1. Tahapan kegiatan
Pelaksanaan pembelajaran tematik
setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan
pembukaan/awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Alokasi waktu
untuk setiap tahapan adalah kegiatan pembukaan kurang lebih satu jam pelajaran
(1 x 35 menit), kegiatan inti 3 jam pelajaran (3 x 35 menit) dan kegiatan
penutup satu jam pelajaran (1 x 35 menit)
a. Kegiatan Pendahuluan/awal/pembukaan
Kegiatan ini dilakukan terutama
untuk menciptakan suasana awal pembelajaran untuk mendorong siswa menfokuskan
dirinya agar mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sifat dari
kegiatan pembukaan adalah kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini dapat
dilakukan penggalian terhadap pengalaman anak tentang tema yang akan disajikan.
Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan fisik/jasmani,
dan menyanyi
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti difokuskan
pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan baca, tulis
dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai
strategi/metode yang bervariasi dan dapat dilakukan secara klasikal, kelompok
kecil, ataupun perorangan.
c. Kegiatan Penutup/Akhir dan
Tindak Lanjut
Sifat dari kegiatan penutup
adalah untuk menenangkan. Beberapa contoh kegiatan akhir/penutup yang dapat
dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil pembelajaran yang telah
dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku, pantomim, pesan-pesan
moral, musik/apresiasi musik.
Contoh jadwal pelaksanaan
pembelajaran perhari dapat dijabarkan menjadi:
Contoh 1:
Kegiatan
|
Jenis kegiatan
|
Kegiatan pembukaan
|
Anak berkumpul bernyanyi sambil menari mengikluti irama musik
|
Kegiatan inti
|
·
Kegiatan untuk pengembangan membaca
·
Kegiatan untuk pengembangan menulis
·
Kegitan untuk pengembangan berhitung
|
Kegiatan penutup
|
Mendongeng atau membaca cerita dari buku cerita
|
Contoh 2:
Kegiatan
|
Jenis kegiatan
|
Kegiatan pembukaan
|
Waktu berkumpul (anak m,enceritakan pengalkaman, menyanyi, melakukan
kegiatan fisik sesuai dengan tema)
|
Kegiatan inti
|
·
Pengembnagan kemmapuan menulis (kegiatan kelompok
besar)
·
Pengembangan kemampuan berhitung kegiatan kelompok
kecil atau berpasangan)
·
Melakukan pengamatan sesuai dengan tema,
misalnya mengamati jenis kendaraan yang lewat pada tema transporasi,
menggambar hewan hasil pengamatan
|
Kegiatan penutup
|
·
Mendongeng
·
Pesan-pesan moral
·
Musik/menyanyi
|
2. Pengaturan Jadwal pelajaran
Untuk memudahkan administrasi
sekolah terutama dalam penjadwalan. Guru bersama dengan guru mata pelajaran
pendidikan agama, guru pendidikan Jasmani dan guru muatan lokal perlu
bersama-sama menyusun Jadwal pelajaran.
Contoh jadwal yang dapat
dikembangkan adalah:
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
7-7.35
|
Matematika
|
B. Indo
|
Matematika
|
B. Indo
|
Penjaskes
|
IPA
|
7.35-8.10
|
Matematika
|
B. Indo
|
Matematika
|
B. Indo
|
Penjaskes
|
IPA
|
8.10-8.45
|
Matematika
|
B. Indo
|
Matematika
|
|
P. Agama
|
Mulok
|
8.45-9.00
|
Istirahat
|
|||||
9.00-9.35
|
B. Indo
|
Matematika
|
IPS
|
KTK
|
P. Agama
|
Mulok
|
9.35-10.10
|
B. Indo
|
Matematika
|
IPS
|
KTK
|
|
|
Pedoman ini merupakan acuan minimal, sehingga sekolah dan
guru dapat mengembangan sendiri sesuai dengan kondisi masing-masing.
Semoga bermanfaat...
0 Response to "ARTIKEL PENDIDIKAN TENTANG TAHAP PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK"
Posting Komentar