RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk klomentar
dan laporan
Kompetensi Dasar :2.2. Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan menggunakan kalimat
yang logis
Alokasi waktu :
6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang
logis’
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a.
Peristiwa yang terjadi
b.
Waktu, tempat, mengapa, bagaimna peristiwa terjadi
c.
Mendeskripsikan suatu peristiwa
3. Metode
Pembelajaran
a.
Inkuiri
b.
Demonstrasi
4. Langkah-lngkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua
Dan ketiga :
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru
bertanya jawab tentang peristiwa yang sering terjadi di Indonesia
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru
membicarakan kapan, di mna, mengapa, dan bagaimana terjadinya peristiwa
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat menceritakan berbagai
peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Secara individu Peserta didik
menyebutkan beberapa peristiwa yang diketahuinya
F Peserta didik mendeskripsikan
satu peristiwa yang diketahuinya secara rinci dengan kalimat yang jelas
F Secara bergiliran Peserta
didik bercerita tentang peristiwa yang diketahuinya dengan menggunakan kalimat yang jelas
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik
5. Sumber Belajar
a.
Peristiwa / kejadian
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·
Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang
jelas
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik
kerja
|
· Laporkanlah peristiwa
yang ada di lingkunganmu secara lisan!
|
1. Tuliskan beberapa peristiwa /
kejadian yang Anda ketahui !
Kegiatan
|
Skor
|
Menuliskan lebih dari dua peristiwa
|
2
|
Menuliskan satu sampai dua peristiwa
|
1
|
Tidak menuliskan sama sekali
|
0
|
2. Deskripsikan satu peristiwa
yang Anda ketahui secara rinci dengan kalimat yang jelas dibuku kerjamu!
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Kelogisan penulisan peristiwa
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan kalimat
|
|
|
|
|
3.
Ceritakan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci di depan kelas dengan
bahasa yang baik !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keserasian antara ekpresi wajah, gerak, sikap dan
ucapan
|
|
|
|
|
Apakah ada variasi bahasa yang menarik
|
|
|
|
|
Kejelasan melafalkan kata
|
|
|
|
|
Kelancaran menyampaikan cerita
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI "MENDISKRIPSIKAN PERISTIWA YANG TERJADI""
Posting Komentar