loading...

JENIS MEDIA YANG DAPAT DIGUNAKAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN IPS/PKN/SEJARAH


Locked="false" Priority="45" Name="Plain Table 5"/> Untuk memudahkan guru dalam membimbing siswa pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar ,guru dapat menggunakan media sebagai alat bantu dalam menjelaskan bahan pada siswa,dan siswa lebih cepat memahami penjelasan guru. Adapun pengertian media itu telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan diantaranya pengertian media oleh Rahadi ( 2003:9 ) yaitu,”
Media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari “ Medium “ yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber iformasi kepada penerima informasi,istilah media ini sangat popular dalam bidang komonikasi. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komonikasi ,sehingga media digunakan dalam pembelajaran,dan disebut media pembelajaran.”

Sesuai dengan pengertian diatas, Sadiman ( 2002 : 6 ) menyebutkan bahwa,” kata media berasal dari kata latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berarti perantara atau pengantar.Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.”
Lebih lanjut Danim (1995:7) menyatakan bahwa,
“ Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomonikasi dengan siswa atau peserta didik . Alat bantu itu disebut media pendidikan,sedangkan komonikasi adalah system penyampaian. Dengan demikian ada perbedaan antara teknologi pendidikan dengan media pendidikan. Media pendidikan itu banyak dan berfariasi,sedangkan teknologi pendidikan itu menekankan dan mengintegrasikan aspek manusia,proses,prosedur dan peralatan.”

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa media mengandung pengertian sebagai alat penyalur dan penyampai pesan sipemberi pesan kepada sipenerima pesan,sehingga dapat dicapai tujuan yang diinginkan,atau dapat juga disebut pembantu menyalurkan informasi agar sipenerima dapat dengan cepat memahami informasi yang disampaikan kepadanya,dalam hal ini siswa .

Manfaat Media
Berbagai bentuk media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar,karena dapat memberikan manfaat bagi kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar. Beberapa manfaat penggunaan media menurut Ely dalam Danim ( 1995:12) adalah:
“ Meningkatkan produktifitas pendidikan ,memberikan kemungkinan kegiatan pengajaran yang bersifat individual,memberikan dasar yang lebih dinamis terhadap pendidikan dan pengajaran sehingga pengajaran lebih mantap dan memungkinkan belajar secara seketika dan penyajian pendidikan lebih jelas.”

Sedangkan secara garis besarnya manfaat media pengajaran menurut Sadiman (2002:16-17) adalah:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersift verbalistis ( dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka )
2. Mengatasi keterbatasan ruang,waktu dan daya indera,seperti :
a. Objek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita,gambar ,film bingkai,foto atau model atau maket
b. Objek yang kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro,film bingkai atau gambar
c. Gerak yang terlalu lambat atau telalu cepat,dapat dibantu dengan timelopse atau high-speed photography
d. Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman,film,video,photo maupun secara verbal
e. Objek yang terlalu kompleks ( misal mesin-mesin ) dapat disajikan dengan model ,diagram berbagai media lain.
f. Konsep yang terlalu luas seperti ( gunung berapi,gempa bumi,iklim dan lain-lain ) dapat diisualkan dalam bentuk film,film bingkai,gambar dan photo.

3. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan berfariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk :
a. Menimbulkan kegairahan belajar
b. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan guru dan lingkungan alam sekitarnya
c. Memungkinkan anak didik belajar sendiri menurut kemampuan dan minatnya

4. Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda,sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa,maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana hal itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan,yaitu dengan kemampuan dalam hal :
a. Memberikan perangsang yang sama pada siswa
b. Mempersamakan pengalaman
c. Menimbulkan persepsi yang sama

Dari beberapa penjelasan diatas diketahui bahwa penggunaan media dalam proses pendidikan dan pembelajaran memberikan beberapa manfaat serta menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih dinamis ,sehinga proses pembelajaran berjalan lebih baik dan mantap,dan siswa belajar dapat hasil yang optimal.

Jenis-jenis media pembelajaran IPS/PKN
Penggunaan media dalam pembelajaran IPS/PKN dapat membantu siswa agar lebih mudah memahami bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Ada beberapa jenis media yang dapat digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS/PKN diantaranya adalah :
1) Gambar dan Photo
Photo adalah media paling umum dalam pembelajaran, dengan ciri-ciri :
a. Bersifat komplit
b. Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
c. Harganya relative murah serta mudah dibuat dan digunakan dalam pembelajaran IPS/PKN .
Agar lebih bermanfaat dalam pembelajaran,maka gambar dan photo hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut :
a. Otentik,artinya dapat menggambarkan objek atau peristiwa
b. Sederhana,yaitu harus menunjukkan dengan jelas bagian-bagian pokok dari gambar tersebut
c. Ukurannya professional,sehingga siswa mudah membayangkan ukuran sesungguhnya benda atau objek yang digambar
d. Memadukan antara keindahan dengan kesesuaian nya untuk mencapai tujuan pengunaan.

