Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA .............................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI
/ 2
Waktu : 6 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Membaca QS Ali Imran:
159 dan QS Asy Syura: 38
7.2 Menyebutkan arti QS Ali
Imran 159: dan QS Asy Syura: 38
7.3 Menampilkan perilaku hidup
demokratis seperti terkandung dalam QS Ali Imran;159, dan QS Asy Syura: 38
dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu membaca Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38
dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan
Asy-Syura : 38.
Mampu menyebutkan arti Q.S. Ali Imran; 159 dan
Asy-Syura; 38.
Mampu menyimpulkan isi
kandungan Q.S. Ali Imran; 159
dan Asy-Syura: 38
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis
sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang
terkandung dalam QS Ali Imran;159.
Mampu menunjukkan perilaku yang demokratis seperti yang
terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
Mampu menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam
kehidupan bermasyarakat.
|
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab,
cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada
aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras,
dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
Patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya.
Toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan
(punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
QS Ali Imran : 159
QS Asy-Syura : 38
E. Metode Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan
Praktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan mampu untuk :
Mampu
membaca Q.S.
Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38 dengan baik dan benar.
Mampu mengidentifikasi
tajwid Q.S. Ali Imran : 159 dan Asy-Syura : 38.
Mampu menyebutkan arti Q.S.
Ali Imran; 159 dan Asy-Syura; 38.
Mampu menyimpulkan isi kandungan
Q.S. Ali Imran; 159 dan Asy-Syura: 38
Mampu mengidentifikasi
ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38.
Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS Ali Imran;159.
Mampu menunjukkan perilaku
yang demokratis seperti yang terkandung dalam Q.S. Asyura; 38.
Mampu menunjukkan manfaat
perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Membaca Al-Qur’an surat
Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
Mengidentifikasi tajwid Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,
As-Shad; 27
Mendiskusikan terjemah Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,
As-Shad; 27
|
Mengartikan per-kata Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42,
Al-A’raf;56-58, As-Shad; 27
Mengartikan per-ayat Al-Qur’an surat Ar-Rum;41-42, Al-A’raf;56-58,
As-Shad; 27
|
Siswa membiasakan perilaku menjaga keslestarian
lingkuingan hidup
Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
Menunjukkan perilaku yang menunjukkan menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa
memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa
menyiapkan kitab suci Al Qurán
- Secara
bersama membaca Al Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru
dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang
materi pembelajaran QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
- guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
- Pernahkah
kalian mendengar orang lain membaca surat tersebut diatas ?
- Pernahkah
kalian membaca surat tersebut diatas ?
- Siapakah
diantara kalian yang sudah hafal QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38?
- Guru
menunjuk seorang siswa yang sudah fasih membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38, untuk memimpin teman-temannya membaca bersama-sama di bawah
bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Ali
Imran: 159
- Setelah
para siswa selesai membaca secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk
membaca QS Asy
- Syura: 38
-
Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan hukum
bacaan yang terdapat dalam QS
Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
Eksplorasi
- Selanjutnya
siswa membaca arti QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 dengan berpedoman
kepada Al Qur’an dan terjemahannya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan
dari guru.
- Selanjutnya,
guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38 kepada siswa.
-
Setelah mengartikan ayat demi ayat, guru meminta siswa
agar menyalin
QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38
berikut artinya dengan benar.
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu
berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi
berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu
maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan
mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka
bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang
bertawakal kepada-Nya”.
Asy - Syura: 38
“Lalu dikumpulkanlah
ahli-ahli sihir pada waktu yang ditetapkan di hari yang maklum,”
- Guru menjelaskan
kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam QS Ali Imran: 159 dan Asy -
Syura: 38.
- Guru
menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku yang demokratis
sebagaimana yang terkandung dalam isi QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38
secara berkelompok.
- Siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
Dalam
QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38
banyak mengandung nilai-nilai sikap dan perilaku yang utama, seperti perilaku demokratis yang selalu mengutamakan kepentingan umum
dibanding dengan kepentingan pribadi dan selalu mengambil keputusan secara
bersama dan tidak diktator dalam hal
mengambil keputusan . Jika
direnungkan, betapa tingginya nilai demokratis yang selalu dilakukan dengan
kebersamaan.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para
siswa sekali lagi membaca QS Ali Imran: 159 dan Asy - Syura: 38 sebagai penutup
materi pembelajaran.
- Guru
meminta agar para siswa rajin mempelajari arti dan hikmah isi kandungan QS Ali
Imran: 159 dan Asy - Syura: 38.
- Guru
menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
H. Penilaian
Tes perbuatan (Performance
Individu)
Tes tertulis
I. Bahan/Sumber Belajar
Al Quran dan terjemahan
Departemen Agama RI
Buku pelajaran PAI SMA
kelas 2
J. Lembar Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bacalah penggalan ayat yang mengandung arti dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu.
|
وَشَاوِرْهُمْ فِي
الأمْرِ
|
2.
|
فَجُمِعَ
السَّحَرَةُ
Arti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Lalu dikumpulkanlah ahli-ahli sihir
|
3.
|
Hukum bacaan
“nun mati” bertemu dengan “lam” adalah…….
|
Idgham Bilaghunnah
|
II. Tes Perbuatan
No.
|
Nama Siswa
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Masdar
|
|||||
2.
2
|
Haykal
|
|||||
3.
3
|
Handoyo
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes Perbuatan :
1.
= Membaca lancar dan baik =
80 – 90 = A
2.
= Membaca lancar kurang baik = 70 – 79 = B
3.
= Membaca Terbata-bata =
60 – 69 = C
4.
= Membaca Terbata-bata dengan bantuan guru = 50 – 59 = D
5.
= Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
III. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Kepentingan golongan adalah diatas kepentingan pribadi
|
||||
2.
|
Falsafah demokrasi adalah dari kita untuk kita dan
kembali kekita
|
||||
3.
|
Sebelum dunia
mengenal demokrasi, Islamlah pertama kali mengajarkan demokrasi
|
||||
dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan
: Skor
Tes Sikap:
SS = Sangat Setuju = 50
S = Setuju = 40
TS = Tidak Setuju = 10
STS = Sangat Tidak Setuju = 0
IV. Portofolio
Tes
pengalaman dilakukan dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat
pengalaman agama berdasarkan antara lain:
- apa yang dilihat;
-
laporan rekan guru dan pegawai lainnya; dan
- laporan
dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
.............. , ...............................
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
0 Response to "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS XI SEMESTER 2 PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar