RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X I / 2
Standar Kompetensi : 2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2.
1. Mendeskripsikan berbagai kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·
Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·
Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·
Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o
menjelaskan pengertian kebudayaan.
o
mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan.
o
mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
o
mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
o Kebudayaan
1. 1. Hakikat Kebudayaan
1. 2. Hubungan Antara Unsur-Unsur
Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika Unsur-Unsur
Kebudayaan
C. Metode Pembelajaran
o
Informasi
o
kerja mandiri
o
eksplorasi
o
Diskusi
o
ceramah
o penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam
masyarakat multikultural
|
· Secara
individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat
tempat tinggalnya.
· Secara
kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan.
· Secara
berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya.
|
· Siswa
dapat Mendeskripsikan pengertian
kebudayaan
· Siswa
dapat Mengidentifikasikan unsur-unsur
kebudayaan.
· Siswa
dapat Mendeskripsikan hubungan antara
unsur-unsur kebudayaan.
· Siswa
dapat Mendeskripsikan dinamika
unsur-unsur kebudayaan.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para
siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan
mempelajari kebudayaan dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan
dipelajari oleh para siswa.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya,
kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman
115.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan.
Siswa
diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang
kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya.
|
|
|
Pertemuan II |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang
kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat
kebudayaan.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan
mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur
kebudayaan.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang
hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam
masyarakat.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur
material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang
berdoa. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan
dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam
buku halaman 128-129. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara
klasikal. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan
tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan
soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
Pertemuan III |
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan
dinamikanya.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan
blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendapatkan soal-soal ulangan.(nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan,
Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
o
Buku
Sosiologi SMA kelas 2 ESIS
halaman 108-134.
o
Unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat.
o Media
massa
seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
o
Papan tulis
o
Alat-alat tulis
o
Lembar soal
o
Transparan Konsep
o
Power Point
o
OHP
G. Penilaian
o
Hasil
pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o
Tugas laporan wawancara siswa.
o
Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 130-134
o
Diskusi
kelompok dalam buku halaman 128-129.
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
o
Kemampuan menyampaikan pendapat.
o
Kemampuan memberikan argumentasi.
o
Kemampuan memberikan kritik.
o
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
o
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
o
Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
o
Pemikiran 6—8 = Cukup
o
Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
o Keberanian tampil
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI KEBUDAYAAN"
Posting Komentar