Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XII
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek
: Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami
ayat-ayat al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah:
164
Menjelaskan
arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
Melakukan
pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu membaca QS
Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS
Al-Baqarah; 164.
Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat
dalam QS Yunus; 101 dan QS
Al-Baqarah; 164
Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah;
164.
Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah
: 164
Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan
IPTEK
Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
tentang pengembangan IPTEK
|
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab,
cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja
keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu membaca QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan
baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi
tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
Mampu mengartikan
masing-masing kata yang terdapat dalam
QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
Mampu mengartikan ayat QS
Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
Mampu menterjemahkan Q.S.
Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164
Mampu menggali kandungan Al
Quran tentang pengembangan IPTEK
Menerapkan QS Yunus : 101
dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca Q.S.
Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah;
164.
Mendiskusikan Al-Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
Mengartikan per-kata
Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah; 164
Mengartikan per-ayat Q.S. Yunus; 101 dan Al-Baqarah;
164.
Siswa menghafal terjemah Q.S. Yunus : 101 dan Al
Baqarah : 164
|
Menerapkan Al-Qur’an surat Yunus: 101 dan Al Baqarah:
164 tentang pengembangan IPTEK
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi pembelajaran Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang
pengembangan IPTEK,
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar tentang IPTEK ?
- Pernahkah
kalian membaca ayat-ayat al-Qur’an tentang yang berhubungan dengan teknologi ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah hafal ayat-ayat al-Qur’an tentang ilmu dan teknologi
?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah
bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS
Yunus : 101
-
Setelah para siswa selesai membaca secara klasikal, guru
menunjuk beberapa siswa untuk membaca QS Al Baqarah : 164
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam QS
Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa membaca arti QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164, dengan berpedoman
kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan
dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Yunus : 101 dan QS Al
Baqarah : 164 kepada siswa.
- Setelah
mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa agar menyalin QS Yunus : 101 dan
QS Al Baqarah : 164 berikut artinya
dengan benar.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
QS Yunus :
101 dan QS Al Baqarah : 164 banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku
yang utama, yaitu kewajiban menuntut ilmu dan mengembangkanya kearah perbaikan
yang semuanya diperuntukan bagi kemajuan dunia Islam.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 sebagai
penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta
agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Yunus : 101
dan QS Al Baqarah : 164.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas 3
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
0 Response to "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XII SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar