RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .......................
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / Semester II
Mata Pelajaran :
FISIKA
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi
3. Menerapkan
prinsip kerja alat-alat optik.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan
kuantitatif.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teleskop.
- Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
- Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teleskop.
- Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi.
- Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teleskop.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian cermin.
2. Menjelaskan
cara menentukan bayangan benda pada cermin datar.
3. Menyebutkan
sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar.
4. Menyebutkan
sifat pemantulan oleh cermin cekung.
5. Melukiskan
bayangan yang terbentuk oleh cermin cekung.
6. Menjelaskan
hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada cermin.
7. Menjelaskan
pengertian perbesaran linear.
8. Menjelaskan
efek posisi benda pada sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung.
9. Menyebutkan
sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung.
10. Membedakan
karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung.
11. Menjelaskan
pengertian lensa.
12. Membedakan
lensa cembung dan lensa cekung.
13. Menyebutkan
arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung.
14. Menjelaskan
hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada lensa.
15. Menentukan
perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lensa.
16. Menjelaskan
efek posisi benda terhadap bayangan yang dibentuk lensa cembung.
17. Menyebutkan
arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung.
18. Membedakan
karakteristik bayangan yang dihasilkan lensa cembung dan cekung.
19. Menjelaskan
pengertian daya lensa.
20. Menjelaskan
hubungan antara kelengkungan dan jarak fokus lensa.
21. Menjelaskan
pengertian alat optik.
22. Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mata.
23. Menjelaskan
pengertian daya akomodasi.
24. Membedakan
pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
25. Membedakan
mata normal, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), dan mata tua
(presbiopi).
26. Menentukan
jangkauan daya akomodasi mata.
27. Menjelaskan
pembentukan bayangan pada kamera.
28. Menjelaskan
pembentukan bayangan pada kaca pembesar (lup).
29. Menjelaskan
pembentukan bayangan pada mikroskop.
30. Menjelaskan
pembentukan bayangan pada teleskop.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja
keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Pembentukan
Bayangan
C. Metode Pembelajaran
1. Model :
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : -
Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup,
mikroskop, dan teleskop.
|
·
Melukis jalannya sinar pada pembentukan bayangan
alat-alat optik.
|
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi fungsi dan bagian alat optik pada mata dan kacamata,
kamera, mikroskop, dan teleskop.
|
-
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
1. Sebutkan sifat
bayangan yang dibentuk cermin datar.
2. Bagaimana
menentukan perbesaran linear pada cermin cekung?
l
Prasyarat pengetahuan:
1. Bagaimana
menentukan bayangan benda pada cermin datar?
2. Apakah yang
dimaksud dengan perbesaran linear?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian cermin. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan cara menentukan bayangan
benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
sifat-sifat bayangan yang dibentuk cermin datar. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
jarak bayangan benda pada cermin datar yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya oleh cermin cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan sifat pemantulan oleh cermin cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara melukis bayangan yang terbentuk
oleh cermin cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada
cermin yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perbesaran linear.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran bayangan pada cermin cekung yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai efek posisi benda pada sifat bayangan yang dihasilkan
cermin cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pemantulan cahaya pada cermin
cembung. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
sifat pemantulan sinar-sinar utama pada cermin cembung.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
karakteristik bayangan yang dihasilkan cermin cekung dan cembung.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
·
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
perbesaran bayangan pada cermin cembung yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru memberikan beberapa soal menentukan perbesaran
bayangan pada cermin cekung dan cermin cembung untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
·
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
-
Bagaimana sifat bayangan yang dihasilkan oleh lensa
cembung?
