RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi
: 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar :
1.2, Mengomkentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan
televise / siaran radio
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi-
nya
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik Bertanya
jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
1. Peserta didik Mendata pendapat
tiap-tiap narasumber
b.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat
Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat
tiap-tiap narasumber.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Mengomentari pendapat
tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
5. Sumber Belajar
a.
Gambar
b.
Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·
Mengomentari
pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tuliskan kembali
pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar
terhadap pendapat narasumber!
|
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 MATERI "CARA MENGOMENTARI PENDAPAT DALAM DIALOG DAN IMPLEMENTASINYA""
Posting Komentar