Locked="false" Priority="45" Name="Plain Table 5"/>
Untuk
memudahkan guru dalam membimbing siswa pada saat berlangsungnya proses belajar
mengajar ,guru dapat menggunakan media sebagai alat bantu dalam menjelaskan
bahan pada siswa,dan siswa lebih cepat memahami penjelasan guru. Adapun
pengertian media itu telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan diantaranya
pengertian media oleh Rahadi ( 2003:9 ) yaitu,”
Media
berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari “ Medium “ yang
secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala
sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber iformasi kepada penerima
informasi,istilah media ini sangat popular dalam bidang komonikasi. Proses
belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komonikasi ,sehingga media
digunakan dalam pembelajaran,dan disebut media pembelajaran.”
Sesuai
dengan pengertian diatas, Sadiman ( 2002 : 6 ) menyebutkan bahwa,” kata media
berasal dari kata latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang
berarti perantara atau pengantar.Media adalah perantara atau pengantar pesan
dari pengirim kepada penerima pesan.”
Lebih
lanjut Danim (1995:7) menyatakan bahwa,
“ Media
pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh
guru atau pendidik dalam rangka berkomonikasi dengan siswa atau peserta didik .
Alat bantu itu disebut media pendidikan,sedangkan komonikasi adalah system
penyampaian. Dengan demikian ada perbedaan antara teknologi pendidikan dengan
media pendidikan. Media pendidikan itu banyak dan berfariasi,sedangkan
teknologi pendidikan itu menekankan dan mengintegrasikan aspek
manusia,proses,prosedur dan peralatan.”
Dari
beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa media mengandung pengertian
sebagai alat penyalur dan penyampai pesan sipemberi pesan kepada sipenerima
pesan,sehingga dapat dicapai tujuan yang diinginkan,atau dapat juga disebut
pembantu menyalurkan informasi agar sipenerima dapat dengan cepat memahami
informasi yang disampaikan kepadanya,dalam hal ini siswa .
Manfaat
Media
Berbagai bentuk
media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar,karena dapat memberikan
manfaat bagi kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar. Beberapa manfaat
penggunaan media menurut Ely dalam Danim ( 1995:12) adalah:
“
Meningkatkan produktifitas pendidikan ,memberikan kemungkinan kegiatan
pengajaran yang bersifat individual,memberikan dasar yang lebih dinamis
terhadap pendidikan dan pengajaran sehingga pengajaran lebih mantap dan
memungkinkan belajar secara seketika dan penyajian pendidikan lebih jelas.”
Sedangkan
secara garis besarnya manfaat media pengajaran menurut Sadiman (2002:16-17)
adalah:
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersift verbalistis ( dalam bentuk kata-kata
tertulis atau lisan belaka )
2. Mengatasi
keterbatasan ruang,waktu dan daya indera,seperti :
a. Objek
yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita,gambar ,film
bingkai,foto atau model atau maket
b. Objek
yang kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro,film bingkai atau gambar
c. Gerak
yang terlalu lambat atau telalu cepat,dapat dibantu dengan timelopse atau
high-speed photography
d. Kejadian
atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat
rekaman,film,video,photo maupun secara verbal
e. Objek
yang terlalu kompleks ( misal mesin-mesin ) dapat disajikan dengan model
,diagram berbagai media lain.
f. Konsep
yang terlalu luas seperti ( gunung berapi,gempa bumi,iklim dan lain-lain )
dapat diisualkan dalam bentuk film,film bingkai,gambar dan photo.
3. Dengan menggunakan
media pendidikan secara tepat dan berfariasi dapat diatasi sikap pasif anak
didik.Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk :
a. Menimbulkan
kegairahan belajar
b. Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan guru dan lingkungan alam
sekitarnya
c. Memungkinkan
anak didik belajar sendiri menurut kemampuan dan minatnya
4. Dengan
sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman
yang berbeda,sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk
setiap siswa,maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana hal itu harus
diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga
berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan,yaitu dengan
kemampuan dalam hal :
a. Memberikan
perangsang yang sama pada siswa
b. Mempersamakan
pengalaman
c. Menimbulkan
persepsi yang sama
Dari
beberapa penjelasan diatas diketahui bahwa penggunaan media dalam proses
pendidikan dan pembelajaran memberikan beberapa manfaat serta menjadikan
kegiatan belajar mengajar lebih dinamis ,sehinga proses pembelajaran berjalan
lebih baik dan mantap,dan siswa belajar dapat hasil yang optimal.
Jenis-jenis media pembelajaran IPS/PKN
Penggunaan
media dalam pembelajaran IPS/PKN dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami
bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Ada beberapa jenis media yang dapat
digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS/PKN diantaranya adalah :
1) Gambar dan Photo
Photo
adalah media paling umum dalam pembelajaran, dengan ciri-ciri :
a. Bersifat
komplit
b. Dapat
mengatasi batasan ruang dan waktu
c. Harganya
relative murah serta mudah dibuat dan digunakan dalam pembelajaran IPS/PKN .
Agar lebih
bermanfaat dalam pembelajaran,maka gambar dan photo hendaknya memenuhi syarat
sebagai berikut :
a. Otentik,artinya
dapat menggambarkan objek atau peristiwa
b. Sederhana,yaitu
harus menunjukkan dengan jelas bagian-bagian pokok dari gambar tersebut
c. Ukurannya
professional,sehingga siswa mudah membayangkan ukuran sesungguhnya benda atau
objek yang digambar
d. Memadukan
antara keindahan dengan kesesuaian nya untuk mencapai tujuan pengunaan.
