loading...

CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS XII PROGRAM BAHASA SEMESTER 2 PERTEMUAN 1-10



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah           : SMA/MA ....
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : XII Program Bahasa/2
Pertemuan Ke-          : 1-10
Alokasi Waktu           : 20 × 45'
Standar Kompetensi : 3.       Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar     : 3.1.    Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret
aritmetika dan geometri.
Indikator                    :  Menjelaskan arti barisan dan deret.
• Menemukan rumus barisan dan deret aritmetika.
• Menemukan rumus barisan dan deret geometri.
• Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika
   dan deret geometri.

I. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat memahami pola dan barisan bilangan.
  • Siswa dapat merumuskan definisi barisan dan notasinya.
  • Siswa dapat merumuskan barisan aritmetika.
  • Siswa dapat menghitung suku ke-n barisan aritmetika.
  • Siswa dapat merumuskan barisan geometri.
  • Siswa dapat menghitung suku ke-n barisan geometri.
  • Siswa dapat menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
  • Siswa dapat memahami sisipan dari barisan aritmetika dan geometri.
  • Siswa dapat memahami deret geometri tak hingga.

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

II. Materi Ajar
• Barisan bilangan
• Barisan dan deret aritmetika
• Barisan dan deret geometri
• Sisipan dari barisan aritmetika dan geometri

III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi kelompok, ceramah, dan tugas individu

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan arti barisan dan deret.
·        Menemukan rumus barisan dan deret aritmetika.
·        Siswa dapat Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika    dan deret geometri.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi prasyarat yang harus
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • dikuasai siswa sebelum membahas barisan dan deret suatu bilangan.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru memberi penjelasan pada siswa dengan cara ceramah dan tanya jawab secara lisan tentang pola dan barisan bilangan serta mendefinisikan suatu barisan dan notasinya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memancing siswa dengan berbagai pertanyaan yang menarik agar siswa mau bersikap aktif menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku, kemudian secara bersama-sama membahasnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang pekerjaan siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-2 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi prasyarat yang harus dikuasai
  • siswa sebelum ke barisan dan deret bilangan.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • dikuasai siswa sebelum membahas barisan dan deret suatu bilangan.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Siswa diminta mengerjakan latihan Soal Kompetensi 1 yang berkaitan dengan konsep yang baru dipelajari. Kemudian, bersama-sama dengan guru, siswa membahas jawaban soal-soal itu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang pekerjaan siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-3 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengingatkan kepada siswa tentang konsep barisan dan deret bilangan.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • siswa terhadap materi yang bersangkutan.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru mengadakan ulangan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberterimaan
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Guru memberi komentar sekilas tentang penilaian hasil pekerjaan siswa.

Pertemuan Ke-4 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa diminta berdiskusi merumuskan barisan aritmetika dan menghitung suku ke-n barisan aritmetika dengan berbagai variasi soalnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru mengamati cara siswa berdiskusi dan memberi penilaian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-5 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
  • dengan cara mengadakan kuis kecil.
b. Kegiatan Inti
  • Siswa diminta mengerjakan latihan Soal Kompetensi 2. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru dan siswa membahas latihan yang baru saja dikerjakan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil latihan siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-6 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengadakan kuis kecil.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru mengadakan tes dengan soal-soal disesuaikan dengan materi barisan aritmetika. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi penilaian terhadap kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil tes siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-7 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengadakan kuis kecil.
  • Guru dan siswa secara bersama-sama membahas kuis yang telah dilakukan
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa diminta berdiskusi tentang cara menghitung jumlah n suku pertama deret aritmetika. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru mengamati cara siswa berdiskusi dan memberi penilaian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-8 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengadakan kuis kecil. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Guru dan siswa secara bersama-sama membahas kuis yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa diminta berdiskusi tentang cara menghitung jumlah n suku pertama deret geometri. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru mengamati cara siswa berdiskusi dan memberi penilaian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-9 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara mengadakan kuis kecil.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Guru dan siswa secara bersama-sama membahas kuis yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa diminta berdiskusi tentang cara menghitung jumlah deret geometri tak hingga. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru mengamati cara siswa berdiskusi dan memberi penilaian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-10 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya
  • dengan cara mengadakan kuis kecil.
  • Guru dan siswa secara bersama-sama membahas kuis yang telah dilakukan.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Guru dan siswa secara bersama-sama membahas kuis yang telah dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
  • Guru memberikan penilaian kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap materi yang diberikan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
  • Guru memberi komentar dan menunjukkan sekilas jawaban yang benar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  • kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Perspektif Matematika SMA 3 Program IPS dan Bahasa (Rosihan
Ari Y.-Indriyastuti; PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri).

VI. Penilaian
Jenis Tagihan : Tugas kelompok (hasil diskusi)
Tugas individu (hasil latihan dan kuis)
Instrumen : Format lembar pengamatan/penilaian
Soal:
Soal latihan dapat diambil dari Soal Kompetensi 1 halaman 135.
1.      Diketahui barisan bilangan –5, 1, 7, 13, .......... Tentukan suku ke-20 barisan tersebut.
2.      Diketahui barisan 1, 4, 16, 64,........... Tentukan suku ke-7 barisan tersebut.
3.      Tentukan suku pertama jika diketahui jumlah deret geometri tak hingga adalah 75 dan rasionya 0,5.

........................, ...............
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Matematika


(________________)                                                                          (________________)
NIP/NIK.                                                                                           NIP/NIK.

0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS XII PROGRAM BAHASA SEMESTER 2 PERTEMUAN 1-10"

Posting Komentar