loading...

CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester      : XII / 2
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        :  Al-Qur’an


A.  Standar Kompetensi
7.         Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.

B.  Kompetensi Dasar
7.1       Membaca  QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164
            Menjelaskan arti  QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164
            Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
  Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
  Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
  Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
  Patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
  Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
  QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164

E.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek

F.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
  Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
  Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
  Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
  Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
  Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
  Membaca  Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
  Mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
  Mendiskusikan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
  Mengartikan per-kata   Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
  Mengartikan per-ayat Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164.
  Siswa menghafal terjemah Q.S. Yunus : 101 dan Al Baqarah : 164
  Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah: 164 tentang  pengembangan IPTEK

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Siswa menyiapkan kitab suci Al Qurán
-      Secara bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK,
-      guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-      Pernahkah kalian mendengar tentang IPTEK ?
-      Pernahkah kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang yang berhubungan dengan teknologi ?
-      Siapakah diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu dan teknologi ?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
-      Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Yunus : 101 
-        Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Baqarah : 164
-      Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum bacaan yang terdapat dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.

Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa membaca arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru. 
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 kepada siswa.
-      Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164   berikut artinya dengan benar.
-      Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Konfirmasi
-      Dalam QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, yaitu kewajiban menuntut ilmu dan mengembangkanya kearah perbaikan yang semuanya diperuntukan bagi kemajuan dunia Islam.

c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 sebagai penutup materi pembelajaran.
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

H.  Penilaian
  Tes perbuatan (Performance Individu)
  Tes tertulis

I.    Bahan/Sumber Belajar
  Al Quran dan terjemahan Departemen Agama RI
  Buku pelajaran PAI SMA kelas 3


                                                                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

0 Response to "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA"

Posting Komentar