RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah :..............................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan
televise / siaran radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada tayangan
televis / siaran radio.
Alokasi
waktu : 2 / 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Mendengarkan dialog interaktif
b.
Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi :
1. Peserta
didik mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
2. Peserta didik dan guru bertanya jawab
tentang gambar yang ditampilkan
Memotivasi :
Menyimpulkan isi dialog interaktif
b. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membuat kesimpulan
isi dialog interaktif beberapa narasumber.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik dan guru menyimpulkan cara
memberikan komentar yang baik
5. Sumber Belajar
a,.
Gambar
b.
Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran
berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Menentukan tema dialog interaktif
· Menyimpulkan isi dialog
interaktif
dengan
alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tulislah tema dialog interaktif
yang diperdengarkan ini!
§ Simpulkan isi dialog
yang kamu dengar!
|
Pedoman
Penilaian
1.
Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
|
Skor
|
Peserta didik menulis hal-hal penting dengan
lengkap
|
2
|
Peserta didik menulis sebagian saja bagian
penting dalam dialog
|
1
|
Peserta didik tidak dapat menuliskan sama sekali
|
|
2. Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Penyusunan struktur kalimat
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
3.
Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
4.
Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
|
|
|
|
Kelogisan penulisan komentar
|
|
|
|
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
|
|
|
|
Skor
maksimal :
No. 1 : 2
No. 2 : 8
No. 3 : 12
No. 4 : 12
34
Perhitungan
nilai akhir
Nilai akhir : Skor yang
diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX SEMESTER 1 PERTEMUAN PERTAMA MATERI "MENDENGARKAN DIALOG INTERAKTIF""
Posting Komentar