




Pertemuan 2

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan seputar proses berpikir dan rancangan penelitian.
b.    Memotivasi
Siswa menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilik topik atau judul, merumuskan masalah, memilih sampel, dan syarat-syarat data yang baik..
c.     Rambu-rambu belajar
Guru memberi tahu cara menentukan topik yang baik, merumuskan masalah, memilih sampel, dan memilih data.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang menentukan topik, merumuskan pertanyaan masalah, memilih sampel penelitian dan data. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian menentukan topik atau judul penelitian, lalu merumuskan masalah, menentukan sampel penelitian, dan memperkirakan data yang akan diperoleh. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 121. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa diberi tugas untuk membuat penelitian sendiri, merumuskan masalah, dan merancang penelitian. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku halaman 122-126.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.  Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas para siswa.
b.  Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.   Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membahas  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);



  E.     Sumber pembelajaran:
  Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 88-126.
  Pengalaman siswa tentang penelitian sosial
  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

   F.     Media
  Papan tulis
  Alat-alat tulis
  Lembar soal
  Transparan Konsep
  Power Point
  OHP

 G.     Penilaian
  Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok dari halaman 122-126
  Laporan siswa tentang hasil penelitian sederhana


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI PENELITIAN SOSIAL"

Posting Komentar