-
Bagaimana cara melukis bayangan yang dihasilkan oleh
lensa cekung?
l
Prasyarat pengetahuan:
l Bagaimana efek
posisi benda terhadap bayangan yang dibentuk lensa cembung?
l Sebutkan arah
pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian lensa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk
menjelaskan perbedaan lensa cembung dan lensa cekung. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cembung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan hubungan antara jarak benda dan jarak bayangan pada lensa yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran
bayangan yang dihasilkan oleh lensa cembung yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai efek posisi benda terhadap bayangan yang
dibentuk lensa cembung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pembiasan cahaya pada lensa cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk
menyebutkan arah pembiasan sinar-sinar utama pada lensa cekung. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan karakteristik bayangan yang dihasilkan lensa cembung dan lensa cekung.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan perbesaran
bayangan pada lensa cekung yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal menentukan perbesaran bayangan pada lensa cembung dan lensa
cekung untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian daya lensa.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara kelengkungan dan jarak
fokus lensa. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan jarak fokus
dan daya lensa yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN
KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
l
Motivasi dan Apersepsi:
l Mengapa
jatuhnya bayangan bisa di depan atau di belakang retina?
l Bagaimana cara
menolong penderita rabun jauh (miopi)?
l
Prasyarat pengetahuan:
-
Bagaimana proses pembentukan bayangan benda pada retina?
-
Apakah yang dimaksud dengan rabun jauh (miopi)?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian alat optik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan penjelasan
guru mengenai fungsi bagian-bagian mata sebagai
alat optik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan proses pembentukan bayangan benda
pada retina yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan
pengertian daya akomodasi mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan perbedaan pengamatan tanpa
akomodasi dan akomodasi maksimum. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan mata normal, rabun jauh (miopi), rabun dekat
(hipermetropi), dan mata tua (presbiopi). (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jangkauan daya
akomodasi mata. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Peserta didik memperhatikan penjelasan guru untuk mendapatkan perumusan
daya akomodasi mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan daya
akomodasi mata yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l Guru
memberikan beberapa soal menentukan daya akomodasi mata untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi dan
Apersepsi:
-
Bagaimana cara menghindari aberasi kromatik pada
kamera?
-
Bagaimana cara menghitung perbesaran bayangan yang
dihasilkan kaca pembesar (lup) ?
l Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang
dimaksud dengan aberasi kromatik?
- Bagaimana
prinsip kerja kaca pembesar (lup) ?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pembentukan
bayangan pada alat-alat optik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
membagi tugas kelompok: (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l 2 kelompok
diberi tugas untuk menjelaskan pembentukan bayangan pada kaca mata.
l 2 kelompok
diberi tugas untuk menjelaskan pembentukan bayangan pada kamera.
l 2 kelompok
diberi tugas untuk menjelaskan pembentukan bayangan pada kaca
pembesar (lup).
l 2 kelompok
diberi tugas untuk menjelaskan pembentukan bayangan pada mikroskop.
l 2 kelompok
diberi tugas untuk menjelaskan pembentukan bayangan pada teleskop.
l Tugas
kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk menuliskannya dalam bentuk karya tulis.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
l
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
l
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1B (Esis)
halaman 1-60
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l Tes PG
l Tes isian
l Tes uraian
l Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Seorang siswa
ingin melihat benda-benda yang sangat jauh. Apabila siswa tersebut hanya dapat
melihat benda paling jauh 200 cm, maka ia harus menggunakan kacamata dengan
kekuatan ....
A. +1,0 D D.-1,0
D
B. +0,5 D E.
-1,5 D
C. -0,5 D
- Contoh tes isian
Proses
pengaturan ketebalan lensa untuk menghasilkan bayangan pada retina disebut ....
-
Contoh tes uraian
Berapakah
perbesaran sebuah teleskop yang memiliki lensa obyektif dengan panjang fokus 75
cm dan lensa okuler dengan panjang fokus 4 cm.
-
Contoh tugas rumah
Buatlah artikel mengenai fungsi bagian-bagian alat
optik (kacamata, mikroskop, dan teleskop).
...............,...................
Mengetahui
Kepala
SMA /MA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X SEMESTER 2"
Posting Komentar