RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar
dan laporan
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengkritik / memuji berbagai
karya ( seni atau produk ) dengan
komentar dan laporan. tayangan televise / siaran radio
Alokasi
waktu : 4 x 40
menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa
yang lugas dan santun
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty
)
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
2. Materi Pembelajaran
a.
Mengamati karya seni / Produk
b.
Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
c.
Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk
3. Metode
Pembelajaran
a.
Inkuiri
b.
Demonstrasi
4. Langkah-lngkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuabn Pertama Dan Kedua :
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan
kekurangan dari karya tersebut
Memotivasi :
1. Peserta didik menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik
dan kritikkan bila hasil kerja temannya
kurang baik disertai dengan alas an logis
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat mengkritik dan memuji
suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
F Peserta didik dan guru
menyimpulkan cara memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil
karya dengan bahasa yang lugas dan
sederhana
5. Sumber Belajar
a.
Hasil karya seni
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·
Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas
dan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
· Bahasa yang
digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
· Bahasa yang
digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
|
Pedoman
Penskoran
1.
Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan
tuliskan kritikan jika penilaian Anda
kurang bagus, disertai alas an yang logis !
Isi
|
Deskrip si
|
Skor
( 10 – 100 )
|
Penalaran
|
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis ?
|
|
Bahasa
|
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?
|
|
Organisasi
|
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil
karya ?
|
|
Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan
dari hasil
|
2.
Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap salah satu hasil karya temanmu !
No
|
Nama Siswa
|
Alasan Logis
Skor 10-100
|
Bahasa runtut
Skor 10-100
|
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
|
Kelancaran
Skor 10-100
|
1
|
Tuti
|
||||
2
|
Dani
|
||||
3
|
Brian
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI MENGAMATI KARYA SENI/PRODUK PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA"
Posting Komentar