RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA ………………………….
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : X/2
Materi pokok : Keseimbangan Lingkungan
Alokasi Waktu : 1x 3 JP
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi
Dasar
1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan
mengamati bioproses.
1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
3.10.
Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan
tersebut bagi kehidupan.
Indikator :
1.
mengidentifikasi
kerusakan lingkungan
2.
menjelaskan
pencemaran lingkungan di lingkungan sekitar
3.
melaksanakan percobaan pengaruh pencemaran air terhadap kelangsungan hidup
organisme air
4.10.
Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat desain produk daur ulang limbah
dan upaya pelestarian lingkungan.
Indikator :
1. Mendeskripsikan pelestarian lingkungan
2. Membuat usulan pelestarian lingkungan
3. Menentukan jenis-jenis limbah
4. Melakukan proses daur ulang
limbah
5. Menentukan
sampah/limbah yang akan dibuat produk daur ulang
6. Merancang
produk daur limbah yang mempunyai nilai
jual
7. Membuat
produk daur ulang yang bernilai jual
8.
Mengkomunikasikan hasil produk yang telah dibuat
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses mengamatii, menanya, berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan siswa :
1.
dapat
mengidentifikasi kerusakan lingkungan di indonesia
2.
dapat
mmenjelaskan
indicator pencemaran
lingkungan
3.
dapat
mmelaksanakan percobaan pengaruh pencemaran air terhadap kelangsungan hidup
organisme air
4.
mendeskripsikan pelestarian lingkungan
5.
membuat usulan pelestarian lingkungan
6.
menentukan
jenis-jenis limbah
7.
melakukan
proses daur ulang limbah
8.
menentukan sampah/limbah yang akan dibuat produk
daur ulang
9.
merancang produk daur limbah yang mempunyai nilai jual
10. membuat
produk daur ulang yang bernilai jual
11. mengkomunikasikan
hasil produk yang telah dibuat
12. Mampu mengembangkan kedisiplinan, kejujuran, kerja sama, kepedulian dan
tanggungjawab
13. Mampu menghargai kebesaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Materi
Ajar
1)
Materi Fakta
- Berbagai gambar/Foto/Film berbagai contoh kerusakan lingkungan
2) Materi Konsep
· Pengertian Lingkungan dan komponen penyusunlingkungan
· Keseimbangan Lingkungan
· Perubahan
Keseimbangan dan Faktor Penyebab terjadinya Perubahan Lingkungan
· Pencemaran :
Pengertian, Macam, Penyebab dan Dampak
· Pelestarian dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
3) Materi Prinsip
·
Pencemaran
lingkungan adalah. masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen
lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang
telah ditetapkan.
·
Limbah bahan berbahaya dan beracun, yang
selanjutnya disebut Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan beracun), adalah sisa suatu
usaha dan/atau kegiatan yang mengandung B3.
·
Pencemaran dapat menyebabkan
kerusakan lingkungan
4) Prosedur/deskripsi materi
·
Langkah-langkah
eksperimen pengaruh pencemaran terhadap kelangsungan hidup organisme
Metode
Pembelajaran
·
Eskperimen
·
Diskusi
·
Penugasan
Media,
Alat dan Sumber Belajar
·
Media
o LKS
o Power Point
o Gambar/Foto/Film
tentang Kerusakan Lingkungan
·
Alat/Bahan
·
LCD
·
Sumber
Belajar
o Sumarwoto O, 1991,
Ekologi dan Lingkungan Hidup, Penerbit Jembatan
o Brown LR, 1990, Masa
Depan Bumi, Gajah Mada University Press
o D.A Pratiwi Dkk,
Tahun…., Biologi 1 SMA, Erlangga
o Syamsuri I Dkk, Tahun…. Biologi jilid 1 SMA, Erlangga
o Nama…… Tahun…
Biologi 1 SMA, Intan Pariwara
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
A.
Pendahuluan ( 20
menit )
·
Memberikan
salam dan berdoa
·
Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·
Apersepsi
·
Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·
Pretest
B.
Kegiatan Inti ( 100
menit )
Mengamati
·
Guru
menayangkan berbagai fakta tentang kerusakan lingkungan sekitar dalam bentuk
gambar/foto/film.
·
Siswa
secara individu mencermati berbagai fakta yang ditemukan di dalam tayangan
gambar/foto/ film kerusakan lingkungan
· Siswa mendokumentasikan/mencatat hasil
pengamatannya
· Guru menilai keterampilan
siswa mengamati
Menanya
· Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan
dari proses mencermati tayangan gambar/foto/ film yang berkaitan dengan Keseimbangan
lingkungan, Perubahan lingkungan, dan Pencemaran lingkungan.
· Siswa mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menyebabkan pencemaran
dan perubahan lingkungan
· Siswa
merumuskan masalah pengaruh
limbah (dapat digunakan limbah rumah tangga/pabrik/detergen) terhadap
kelangsungan hidup organism
· Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap
permasalahan dari lingkungan sekitar
Mencoba
· Siswa melakukan percobaan untuk
menemukan pengaruh limbah/variasi konsentrasi dan atau jenis detergen
terhadap kelangsungan hidup (daya tahan)
organisme/makhluk hidup (dapat
menggunakan anakan lele/berudu)Siswa mengamati dan mencatat aktivitas hidup
sampai dengan ketahanan hidup organisme yang diberi perlakuan kondisi air
tercermar yang berbeda (dapat diberi perlakuan variasi konsentrasi/jenis
limbah/detergen yang berbeda)
· Masing-masing kelompok
diberikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kerusakan
lingkungan akibat polusi
yang dapat diselesaikan dengan konsep keseimbangan lingkungan
· Guru
menilai sikap siswa dalam kerja
kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan
mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip
dalam pemecahan masalah
Mengasosiasi
· Siswa menggali informasi, melakukan analisis untuk
menjelaskan dan menarik kesimpulan, hubungan pencemaran airdengan kelangsungan
hidup organisme. Masing-masing kelompok berdiskusi menganalisis perubahan
lingkungan dan Medeskripsikan
pelestarian lingkungan, kemudian menyimpulkan
· Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
· Perwakilan dari dua
kelompok menyampaikan hasil percobaan dan kesimpulan diskusi
· Kelompok
mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah
pencemaran lingkungan
·
Guru menilai
kemampuan siswa berkomunikasi lisan
C.
Penutup
(15 menit )
·
Bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri kerusakan lingkungan dan dampaknya terhadap kelangsungan hidup organisme
· Memberikan
tugas untuk membaca tentang pelestarian
dan pengelolaan lingkungan hidup.
· Melaksanakan post test
Penilaian
1. Jenis / Teknik Penilaian
· Portofolio (Hasil identifikasi Permasalahan/Kerusakan lingkungan sekitar, laporan
hasil percobaaan, Rangkuman)
· observasi Sikap
· Performance/tes Praktik
· Tes Tertulis ( Essay )
· Lembar penilaian antar teman
· Penilaian Produk
2. Instrumen penilaian
Intrumen Penilaian Portofolio
Instrumen
Penilaian Sikap
Instrumen
Penilaian Diskusi
Instrumen
penilaian laporan
praktik menggunakan rubrik penilaian
Instrumen penilaian produk
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian
Contoh Instrumen
(Terlampir)
…………………………………..
Mengetahui :
Kepala ……… Guru
Mata Pelajaran,
……………………………………… ………………………………………
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BIOLOGI SMA KELAS X SEMESTER 2"
Posting Komentar