loading...

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI MENGAMATI KARYA SENI/PRODUK PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : ..............................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        : 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televise / siaran radio
Alokasi waktu             : 4  x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Ketulusan ( Honesty )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )

2.   Materi Pembelajaran
      a. Mengamati karya seni / Produk
      b. Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
      c. Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuabn Pertama Dan Kedua :          
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
  1. Peserta didik memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
  2. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut
Memotivasi :
   1. Peserta didik menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik dan kritikkan bila hasil kerja  temannya kurang baik disertai dengan alas an logis
     
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
F  Peserta didik dan guru menyimpulkan cara memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil karya  dengan bahasa yang lugas dan sederhana

5.   Sumber Belajar
      a. Hasil karya seni
6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
·        Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun

Observasi



Lembar observasi



·  Bahasa yang digunakan untuk mengunkapakn kekurangan karya: lugas, berbelit-belit
·  Bahasa yang digunakan untuk mengungkapan keunggulan karya: lugas, berbelit-belit.
      Pedoman Penskoran
      1. Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan tuliskan kritikan jika  penilaian Anda kurang bagus, disertai alas an yang logis !
Isi
Deskrip si
Skor
( 10 – 100 )
Penalaran
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis  ?

Bahasa
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami  ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?

Organisasi
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil karya ?


Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan dari hasil

      2. Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap  salah satu hasil karya temanmu !
         
No
Nama Siswa
Alasan Logis
Skor 10-100
Bahasa runtut
Skor 10-100
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
Kelancaran
Skor 10-100
1
Tuti




2
Dani




3
Brian





Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI MENGAMATI KARYA SENI/PRODUK PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA"

Posting Komentar