BAB
I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah
Media
merupakan alat yang mudah untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjan,karena
setiap orang ingin semua pekerjaannya dapat diselesaikan dengan mudah,cepat dan
sempurna.
Sebelum
menjelaskan masalah ICT, alangkah baiknya kita tahu apa itu media. Media
berasal dari Latin dan merupakan jamak dari kata “Medium” yang berarti
“pengantar atau pelantara”.
Kit
lay bourne mengatakan bahwa di dalam mencari sebuah permasalahan yang jalan
keluarnya ingin dibantu dipecahkan oleh media,para pengguna media tidak harus
membawa semua cerita berita,tetapi hanya cukup membawa satu berita saja. Dari
ungkapan tersebut kita dapat menghubungkannya dengan cara pembelajaran yang
masih menggunakan komunikasi dimana siswa yang belajarnya masih mengguaan
komunikasi didalam penyampaiannya masih ada yang menyimpang dalam segi pemahamnnya.
Masalahnya siswa yang belajarnya secara komunikasi terlalu banyak menerima ilmu
yang verbalisme,sehingga anak terkadang pusing dalam penerimaannya karena tidak
semua siswa siap menerima ilmu yang banyak,beda dengan belajar menggunakam
media yang fleksible dan singkat sehingga memudahkan siswa untuk menerima dan
memudahkan pemahamannya.
Media
yang secara harfiahnya dapat di fungsikan sebagai sumber belajar yang
didalamnya terdapat benda,ataupun segala sesuatu yang memungkinkan anak didik
menerima pengetahuan yang berguna bagi pembelajaran anak didik,khususnya media
pembelajaran yang menggunakan ict yang khususnya anak ingin lebih maju dan
mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam belajar yang dapat memuaskan
mengembangkan potensi belajar dalam dirinya dan kehidupannya,misalnya dapat
diambil dari contoh “menggunakan power point saat presentasi” . itu adalah
salah satu contoh perkembangan anak didik dalam proses pemuasan belajrnya.
Arief S. Sadiman mengatakan bahwa media adalah alat
fisik yang menyajikan pesan dan benda yang dapat merangsak anak untuk
belajar,karena media dapat mencari apaun yang anak-anak butuhkan di katakan
seperti itu karena seorang anak yang masih haus akan ilmu dia pasti akan
mencari hal-hal yang baru dan ingin segala tahu.
Menurut Soeparno ( 1987:8 )
menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar mengajar,
yakni :
a. ada berbagai
macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar
mengajar,
b. ada media
yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu
c. ada
perbedaan karakteristik setiap media
d. ada
perbedaan pemakai media tersebut
e. ada
perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Komputer
sebagai media pembelajaran
Aplikasi komputer memungkinkan anak
untuk belajar secara individual dan pemakai komputer dapat berinteraksi
langsung dengan sumber informasi yang mana orang yang berinteraksi langsung
dengan komputer dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.
Berbagai bentuk interaksi tersebut telah di sediakan dengan adanya medium
komputer,dan medium komputer ini sudah banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan
jarak jauh yang ada di beberapa negara di luar.
Selain sumber pembelajaran,komputer
juga mempunya kelebihan,salah satu kelebihan yang adadalam komputer yaitu dapat
menguntungkan anak didik dal proses belajar,memungkinkan nak didik mencari
pengetahuan sesuai dengan kecepatan anak memahami pelajaran,dan anak dapat
mengontrol terhadap aktivitas belajarnya.
Kelebihan komputer yang lainnya yang
dapat membantu siswa belajar yaitu dapat menyanyakan kembali informasi belajar
yang tertinggal yang d berikan oleh belajar dengan menggunakan kembali,
komputer juga dapat membantu anak didik dalam pemahaman pengetahuan yang
lambat,dan dapat memacu anak didik yang berpengetahuan cepat. Selain membantu
dalam prosen belajar kom[uter juga di rancang untuk memberikan saran kepada
anak didik yang ingin belajar pelajran tertentu.
Tentunya dari kelebihan pasti ada
kekurangan,komputer tidak hanya dirancang untuk membantu siswa dalam
belajar,tetapi dari keuntungan belajar yang di hasilkan ada kekurangan
tersendiri dari komputer tersebut,salah satu kekurangan beljar menggunakan
kompouter adalah tingginya pengadaan dan pengembangan program komputer,perawatan
komputer yang didalamnya mencakup perangkat keras (hardware),dan perangkat
lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Selain itu merancang dan
memproduksi program komputer untuk pembelajaran itu tidak mudah,karena itu
merupakan pekerjaan yang intensif yang memerlukan waktu yang banyak dan
keahlian yang khusus.
B.
Penggunaan jaringan komputer untuk pembelajaran
Teknologi jaringan komputer/internet
memberikan keuntungan kepada kita selaku pemakai internet untuk bisa berkomunikasi
langsung dengan orang lain yang sudah kita kenal,maupun yang akan kita kenal.
Hal tersebut bisa kita lakukan di warnet yang sudah tersambung dengan
internetnya atau pun dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan
modem.
Selain bisa berkomunikasi secara
langsung dengan teman atau keluarga,dalam hal segi pemdidikan internet juga
bisa dilakukan intuk proses pembelajaran,dimana seorang guru dapat memebrikan
pengethuan atau ilmu nya lewat internet,dan siswa nya pun dapat berinteraksi
langsung dengan gurunya lewat internet juga, jadi misalkan meskip[un guru itu
ijin tidak bisa masuk bukan berarti guru tersebut tidak bisa memberikan
pembelajran tetapi pe,belajarn itu dapat di ubah berinteraksi melalui internet
bukan secara langsung atau juga bisa melalui email.
C. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Kreativitas
Siswa
Media pembelajaran ICT sangat erat
kaitannya dengan kreatifitas karena dengan kreatifitasnya si anak didik,mereka
merancang sendiri model tampilan yang mereka inginkan,karena kreatifitas
merupakan kemampuan anak dalam mengaktualkan dirinya dalam pergaulan maupun
dalam pembelajaran di sekolahnya. Adapun
ciri-ciri anak yang mempunyai kreativitas tinggi menurut Asep H. Hermawan (
1997 : 50 ) :
- selalu ingin mengetahui sesuatu yang benar
- selalu ingin mengubah sesuatu yang telah ada
- mencoba hal-hal yang baru
BAB III
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi dan informasi dalam era
globalisasi membawa pengaruh perubahan yang signifikan dalam membentuk watak
dan kepribadian seseorang, baik pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh yang
positif tentu membawa manfaat bagi kemaslahatan umat, namun tidak semuanya
membawa pengaruh positif akan tetapi akibat negatif sering kali muncul dan
mempengaruhi akhaq generasi muda. Dunia pendidikan mempunyai tantangan yang
sangat berat karena dituntut untuk dapat melahirkan manusia-manusia yang tidak
hanya mampu menguasai tekhnologi dan informasi agar dapat bersaing di dunia
internasional akan tetapi juga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, berbudi pekerti yang luhur sebagaimana tercantum
dalam Undang-undang Sistim Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.
0 Response to "CONTOH MAKALAH PENDIDIKAN TENTANG "MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT""
Posting Komentar