2. Sketsa
Sketsa adalah gambar yang paling sederhana atau draf kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail ,selain dapat menarik perhatian siswa sketsa dapat menghindarkan verbalitas dan memperjelas pesan.

3. Diagram/ skema
Merupakan suatu gambar yang sederhana yang menggunakan garis garis dan symbol-simbol,diagram menggambarkan struktur secara garis besar.Untuk memahami d iagram siswa harus memiliki latar belakang tentang materi yang didiagramkan.
Diagram yang baik haruslah :
a. Benar datanya,digambar rapi,diberi judul dan penjelasan sebelumnya.
b. Ukurannya cukup dan dapat dilihat oleh siswa dalam jumlah yang diinginkan
c. Penyusunannya disesuaikan dengan pola membaca yang umum ( dari kiri kekanan)

4. Grafik
Grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan garis ,titik,symbol,verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Grafik digunakan untuk menjelaskan perkembangan atau perbandingan suatu objek yang saling berhubungan.

5. Bagan / Chart
Fungsi bagan yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep yang sulit sehinga lebih mudah dicerna siswa. Bagan mampu membeikan ringkasan butir-butir penting dari suatu penyajian. Ada beberapa bentuk bagan yaitu: bagan pohon,bagan arus dan bagan garis waktu.
Dari sekian banyak media yang dapat digunakan guru dalam pemnbelajaran IPS,maka salah satuna adalah b agan atu Chart. Bagan ini dapat digunakan dalam menerangkan sislsilah atau ranji kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Dengan bantuan bagan maka guru akan lebih terarah dalam penyajian bahan,dan siswa lebih cepat memahami materi yang diajarkan, sehingga hasil yang dharapkan dari siswa lebih optimal.

Media Bagan
Untuk lebih memahami jenis media bagan maka akan dijelaskan lebih detail hal-hal yang menyangkut media bagan.
a. Ciri-ciri dan bentuk media bagan
Media bagan merupakan bagian jenis media visual dan termasuk media grafis. Media bagan menurut Sadiman (2002:29) adalah : Seperti halnya media grafik yang lain,bagan / chart termasuk media visual. Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide dan konsep – mmampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu prestasi.

Menurut Rahadi (203:29) yang dimaksud media bagan adalah :” Menyajikan idea tau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh siswa. Bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu penyajian. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis yang lain seperti gambar,diagram,kartun,atau lambing visual . Agar menjadi media yang baik bagan hendaknya dibuat secara sederhana,lugas dan tidak berbelit-belit “

Dari pendapat diatas diketahui bahwa media bagan/chart adalah merupakan media atau alat bantu mengajar bagi guru dalam menyajikan ide-ide atau konsep bahan pengajaran sehingga lebih mudah bagi siswa memahaminya. Media bagan merupakan media visual yang disampaikan secara tertulis atau lisan yang disajikan dalam bentuk grafik seperti gambar,diagram,kartun,atau lambang verbal .

b.Jenis-jenis media bagan
Dalam pemanfaatan media bagan bagi beberapa keperluan seperti dalam proses belajar mengajar ,dapat digunakan beberapa bentuk dan jenis media bagan. Menurut Rahani (2003:29) bahwa ada beberapa jenis media bagan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu :
“Bagan pohon,bagan arus,dan bagan garis waktu. Bagan pohon biasanya digunakan untuk menunjukkan sifat,komposisi atau hubungan antar kelas( Strata). Contoh bagan pohon yang paling mudah ditemukan disekolah adalah bagan tentang struktur organisasi OSIS. Bagan arus untuk menggambarkan hubungan dan langkah-langkah suatu kegiatan ,sedangkan bagan garis waktu menggambarkan hubungan antara peristiwa dengan waktu secara kronologis “
Sedangkan pembagian bagan menurut Sadiman (2002:35) adalah: Secara garis besar bagan dapat digolongkan menjadi dua yaitu bagan yang penyajian pesannya bertahap dan bagan yang penyajiannya sekaligus.

Pengelompokan bagan untuk keperluan pembelajaran menurut Sadiman (2002:36-40) adalah :
1. Bagan pohon (tree chart) yaitu ibarat sebuah pohon yang terdiri dari batang,cabang dan ranting-ranting. Biasanya bagan pohon dipakai untuk menunjukkan sifat,komposisi atau hu bungan antar kelas atau keturunan,silsilah dan ranji suatu keluarga.
2. Bagan arus menggambarkan arus suatu proses atau dapat pula menelusuri tanggungjawab atau hubungan kerja antar berbagai bagian atau seksi dalam suatu organisasi
3. Bagan garis waktu bermanfaat untuk menggambarkan hubungan antara peristiwa dan waktu.

Related Posts :

0 Response to "JENIS MEDIA YANG DAPAT DIGUNAKAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN IPS/PKN/SEJARAH"

Posting Komentar