2. Sketsa
Sketsa
adalah gambar yang paling sederhana atau draf kasar yang melukiskan
bagian-bagian pokoknya tanpa detail ,selain dapat menarik perhatian siswa
sketsa dapat menghindarkan verbalitas dan memperjelas pesan.
3. Diagram/ skema
Merupakan
suatu gambar yang sederhana yang menggunakan garis garis dan
symbol-simbol,diagram menggambarkan struktur secara garis besar.Untuk memahami
d iagram siswa harus memiliki latar belakang tentang materi yang didiagramkan.
Diagram
yang baik haruslah :
a. Benar
datanya,digambar rapi,diberi judul dan penjelasan sebelumnya.
b. Ukurannya
cukup dan dapat dilihat oleh siswa dalam jumlah yang diinginkan
c. Penyusunannya
disesuaikan dengan pola membaca yang umum ( dari kiri kekanan)
4. Grafik
Grafik
merupakan gambar sederhana yang menggunakan garis ,titik,symbol,verbal atau
bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Grafik digunakan untuk
menjelaskan perkembangan atau perbandingan suatu objek yang saling berhubungan.
5. Bagan / Chart
Fungsi
bagan yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit sehinga lebih
mudah dicerna siswa. Bagan mampu membeikan ringkasan butir-butir penting dari
suatu penyajian. Ada beberapa bentuk bagan yaitu: bagan pohon,bagan arus dan
bagan garis waktu.
Dari sekian
banyak media yang dapat digunakan guru dalam pemnbelajaran IPS,maka salah
satuna adalah b agan atu Chart. Bagan ini dapat digunakan dalam menerangkan
sislsilah atau ranji kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Dengan bantuan bagan
maka guru akan lebih terarah dalam penyajian bahan,dan siswa lebih cepat
memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil yang dharapkan dari siswa lebih
optimal.
Media Bagan
Untuk lebih
memahami jenis media bagan maka akan dijelaskan lebih detail hal-hal yang
menyangkut media bagan.
a. Ciri-ciri dan bentuk media bagan
Media bagan
merupakan bagian jenis media visual dan termasuk media grafis. Media bagan
menurut Sadiman (2002:29) adalah : Seperti halnya media grafik yang lain,bagan
/ chart termasuk media visual. Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide
dan konsep – mmampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu
prestasi.
Menurut
Rahadi (203:29) yang dimaksud media bagan adalah :” Menyajikan idea tau konsep
yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh siswa. Bagan mampu memberikan
ringkasan butir-butir penting dari suatu penyajian. Dalam bagan sering dijumpai
bentuk grafis yang lain seperti gambar,diagram,kartun,atau lambing visual .
Agar menjadi media yang baik bagan hendaknya dibuat secara sederhana,lugas dan tidak
berbelit-belit “
Dari
pendapat diatas diketahui bahwa media bagan/chart adalah merupakan media atau
alat bantu mengajar bagi guru dalam menyajikan ide-ide atau konsep bahan
pengajaran sehingga lebih mudah bagi siswa memahaminya. Media bagan merupakan
media visual yang disampaikan secara tertulis atau lisan yang disajikan dalam
bentuk grafik seperti gambar,diagram,kartun,atau lambang verbal .
b.Jenis-jenis media bagan
Dalam
pemanfaatan media bagan bagi beberapa keperluan seperti dalam proses belajar
mengajar ,dapat digunakan beberapa bentuk dan jenis media bagan. Menurut Rahani
(2003:29) bahwa ada beberapa jenis media bagan yang dapat digunakan dalam
proses pembelajaran yaitu :
“Bagan pohon,bagan
arus,dan bagan garis waktu. Bagan pohon biasanya digunakan untuk menunjukkan
sifat,komposisi atau hubungan antar kelas( Strata). Contoh bagan pohon yang
paling mudah ditemukan disekolah adalah bagan tentang struktur organisasi OSIS.
Bagan arus untuk menggambarkan hubungan dan langkah-langkah suatu kegiatan
,sedangkan bagan garis waktu menggambarkan hubungan antara peristiwa dengan
waktu secara kronologis “
Sedangkan
pembagian bagan menurut Sadiman (2002:35) adalah: Secara garis besar bagan
dapat digolongkan menjadi dua yaitu bagan yang penyajian pesannya bertahap dan
bagan yang penyajiannya sekaligus.
Pengelompokan
bagan untuk keperluan pembelajaran menurut Sadiman (2002:36-40) adalah :
1. Bagan
pohon (tree chart) yaitu ibarat sebuah pohon yang terdiri dari batang,cabang
dan ranting-ranting. Biasanya bagan pohon dipakai untuk menunjukkan
sifat,komposisi atau hu bungan antar kelas atau keturunan,silsilah dan ranji
suatu keluarga.
2. Bagan arus
menggambarkan arus suatu proses atau dapat pula menelusuri tanggungjawab atau
hubungan kerja antar berbagai bagian atau seksi dalam suatu organisasi
3. Bagan
garis waktu bermanfaat untuk menggambarkan hubungan antara peristiwa dan waktu.
0 Response to "JENIS MEDIA YANG DAPAT DIGUNAKAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN IPS/PKN/SEJARAH"
Posting Komentar