RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA : PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat mendeskripsikan letak
geografis Indonesia
§ Siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan
manfaatnya
§ Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
hutan dan tujuannya
§ Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan
tambang
§ Siswa dapat menyebutkan hasil laut
§ Siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
§ Siswa dapat menyebutkan tanaman palawija
yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat menjelaskan pentingnya
semangat kerja
§ Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang
yang memiliki semangat kerja
§ Siswa dapat menjelaskan alasan orang
harus bekerja
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat menyebutkan pengertian angin
§ Siswa dapat menunjukkan adanya energi
berdasarkan pengamatan
§ Siswa dapat menebutkan benda-benda yang
dapat bergerak oleh angin
§ Siswa dapat membuat daftar sumber-sumber
energi yang terdapat di sekitar kita
§ Siswa dapat menjelaskan tujuan
penggunaan sumber energi
§ Siswa dapat menjelaskan angin untuk
menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
§ Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
§ Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/2,
1/4
§ Siswa dapat membilang pecahan dengan
lambang 1/2. 1/4
§ Siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3,
1/6
§ Siswa dapat membaca lambang pecahan 1/3,
1/6
§ Siswa dapat menyajikan nilai
pecahan dengan menggunakan berbagai
bentuk gambar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat mendengarkan penjelasan
tentang petunjuk melakukan sesuatu
§ Siswa dapat melakukan percakapan dari
penggalan teks drama yang dibacakan teman
§ Siswa dapat menceritakan kembali bencana
alam yang dilihat di televisi
§ Siswa dapat menceritakan kembali bencana
alam yang dibacanya dari media cetak
§ Siswa dapat membacakan bacaan agak
panjang secara intensif
§ Siswa dapat membuat karangan sendiri
dengan bantuan gambar
§ Siswa dapat menulis kalimat berita
§ Siswa dapat memilih kalimat berita
§ Siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran
dalam bacaan
§ Siswa dapat menyatakan pendapat terhadap
suatu pernyataan
|
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. MATERI
POKOK
1. PKn
§ Kekayaan alam Indonesia
§ Harga diri
§ Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§ Jenis-jenis
pekerjaan
§ Semangat kerja
§ Jual beli
§ Uang
§ Pengelolaan uang
3. IPA
§ Energi
§ Gerak benda
§ Kenampakan
permukaan bumi
§ Cuaca
§ Pengaruh Cuaca
terhadap kehidupan
§ Kelestarikan dan
pemeliharaan alam
4. Matematika
§ Pecahan
§ Bangun datar
§ Sudur
§ Persegi dan
persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
§ Menanggapi
cerita
§ Menirukan dialog
§ Menceritakan
peristiwa
§ Percakapan
§ Menjawab
pertanyaan
§ Menulis karangan
III. METODE
PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
F
Mengisi
daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Siswa melakukan
pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
F Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
F Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
PKN
F
Siswa menjelaskan
pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
F
Siswa diminta
menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
F
Siswa
menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
F
Siswa tanya
jawab mengenai fungsi hutan
F
Siswa menjelasakan
akibat dari penebangan pohon secara liar
F
Siswa
menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
F Siswa menjelaskan penggolongan bahan
tambang
Matematika
F
Siswa dapat
membuktikan pecahan 1/2, 1/4
F Siswa dapat membuktikab pecahan 1/3, 1/6
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Setelah mendengarkan
penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
F
Siswa
mencatat pokok-pokok penjelasan
F Siswa meringkas penjelasan yang
didengar
IPS
F Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang
tua, untuk apa orangtua bekerja
F Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah
mendapat pekerjaan
F Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Matematika
F Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
F Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonsia
F Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang
bencana alam yang didengar
F Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di
televisi
Matematika
F
Guru memberi
contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
F Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
IPA
F
Guru menjelaskan
angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
F Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan
oleh angin.
