loading...

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI "MENDISKRIPSIKAN PERISTIWA YANG TERJADI"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : ..............................
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : IX/1
Standar Kompetensi     : 2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam   bentuk klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar        :2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan   kalimat yang logis
Alokasi waktu               : 6 x  40 menit ( 3x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis’

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.   Materi Pembelajaran
      a. Peristiwa yang terjadi
      b. Waktu, tempat, mengapa, bagaimna peristiwa terjadi
      c. Mendeskripsikan suatu peristiwa

3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi

4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua  Dan ketiga :
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang peristiwa yang sering terjadi di Indonesia
Memotivasi :
1. Peserta didik dan guru membicarakan kapan, di mna, mengapa, dan bagaimana terjadinya peristiwa

      b. Kegiatan Inti       
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan kalimat yang logis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara individu Peserta didik menyebutkan beberapa peristiwa yang diketahuinya
F  Peserta didik mendeskripsikan satu peristiwa yang diketahuinya secara rinci dengan kalimat yang jelas
F  Secara bergiliran Peserta didik bercerita tentang peristiwa yang diketahuinya dengan menggunakan   kalimat yang jelas
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Peristiwa / kejadian

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata pokok-pokok peristiwa secara rinci
·        Mampu melaporkan bebagai peristiwa dengan kalimat yang jelas

Tes praktik/kinerja
Uji petik
kerja 
·    Laporkanlah peristiwa yang ada di lingkunganmu secara lisan!

1. Tuliskan beberapa peristiwa / kejadian yang Anda ketahui !
Kegiatan
Skor
Menuliskan lebih dari dua peristiwa
2
Menuliskan satu sampai dua peristiwa
1
Tidak menuliskan sama sekali
0
     
2. Deskripsikan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci dengan kalimat yang jelas dibuku kerjamu!
Deskriptor
1
2
3
4
Kelogisan penulisan peristiwa




Ketepatan penggunaan kalimat





      3. Ceritakan satu peristiwa yang Anda ketahui secara rinci di depan kelas dengan bahasa yang baik !
Deskriptor
1
2
3
4
Keserasian antara ekpresi wajah, gerak, sikap dan ucapan




Apakah ada variasi bahasa yang menarik




Kejelasan melafalkan kata




Kelancaran menyampaikan cerita






                                                                                               
Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.



(_______________________)
NIP / NIK : ..........................

0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI "MENDISKRIPSIKAN PERISTIWA YANG TERJADI""

Posting Komentar