loading...

CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI KEBUDAYAAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :  X I / 2
Standar Kompetensi   : 2.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar      : 2. 1.   Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam                                  masyarakat multikultural.                                         
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·         Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·         Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 
Alokasi Waktu       :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
o    menjelaskan pengertian kebudayaan.
o    mengidentifikasi unsur-unsur kebudayaan.
o    mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
o    mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
   Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
                   

B.  Materi Pembelajaran

o    Kebudayaan
1. 1. Hakikat Kebudayaan
1. 2. Hubungan Antara Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Masyarakat.
1. 3. Dinamika Unsur-Unsur Kebudayaan

C.  Metode Pembelajaran

o    Informasi
o    kerja mandiri
o    eksplorasi
o    Diskusi
o    ceramah
o    penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural
·   Secara individu menggali informasi tentang kebudayaan yang ada dalam masyarakat tempat tinggalnya.
·   Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri- ciri kebudayaan.
·   Secara berkelompok mendiskusikan kebudayaan di daerahnya.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
·   Siswa dapat  Mengidentifikasikan unsur-unsur kebudayaan.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur kebudayaan.
·   Siswa dapat  Mendeskripsikan dinamika unsur-unsur kebudayaan. 

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan dalam masyarakat.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para siswa.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya, kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan. .(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115.   
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);


3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan.
  Siswa diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya.



Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang berdoa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku halaman 128-129. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134.   (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);




Pertemuan III

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.    Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya.
b.   Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.    Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



E.  Sumber pembelajaran:

o    Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS  halaman  108-134.
o    Unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat.
o    Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

o    Papan tulis
o    Alat-alat tulis
o    Lembar soal
o    Transparan Konsep
o    Power Point
o    OHP

G. Penilaian

o    Hasil pekerjaan siswa berupa laporan atau hasil wawacanra dan pengamatannya.
o    Tugas laporan wawancara siswa.
o    Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman  130-134                       
o    Diskusi kelompok dalam buku halaman 128-129.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
o    Kemampuan menyampaikan pendapat.
o    Kemampuan memberikan argumentasi.
o    Kemampuan memberikan kritik.
o    Kemampuan mengajukan pertanyaan.
o    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
o    Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
o    Aktivitas dalam kelompok                              2—15             = Sangat baik 
o    Tanggung jawab individu                               9—11              = Baik
o    Pemikiran                                                        6—8                = Cukup         
o    Keberanian berpendapat                                 3—5                = Kurang        
o    Keberanian tampil         


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN 1 - 3 MATERI KEBUDAYAAN"

Posting Komentar