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru memberi
contoh cara membaca yang baik dan benar
F Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan
huruf intensif (seorang-seorang)
IPS
F
Guru menjelaskan
pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
F Siswa menjelaskan akibat dari tidak
memiliki semangat kerja
Minggu II
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru bertenya
jawab dengan siswa tentang manfaat angin
F Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga
merugikan
F Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
F
Guru
bercerita tentang kehidupan di pantai
F Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa
yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
F
Guru
memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa
Indonesia
F
Guru
memberikan 3 buah gambar secara acak
F
Siswa
mengurutkan 3 buah gambar
F
Siswa
menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
F
Siswa menulis
kalimat berita dengan benara
F Siswa memilih kalimat berita dengan
benar
IPS
F
Guru menjelaskan
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
F Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki
semangat kerja
Matematika
F
Guru memberikan
contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
F Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru
memberikan sebuah teks bacaan
F Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam
bacaan tersebut.
Matematika
F
Guru
memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
F Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan
nilai pecahannya
IPA
F
Guru memberi
contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian basah bisa
kering, dari mana sumbernya?
F
Siswa memberi
contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
F Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud
dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
B. Indonesia
F
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya dari media
cetak
F Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali
tentang bencana alam yang ditulisnya dari media cetak
IPS
F
Siswa
menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
F Siswa menyebutkan manfaat kejujuran
Minggu III
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
F
Guru memberikan
contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak tanah.
F Siswa memberikan contoh-contoh yang lain yang
berkaitan dengan sumber energi dan pemanfaatannya
PKn
F
Guru menjelaskan
hasil-hasil kekayaan sungai
F
Guru
menjelaskan maksud tanaman palawija
F Siswa menyebutkan tanaman palawija yang
biasa ditanam di Indonesia
Matematika
F Guru memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
F Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai
pecahannya
ý Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru
memberikan sebuah gambar
F Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar
yang dilihatnya
IPS
F
Guru
memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
F Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
F Siswa membuat
gambar sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru membagi
kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
F Tiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks
drama yang dibacanya
Matematika
F
Guru
memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
F
Siswa diminta
mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
F Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
F
Guru
menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
F Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F
Guru memberikan
contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan terhadapan pernyataan
tersebut
F
Siswa diberi
tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu penyataan.
IPS
F
Guru bertanya
jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
F
Siswa
mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan
sehari-hari
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
F
Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
F
Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
F
Guru dan
siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
V. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
VI. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN:
· Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Menyebutkan manfaat sungai
· Menyebutkan tanaman palawija yang
ditanam di Indonesia
· Mengidentifikasi hasil laut
IPS :
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat
kerja
· Menjelaskan ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan pembacaan teks berisi
petunjuk melakukan sesuatu
· Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan teman
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Membaca bacaan agak panjang secara
intensif
· Membuat karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Menulis kalimat berita
· Memilih kalimat berita
· Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Menyebutkan pengertian angin
· Menunjukkan pengertian angin
· Menunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Menyebutkan benda-benda yang dapat
bergerak oleh angin
· Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
· Menjelaskan tujuan penggunaan sumber
energi
· Menjelaskan angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Membuktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Menulis lambang pecahan setengah,
seperempat
· Menulis lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Membaca bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Membaca lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Menyajikan nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN:
· Sebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Sebutkan manfaat sungai
· Sebutkan tanaman palawija yang ditanam
di Indonesia
· Jelaskanlah hasil laut
IPS :
· Jelaskanlah alasan orang harus bekerja
· Jelaskanlah pentingnya memiliki semangat
kerja
· Jelaskanlah ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Jelaskanlah teks berisi petunjuk
melakukan sesuatu
· Jelaskanlah cara melakukan percakapan
dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Bacakanlah bacaan agak panjang secara
intensif
· Buatkanlah karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Tuliskanlah kalimat berita
· Pilihkanlah kalimat berita
· Tuliskanlah pokok-pokok pikiran dalam
bacaan
· Jelaskanlah pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Sebutkan pengertian angin
· Tunjukkan pengertian angin
· Tunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Sebutkan benda-benda yang dapat bergerak
oleh angin
· Buatkanlah daftar sumber-sumber energi
yang terdapat di sekitar kita
· Jelaskanlah tujuan penggunaan sumber
energi
· Jelaskanlah angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Buktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Buktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Tuliskanlah lambang pecahan setengah,
seperempat
· Tuliskanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Bacakanlah bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Bacakanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Jelaskanlah nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
· LKS
· Lmbar observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
0 Response to "CONTOH RPP TEMATIK KURIKULUM 2013 TEMA "PERTANIAN" SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2"
Posting Komentar