Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek
: Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah:
164
Menjelaskan
arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Melakukan
pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
–
Mampu membaca QS
Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
–
Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS
Al-Baqarah; 164.
–
Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat
dalam QS Yunus; 101 dan QS
Al-Baqarah; 164
–
Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah;
164.
–
Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah
: 164
–
Mampu menggali |
kandungan Al Quran tentang pengembangan
IPTEK
–
Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
tentang pengembangan IPTEK
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab,
cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
– Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
– Toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain
– Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
– Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
– Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
– Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
– QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164
E. Metode Pembelajaran:
– Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
– Mampu membaca QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan
baik dan benar.
– Mampu mengidentifikasi
tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
– Mampu mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam
QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
– Mampu mengartikan ayat QS
Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
– Mampu menterjemahkan Q.S.
Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
– Mampu menggali kandungan Al
Quran tentang pengembangan IPTEK
– Menerapkan QS Yunus : 101
dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
–
Membaca Q.S.
Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
–
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah;
164.
–
Mendiskusikan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
–
Mengartikan per-kata
Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
–
Mengartikan per-ayat Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah;
164.
–
Siswa menghafal terjemah Q.S. Yunus : 101 dan Al
Baqarah : 164
|
–
Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah:
164 tentang pengembangan IPTEK
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang
pengembangan IPTEK,
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar tentang IPTEK ?
- Pernahkah
kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang yang berhubungan dengan teknologi ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu dan teknologi
?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah
bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS
Yunus : 101
-
Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru
menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Baqarah : 164
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam QS
Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa membaca arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, dengan berpedoman
kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan
dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164 kepada siswa.
- Setelah
mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Yunus : 101 dan
QS Al Baqarah : 164 berikut artinya
dengan benar.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
QS Yunus :
101 dan QS Al Baqarah : 164 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku
yang utama, yaitu kewajiban menuntut ilmu dan mengembangkanya kearah perbaikan
yang semuanya diperuntukan bagi kemajuan dunia Islam.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 sebagai
penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta
agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Yunus : 101
dan QS Al Baqarah : 164.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
– Tes perbuatan (Performance
Individu)
– Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
– Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
– Buku pelajaran PAI SMA
kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
0 Response to "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar